Cara Review Paper Adalah Dengan 4M

review jurnal online


Review adalah tinjauan ataupun ulasan. Kegiatan yang seringkali di manfaatkan oleh kebanyakan orang. Sehingga mereview adalah kegiatannya dari meninjau dan mengulas. Hal ini seringkali di lakukan oleh kalangan mahasiswa dan dosen. Terlebih dalam review jurnal online yang tersedia dari berbagai sumber.


Secara umum, arti review adalah ringkasan yang telah mempunyai sumber. Biasanya di dapat dari buku, internet, film, news, dll. Atas bantuan review inilah kita bisa mendapatkan banyak informasi. Mulai dari kelebihan ataupun kekurangan mengenai suatu hal. Fungsi dalam mereview adalah memberikan informasi berdasarkan fakta yang ada. #khairpedia


Sehingga akan menghasilkan sebuah analisa. Namun hal ini bukan hanya merupakan sebuah komentar. Sebab review sendiri kita berbicara mengenai produk ataupun hasil karya. Di situlah orang yang melakukan review mendalaminya. Nantinya bisa di ketahui seluk beluk dari karya itu sendiri.


Di dalam review memang isinya terkait komentar entah baik ataupun buruk. Akan tetapi tetap netral dalam mengulasnya. Sehingga komentar yang di berikan bukan sebagai bentuk menyudutkan. Bahkan itu bisa membantu dalam pemberian saran. Kedepannya agar bisa berkembang atau upgrade lebih baik lagi.


Bagi kalangan mahasiswa khususnya. Sudah tidak asing dengan kegiatan review jurnal maupun paper. Review paper adalah penerapan 4M (membaca, memahami, menyimpulkan dan mengomentari). Sumbernya berasal dari karya tulis ilmiah yang telah di publikasi. Sehingga kegiatan review jurnal online kini sudah tidak asing lagi.


Pada website internet khusunya Google Shcolar telah menyediakan berbagai jurnal. Banyak dosen pengampu mata kuliah yang kerapkali memberikan tugas. Arahnya dengan review jurnal sesuai materi yang sedang di bincangkan. Apabila dari kalian masih belum mengetahui caranya. Bisa mencari dan menemukannya contoh review jurnal.


Tidak perlu khawatir lagi sebab informasi sudah banyak tersedia. Selain itu perkembangan teknologi dan informasi telah mempermudah semuanya. Sehingga hanya untuk melakukan sebuah review sebenarnya tidak sulit.  Mulai dari contoh hingga materi telah tersebar di dunia maya.


Namun jika ingin mereview paper perlu sekali memahami tata caranya. Agar review jurnal online yang di lakukan tidak menyimpang dari materi. Perlunya untuk memahami isi dari karya ilmiah tersebut. Barulah memulai review dari sumber dan isi yang telah di mengerti.


Cara Review Jurnal Online

Sebelum melakukan tugas review yang telah di berikan oleh dosen. Maka sebaiknya perhatian terlebih dahulu cara review jurnal online. Sehingga menghasilkan informasi fakta dan valid jika di lakukan publikasi. Inilah cara yang harus di pahami:


Identifikasi Masalah

Cara mengetahui masalah di dalam jurnal. Sangat perlu bagi kita untuk membaca terlebih dahulu dari jurnalnya. Dari hasil membaca itulah akan menghasilkan pemahaman secara garis besar. Sehingga bisa di ambil garis besar yang dituangkan pada review. Setelah memahami isinya maka mudah untuk memberikan komentar.


Berbeda halnya jika mengomentari tanpa mempunyai bekal terlebih dahulu. Identifikasi masalah menjadi penting dalam memulai prosesnya. Dengan begitu penjabaran masalahnya pun bisa di sesuaikan. Tidak ada orang yang melakukan review tanpa membaca isinya. Sebab untuk kelanjutan review pun tidak berjalan dengan lancar. 


Menawarkan Solusi

Ketika kita melakukan sebuah review. Tentunya telah mengetahui permasalahan apa yang ada pada review jurnal online. Sudut pandang dari kita lah untuk bisa menemukan masalah. Sehingga bisa memberikan sebuah saran yang terbaiknya. Baik itu dari segi penulisan ataupun penelitiannya.


Karena jurnal hadir oleh adanya sebuah penelitian. Mungkin terdapat beberapa hal yang kurang ditambahkan. Makanya kita sebagai yang memberikan komentar tidak hanya berbicara. Namun juga memberi alternatif penyelesaian yang sesuai.


Pemilihan Metode : Review Jurnal Online

Pemberian solusi yang tercantum pada review jurnal sangat penting. Hal ini berguna untuk perbaikan jurnal kedepannya. Dari segi penelitian yang di lakukan ataupun struktur penulisan. Setiap jurnal yang tersedia tidak serta merta sempurna semuanya. Maka dari itulah perlu untuk melakukan review.


Dari solusi yang ditawarkan juga membutuhkan metode dalam memberikan solusinya. Pemilihan metode dapat ditentukan sendiri oleh yang bersangkutan pembuat review. Boleh saja metode pemberian solusi pada review yang telah diketik. Sehingga nantinya bisa terpublikasi dengan review yang telah di sajikan.


Namun untuk memudahkannya agar terhubung dengan jurnal tersebut. Maka ketika publikasi perlunya untuk menyertakan sumbernya. Nanti akan memudahkan dalam pencarian di search engine.


Peluang Mengembangkan Penelitian

Sebagaimana dalam review ang telah di lakukan. Pastinya terdapat kekurangan yang di sampaikan. Dengan begitu penelitian dari jurnal bisa di kembangkan kembali. Para peneliti yang mencari referensi bisa mengembangkan penelitian sebelumnya. Ini boleh di lakukan oleh siapapun ketika permasalahan memang ada.


Review paper adalah upaya strategi dalam pembuatan dengan mudah. Cara ini digunakan guna memberikan pemahaman dari esensi sebuah penelitian. Ragamnya review jurnal online yang telah tersedia. Dapat di lakukan sebuah penelitian pengembangan yang lebih rinci. #khairpedia


Baca Juga

LihatTutupKomentar