-->

Prospek Gelar Master Ekonomi, Apa Saja?


Ekonomi masih menjadi jurusan yang memiliki banyak peminat. Tidak mengherankan jika banyak lulusan sarjana yang melanjutkan untuk menempuh studi lanjut guna mendapatkan gelar master ekonomi. Mengapa demikian? Sebab, dengan meraih gelar master di bidang ekonomi akan membuka prospek pekerjaan yang menjanjikan. Apa sajakah itu?

1. Ekonom Sumber Daya

Pemilik gelar master ekonomi bisa berkarir sebagai ekonom sumber daya. Tugasnya dalam bidang ilmu sosial ekonomi ialah melakukan riset atau penelitian, mencari data, menganalisa informasi sekaligus menyiapkan laporan serta rencana yang bertujuan memecahkan masalah ekonomi. Selain itu, juga berperan mengembangkan analisa ekonomi, menjelaskan dan melakukan analisis data terhadap pola dan perilaku ekonomi.

Seorang ekonom sumber daya mengutarakan nasihat untuk individu, pelaku usaha maupun pemerintah dalam menciptakan alternatif dari permasalahan ekonomi yang sedang terjadi. Tidak lain tidak bukan, tujuannya agar terwujud keefisienan dengan sumber daya yang ada. Dengan begitu, akan terjadi keseimbangan ekonomi.

2. Konsultan Ekonomi

Konsultan ekonomi merupakan tenaga ahli yang memiliki tugas untuk memberikan saran, pertimbangan, dan petunjuk kepada orang maupun badan usaha. Tentu saja terkait dengan permasalahan ekonomi dan keuangan. Penyandang gelar master ekonomi bisa berperan dalam profesi ini, sebab sudah memiliki bekal ilmu yang mendalam terkait bidang ekonomi.

Perannya sebagai konsultan ekonomi yang berkaitan dengan klien yaitu membantu klien yang meminta saran mengenai perencanaan keuangan. Bisa juga mengatur posisi keuangan supaya bisa dengan mudah dimengerti oleh stakeholder. Selain itu, juga membantu klien mengelola keuangan dalam jangka panjang.

3. Penasihat Kebijakan

Setelah mendapatkan gelar master ekonomi, tentu saja harapannya dapat memiliki ilmu terkait ekonomi yang lebih mendalam. Profesi penasihat kebijakan bisa menjadi pekerjaan yang bisa diambil para master ekonomi. Tugasnya yaitu memberikan masukan terkait kebijakan yang akan diambil supaya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi.

Pada umumnya, yang dibicarakan yaitu tentang perkembangan ekonomi serta gejolak ekonomi yang sedang terjadi. Dengan mengamati hal itu, maka penasihat kebijakan mampu membuat asumsi. Asumsi itulah yang menjadi pedoman atau kerangka dalam membuat sebuah kebijakan untuk menstabilkan perekonomian.

4. Analis Ekonomi

Seorang analis ekonomi sudah pasti dibutuhkan dalam suatu instansi maupun pemerintahan. Maka dari itu, pemilik gelar master di bidang ekonomi tentu bisa mengambil peran dalam profesi ini. Mengingat, lulusan master ekonomi telah memiliki ilmu yang lebih mendalam terkait bidangnya.

Analis ekonomi bertugas untuk mengikuti perkembangan ekonomi serta permasalahan-permasalahan seputar ekonomi. Setelah mengumpulkan informasi dan data-data, seorang analis ekonomi kemudian menganalisis apa yang telah didapatkan. Dari hasil analisis tersebut, disajikan dalam bentuk uraian berupa analisis kasus beserta dengan masukan dan pertimbangannya. Tidak tanggung-tanggung, gaji yang didapatkan tentunya berjumlah sangat banyak.

5. Dosen

Bagi pemilik gelar master di bidang ekonomi yang ingin berkarir sebagai tenaga pendidik bisa menjadi dosen. Profesi ini tentu dibayar dengan gaji yang sepadan. Selain mendapatkan gaji yang besar, dosen ekonomi juga akan selalu berkesempatan memperdalam ilmu yang ditekuni.

Pasalnya, tidak menampik kemungkinan ketika mengajarkan ilmu kepada mahasiswanya, dosen pun secara tidak langsung akan terus belajar. Di samping itu, dosen juga dituntut untuk mengembangkan ilmunya. Tentu ini sangat menguntungkan, bukan?

Itulah, kelima prospek pekerjaan bagi yang memiliki gelar master ekonomi. Bagaimana, tentu sangat menggiurkan, bukan? Selain bisa memperoleh pekerjaan yang bagus serta gaji yang besar, pemilik gelar master ini pun bisa mengatasi permasalahan terkait ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.


Baca Juga

LihatTutupKomentar