Apa itu Google Cendekia?

apa itu google cendekia


Banyak orang bertanya apa itu google cendekia? Apa itu google Scholar? Baiklah! Sesuai judul, artikel kali ini akan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Apa itu google scholar dan google cendekia? Sebenarnya google scholar maupun google cendekia itu adalah hal yang sama. nggak percaya?

Okay, coba lihat gambar 1. dibawah ini


apa itu google cendekia


Gambar 1. Tampilan Google Scholar dengan bahasa pengantar bahasa Inggris


Bandingkan dengan gambar 2. dibawah ini


apa itu google schoolar


Gambar 2. Tampilan Google Scholar dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia


Gimana? Kalau  belum yakin kalian coba sendiri aja deh! wkwk. Mungkin memang iya bagi beberapa orang sering rancu ketika mendengar keduanya, namun yakinlah bahwa keduanya itu sama saja sob. SAMA. Jadi jangan bingung juga ketika membaca artikel ini nanti ya. Okay lanjut ke definisi yuk!

Disini mimin pakai istilah google cendekia aja ya sob!

1. Definisi

Google Cendekia merupakan alat atau mesin pencari yang memudahkan mahasiswa, peneliti, dan orang-orang yang terkait dengan akademisi untuk melakukan penelitian luas seperti literatur ilmiah, artikel, makalah peer-review, tesis, buku, dan berbagai sumber akademik. Menurut literatur yang mimin baca, The biggest search Mr. Google membawa penyebutan mesin pencari literatur ilmiah ini sejak tahun 2004 dan masih populer hingga sekarang.

2. Tujuan

Tujuan dari google cendekia ini tidak lain untuk membantu membuat penelitian akademis yang nyaman bagi siswa, guru maupun cendekiawan. Ada banyak sekali di dunia ini repository yang terhubung dengan google cendekia baik itu dari akademisi swasta maupun negeri. Salah satu yang membuat google cendekia ini ramai dikunjungi tidak lain karena sifatnya yang gratis. Apaan tuh? maksudnya beberapa artikel maupun tesis, karya tulis dan lain sejenisnya dapat diunduh oleh siapapun secara gratis. Selain itu google cendekia juga berkontribusi ke database dengan menawarkan publikasi kepada para peneliti.

Ingat! Tidak ada didunia ini yang sepenuhnya dapat diperoleh secara gratis. Untuk mendapatkan akses penuh ke seluruh artikel, pihak google mengharuskan kepada siapapun yang menginginkannya itu untuk menggunakan layanan berlangganan perpustakaan. Bagaimana caranya berlangganan? Tentu dengan membayar sejumlah nominal uang tertentu. 

#ikatancendikia

Dengan google cendekia peneliti dapat secara cepat dan tepat menemukan hasil pencarian dalam urutan relevansi, kutipan , peringkat, kualitas dan secara lengkap aksesibilitas teks. Sehingga hal tersebut juga memberikan peluang kepada para peneliti akademis maupun cendekiawan untuk meneliti materi berdasarkan tanggal, jenis dan subjek.


3. Cara Mudah Mencari Artikel Tujuan

Untuk memudahkan pencarian artikel di google cendekia, pengguna dapat melakukan dengan cara :

1.  Mencari berdasarkan nama penulis


2.  Mencari berdasarkan rentangan tanggal atau tahun publikasi


3.  Atau pengguna bisa mencari dengan memasukkan kata kunci tertentu secara umum. Misalnya pengguna ingin mencari artikel tentang contoh penggunaan metrik dalam penelitian. Maka pengguna dapat memasukkan kata kunci metrik saja untuk mendapatkan banyak literatur.


4.  Menggunakan operator khusus :


-   “+” , pemakaian operator tanda plus mencakup kata, huruf dan angka umum yang biasanya akan diabaikan oleh mesin pencari google.


-   “-” , pemakaian operator minus ini mengecualikan semua hasil yang menyertakan istilah penelusuran, kata kunci, atau istilah tertentu.


-   “ATAU”, pemakaian operator ini mengembalikan hasil yang menyertakan salah satu istilah pencarian, sebagaimana ditentukan dalam penelitian.

 

4. Kekurangan Google Cendekia

Dibalik canggihnya suatu alat pasti ada beberapa kekurangan disana sebagai pelengkap. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh google cendekia ini bahwa sampai saat ini google cendekia masih menggunakan versi beta yang artinya masih dalam proses pengembangan untuk databasenya.


Oh iya, Hal terpenting bagi penulis atau peneliti agar dapat mempublikasikan karyanya melalui google cendekia yaitu dengan cara membuat akun profil google cendekia terlebih dahulu. Sehingga publikasinya dapat di-index oleh google dengan mudah dan tentunya dapat menjadi dokumentasi sendiri bagi peneliti. Di dalam akun tersebut peneliti dapat melihat grafik dari tahun ke tahun tentang seberapa banyak hasil penelitianya dikutip. Mempublish karya baru, merubah profil dan lainya.

Biklah, itulah paparan singkat mengenai google scholar dan google cendekia. Semoga bermanfaat sob! Koreksi ya barangkali ada yang kelewatan. Hehe!

#ikatancendikia

Baca Juga

LihatTutupKomentar