Inilah Materi Les Untuk Anak SD Kelas 1 yang Bisa Diajarkan

materi les untuk anak sd kelas 1

Berencana membuka bimbingan belajar siswa Sekolah Dasar? Ketahuilah dahulu materi les untuk anak SD kelas 1 yang dijabarkan berikut. Sehingga pelajaran yang diberikan bisa tepat sasaran. Selain itu nantinya anak-anak akan lebih mudah untuk memahaminya. Pada penjelasan ini disediakan tujuh materi yang erat kaitannya dengan aktivitas membaca, menulis, dan berhitung.


1. Membaca Cerita Bergambar


Penting sekali bagi anak kelas 1 Sekolah Dasar untuk bisa membaca. Berbeda dari saat di TK, pembelajaran di SD lebih menuntut ke pemahaman. Jadi, jika berkeinginan membuka les, ajarkan membaca pada anak tersebut. Supaya lebih menarik dan bisa cepat membaca, gunakan buku-buku cerita yang menyertakan gambar di dalamnya.


2. Melengkapi Huruf yang Hilang


Ketika anak sudah mulai lancar membaca, cobalah untuk berlanjut ke materi selanjutnya. Pada materi ini anak-anak diajarkan menulis satu kata yang pendek. Seperti menggunakan kata benda, bola, pensil, atau lainnya. Guna melatih kemampuan dan daya pikirnya, hilangkan satu hingga dua huruf. Selanjutnya, para siswa dituntut melengkapinya dengan huruf yang sesuai.


3. Menyusun Huruf Acak Menjadi Kata yang Tepat


Selain melengkapi huruf yang hilang pada suatu kata, materi selanjutnya ini juga harus diajarkan. Berikan satu kata yang mana susunan hurufnya masih acak. Lalu, minta kepada anak-anak untuk menyusunnya menjadi kata yang tepat. Cara seperti ini akan melatih kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan setiap tantangan juga permasalahan.


4. Menuliskan Kalimat yang Lebih Panjang


Pemberian materi pada anak kelas 1 Sekolah Dasar memang bertahap. Yang mulanya hanya menuliskan satu atau dua kata, jika sudah lancar bisa berlanjut ke yang lebih panjang. Cobalah meminta anak-anak untuk menulis kegiatannya dari bangun tidur hingga malam hari. Memberikan les seperti ini akan mempermudah siswa mencatat pelajaran di sekolah.


5. Mengerjakan Soal dari Cerita


Ketika anak sudah benar-benar lancar membaca dan menulis, materi selanjutnya ini bisa diberikan. Carilah cerita pendek sederhana dalam buku panduan atau Lembar Kerja Siswa. Lalu ajarkan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal yang diberikan di bawah cerita. Ketika mampu, coba berikan tugas tersebut untuk dikerjakan sendiri.


6. Penjumlahan dan Pengurangan yang Sederhana


Materi les untuk anak SD kelas 1 yang berikutnya ini menekankan dalam kemampuan berhitung. Coba ulangi lagi pelajaran saat masih di Taman Kanak-kanak dulu. Ajak para siswa untuk menghitung jumlah mainan atau buku yang dimiliki. Selanjutnya, tugaskan pada anak-anak tersebut menjelaskan bagaimana lambang bilangan dari angka yang disebutkan.


Setelah lancar, mulai ke materi penjumlahan dan pengurangan dengan angka-angka yang masih sederhana, yakni antara 1 sampai 20. Untuk lebih meningkatkan kemampuan, ajak para siswa les mengurutkan bilangan yang diacak dari paling kecil ke besar atau sebaliknya. Berikan pula materi tentang cara membandingkan antara dua buah benda yang berbeda jumlahnya.


7. Mengenal Bangun Ruang


Untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar, kenalkan bangun ruang yang memiliki bentuk sederhana. Seperti balok, kubus, bola, dan tabung. Selain itu, jelaskan sifat-sifat yang dimiliki bentuk tersebut secara mudah. Berikan pula contoh barang-barang di sekitar rumah yang memiliki bentuk seperti itu. Setelahnya, minta anak-anak menyebutkan ulang dan memberikan contoh lain.


Itulah 7 materi les untuk anak SD kelas 1 yang bisa diberikan saat bimbingan belajar. Berikan materi-materi tersebut secara bertahap. Selain itu jelaskan sesuai karakter agar nantinya mudah dipahami. Perhatikan pula kondisi masing-masing pribadi dan sesuaikan dengan kemampuannya, sebab setiap anak memiliki kemampuan belajar yang berbeda.

Baca Juga

LihatTutupKomentar