Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cek Plagiasi Turnitin Di UT | Universitas Terbuka

cek-plagiasi-karil-ut

Ikatan Cendikia - Universitas Terbuka atau yang sering juga disingkat UT adalah Perguruan Tinggi Negeri urutan ke-45 di Indonesia, yang secara resmi didirikan pada tanggal 4 September tahun 1984, yaitu berdasarkan pada SK Presiden RI No.41 Tahun 1984. Saat itu, UT baru memiliki 4 Fakultas, yaitu jurusan pada Fakultas Ekonomi (FEKON), jurusan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu  Politik atau FISIP. Jurusan matematika pada Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA, jurusan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP, serta satu buah Program studi pada Pascasarjana.

 

VISI dan  MISI UT

Pada pertengahan tahun 2021 silam, UT telah menjadi sebuah institusi PTTJJ dengan kualitas dunia, khususnya dalam hal kemampuan untuk menghasilkan alumni pendidikan tinggi yang berdaya saing tinggi, serta berkemampuan mengembangkan teori sekaligus praktek PTTJJ. #khairpedia

Cek Plagiasi Karil



Adapun Misi UT yaitu berikut ini:

  • 1. Menyediakan akses yang mudah pada tingkat pendidikan tinggi,dengan kualitas tingkat dunia bagi seluruh masyarakat dengan menyelenggarakan program PTTJJ, demi menghasilkan alumni dengan daya saing tinggi.
  • 2. Melakukan pengkajian dan pengembangan sistem PTTJJ.
  • 3. Melakukan pemanfaatan dan pendiseminasian hasil berbagai kajian keilmuan serta kelembagaan, demi menjawab semua tantangan dan kebutuhan proses pembangunan nasional.

 

TUJUAN UT

Tujuan penyelenggaraan proses pendidikan UT sebagai berikut:

  • 1. Ikut Serta dalam  Menyediakan akses yang mudah untuk pendidikan pada tingkat perguruan tinggi, dengan kualitas mendunia bagi berbagai tingkat masyarakat, dengan penyelenggaraan program PTTJJ.
  • 2. Menghasilkan alumni berkompetensi akademik dan professional, yang mampu untuk bersaing secara global.
  • 3. Meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, guna terwujudnya masyarakat yang berbasis pengetahuan atau knowledge based society.
  • 4. Menghasilkan berbaga produk akademik, khususnya dalam bidang PJJ, dan juga bidang keilmuan-keilmuan lainnya.
  • 5. Meningkatkan kualitas dan juga kuantitas berbagai bidang penelitian, untuk pengembangan pada sistem PJJ, khususnya pada PTTJJ.
  • 6. Memanfaatkan semaksimal mungkin serta mendiseminasikan seluruh capaian kajian keilmuan pada semua bidang dan juga kelembagaan, untuk membantu menghadapi berbaga tantangan dan kebutuhan kekinian proses pembangunan nasional.
  • 7. Memperkokoh persatuan dan rasa kesatuan bangsa, melalui berbagai pelayanan tingkat  pendidikan tinggi, dengan luas dan juga merata.
  • 8. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman lintas budaya, dan juga jaringan kerja sama kemitraan pendidikan di tingkat lokal, tingkat nasional, dan tingkat global. #khairpedia

 

Cek Turnitin Di UT (Universitas Terbuka)

Dalam salah satu pidatonya, Rektor Univeritas Terbuka –UT- menyatakan bahwa plagiarisme adalah suatu hal yang sangat merusak marwah dan tujuan pendidikan. Sejak dilantik secara resmi menjadi pimpinan -rector- UT yang sebelumnya dijabat oleh Tian Belawati, Ojat telah berjanji dan menyatakan keseriusannya untuk fokus dalam mengatasi masalah tindak plagiarisme ini.


Beliau menyatakan bahwa Isu dan tindakan plagiat adalah konsen utama beliau sejak dilantik menjadi rektor UT beberapa waktu lalu. Selain itu, beliau juga menyatakan konsentrasi beliau untuk meningkatkan wibawa akademik, yang salah satu caranya yaitu dengan berupaya semaksimal mungkin, agar jangan sampai ditemukan adanya oknum mahasiswa UT, yang dengan sengaja melakukan tindakan plagiarisme.

Cara Mudah Kuliah S2 di UT Sambil Kerja


Beliau juga menegaskan bahwa UT di bawah kepemimpinannya akan melakukan penindakan tegas terhadap para mahasiswa yang terbukti dengan sengaja melakukan tindakan plagiarisme, baik dalam penulisan skripsi, maupun dalam penulisan tesis.

Jika ditemukan ada Oknum mahasiswa yang dengan sengaja dan terbukti bersalah melakukan tindakan plagiat, maka pihak kampus akan memberikan sanksi akademik, sesuai dengan tingkat plagiat yang dilakukan dan aturan perguruan tinggi yang berlaku.

Ojat juga menyatakan bahwa UT telah ikut menggunakan sebuah aplikasi khusus yang bernama turnitin, guna mendekteksi tingkat keabsaan pada hasil karya tulis ilmiah semua mahasiswa, sebagai wujud nyata tindakan percegahan plagiarisme. #khairpedia


Rektor UT ini juga menyatakan bahwa pengunaan aplikasi Turnitin terbukti sangat efektif untuk membantu tindakan plagiat dalam berbagai karya tulis yang dihasilkan para mahasiswa. Sang rector UT juga menyatakan bahwa selama ini pendeteksian plagirisme sudah dilakukan dengan bantuan aplikasi Turnitin.

Beliau juga menyatakan bahwa pihak kampus telah mengeluarkan sejumlah biaya yang terbilang cukup mahal, untuk mendapatkan lisensi penggunaan aplikasi turnitin di kalangan internal kampus.

Akan tetapi, harga mahal itu tidak menjadi masalah apa-apa bagi pihak kampus, yang penting tingkat keaslian semua karya tulis ilmah para mahasiswa dapat terpelihara dan terpantau oleh para dosen penaggung jawab akademik.

Menurut keterangan Ojat pula, bahwa aplikasi turnitin ini telah secara resmi digunakan di kalangan internal kampus UT sejak tahun 2016 silam. Aplikasi ini secara khusus digunakan saat para mahasiswa akan mulai menjalankan proses bimbingan pembuatan skripsi ataupun tesis.


Syarat Lolos Cek Turnitin Universitas Terbuka

Tingkat persentase plagiat dalam sebuah karya tulis skripsi maupun tesis akan dibatasi beberapa persen saja, sehingga setiap mahasiswa perlu untuk memastikan bahwa karya skripsi maupun tesis mereka memenuhi ambang batas maksimal persentase plagiat tersebut. Jika ambang batas maksimal tersebut terlewati, maka skripsi ataupun tesis tersebut akan dikembalikan untuk diperbaiki.


PEMERIKSAAN PLAGIARISME | Editor akan menjalankan pemeriksaan plagiarisme menggunakan salah satu aplikasi yang relevan, seperti Turinitin, OUriginal dan PlagScan, atau  untuk manuskrip yang dikirimkan sebelum dikirim ke reviewer. Editor tidak akan memproses konten yang dijiplak. Jika naskah memiliki lebih dari 30% plagiarisme, sehingga akan mengirimkan kembali naskah tersebut kepada penulis untuk direvisi dengan cara yang sesuai panduan penulisan karya ilmiah (teknik / cara parafrase) #khairpedia.