Table of Content

Agak Laen, Program Studi Terbaru di ITS Surabaya: Prodi RKA dan Prodi RPL

Program studi baru RKA dan RPL di ITS, respons terhadap perkembangan teknologi dan kualitas lulusan. Membuka peluang karir masa depan
Prodi Rekayasa Perangkat Lunak

Pembentukan prodi baru Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dihadirkan oleh ITS - Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai respons terhadap pesatnya perkembangan teknologi. Bidang kecerdasan buatan dan rekayasa perangkat lunak semakin penting karena aplikasinya yang luas di berbagai sektor. Permintaan akan tenaga ahli di kedua bidang ini terus meningkat, sehingga terbentuknya program studi khusus RKA dan RPL bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap memenuhi kebutuhan pasar kerja yang tinggi dalam industri teknologi.


Tujuan dan Manfaat Program Studi RKA dan RPL

Selain itu, perguruan tinggi juga berupaya meningkatkan penelitian dan inovasi di bidang RKA dan RPL melalui program studi yang fokus dan terstruktur. Dengan demikian, universitas dapat berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi baru dalam kecerdasan buatan dan rekayasa perangkat lunak. Selain itu, pembentukan kelas kuliah untuk prodi baru ini juga bertujuan untuk memperkuat daya saing institusi pendidikan tinggi dengan menawarkan program studi yang inovatif dan menarik bagi calon mahasiswa. #KhairPedia

Pembentukan kelas kuliah untuk RKA dan RPL juga berpotensi membuka peluang karir yang menjanjikan bagi mahasiswa, serta memperkuat keterkaitan dan kolaborasi antar-program studi dengan yang sudah ada di perguruan tinggi. Dengan analisis dan evaluasi yang cermat serta keterlibatan stakeholder eksternal, seperti industri dan pemerintah, perguruan tinggi berupaya memastikan program studi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang ada di luar kampus. Dengan pendekatan yang holistik dan terencana, pembentukan kelas kuliah untuk RKA dan RPL diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi universitas, mahasiswa, industri, dan masyarakat pada umumnya.


ITS Buka Program Studi Baru RKA dan RPL untuk Mengikuti Perkembangan Teknologi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuka dua program studi (prodi) baru, yaitu Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), sebagai bagian dari pengembangan dari Prodi S1 Teknik Informatika di bawah naungan Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS. Dalam upaya untuk tetap menjadi perguruan tinggi internasional yang menjadi rujukan dalam pengembangan inovasi, ITS menciptakan program studi ini dengan pendidikan komprehensif dan keterampilan praktis pengembangan di bidang teknologi. Pendaftaran untuk kedua program studi baru ini telah dibuka mulai dari awal Juli 2023 melalui jalur Seleksi Mandiri gelombang II dengan kuota sebanyak 40 kursi untuk masing-masing program studi di kampus ITS.


Prodi Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA): Pengembangan Sistem AI Inovatif di Berbagai Industri

Program studi Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik-teknik pengembangan sistem yang mencakup cara pemikiran, pembelajaran, dan adaptasi manusia. Fokus dari program ini adalah pada prinsip Artificial Intelligence (AI), yang memberikan mahasiswa keterampilan untuk menciptakan solusi cerdas dan inovatif di berbagai industri. Lulusan program ini diharapkan memiliki kompetensi dalam merancang, menganalisis, mengimplementasikan, dan menguji sistem AI yang efektif dan efisien.


Prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL): Pengembangan Perangkat Lunak dan DevOps Development

Sementara itu, program studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menawarkan pemahaman mendalam tentang pengembangan perangkat lunak, termasuk desain, pengembangan, pengujian, manajemen proyek, dan pemeliharaan perangkat lunak. Program ini juga mencakup pembelajaran tentang lingkungan pengembangan perangkat lunak terkini, yaitu DevOps Development. Mahasiswa dalam program ini akan didesain agar dapat belajar dengan mengkolaborasikan ide teknis bersama tim menggunakan teknologi dan tren industri terkini.


Perhatian atas Pengembangan Program Studi Baru RKA dan RPL di ITS

Kedua program studi baru ini telah menjadi perhatian sejak akhir tahun 2021, dan perkembangan pesat dalam bidang kecerdasan buatan menunjukkan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan program studi yang lebih spesifik, sesuai dengan arahan dari Association for Computing Machinery (ACM). ITS berkomitmen untuk terus berinovasi dan melahirkan program studi yang relevan dengan kebutuhan masa depan.

ITS Optimis Lulusan Prodi RKA dan RPL Menyongsong Masa Depan Teknologi

Dalam konteks pekerjaan di masa depan, ITS yakin bahwa lulusan dari kedua program studi ini akan memiliki prospek pekerjaan yang cerah. Meskipun peran kecerdasan buatan meningkat dalam beberapa sektor, hal ini tidak mengurangi peluang bagi lulusan prodi di kampus ini. Sebaliknya, ITS percaya bahwa program studi ini akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbakat, yang akan terus menjadi inovator dan penggerak perubahan di dunia teknologi.

Proses Pendaftaran dan Skema Biaya Program Studi RKA dan RPL di ITS

Proses pendaftaran untuk program studi ini berlangsung melalui jalur Seleksi Mandiri, dengan skema biaya yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA). SPP akan mengharuskan mahasiswa membayar biaya sekitar Rp 7,5 juta hingga Rp 12 juta per semester, sementara SPI akan dikenakan biaya sebesar Rp 25 juta di tahun pertama kuliah. Adapun SPA akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 juta per semester dan akan berlaku hingga semester 6.


ITS Berambisi Melahirkan Generasi Penerus dan Inovator dalam Dunia Teknologi Canggih

ITS berharap bahwa program baru ini akan relevan dengan tuntutan industri di masa depan. Dengan melibatkan dosen yang kompeten di bidangnya, memiliki fakultas berpengalaman, dan menyediakan fasilitas modern, ITS berambisi untuk melahirkan generasi penerus dan inovator di bidang teknologi yang akan menghadapi tantangan masa depan dengan kesuksesan. Dengan demikian, kampus ITS terus berupaya mencapai standar tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mampu mencetak lulusan berkualitas dan berkompeten dalam menghadapi dunia teknologi yang semakin canggih. #KhairPedia


Kata Kunci Populer dalam Artikel ini

rpl,jurusan software engineering,rekayasa perangkat lunak.

Kata kunci terkait : rekayasa perangkat lunak adalah,jurusan rpl,jurusan rekayasa perangkat lunak,rpl dan non rpl,jurusan software engineering,materi rekayasa perangkat lunak,kampus,teknik rekayasa perangkat lunak,rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek,rekayasa perangkat lunak pdf,materi rpl,yang dipelajari di rpl,rekayasa perangkat lunak pendekatan praktisi,tentang rpl,rekayasa perangkat lunak in english. #KhairPedia

khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar