Jurusan di Polban yang Ramai Peminat


Ketika sudah lulus dari SMK atau SMA, banyak calon mahasiswa yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Banyak sekali tipe perguruan tinggi yang bisa dijadikan opsi, salah satunya adalah politeknik. Salah satu politeknik yang ada di Indonesia yaitu Politeknik Negeri Bandung atau Polban. Apa saja jurusan yang ada di Polban? Dalam tulisan ini akan membahas Jurusan di Polban paling diminati.

Politeknik yang berdiri sejak Januari 1979 ini menawarkan banyak jurusan atau prodi. Program studi di politeknik ini lebih berfokus pada bidang teknologi. Apa saja keuntungan memilih prodi di Polban? Di Polban, mahasiswa akan lebih banyak melakukan praktikum dan berorientasi pada dunia industri. Berikut beberapa contoh jurusan yang paling dicari/diminati banyak orang:

1. Teknik Mesin

Siapa yang belum kenal dengan Teknik Mesin, jurusan di Polban pertama yang banyak peminatnya. Banyak orang menganggap bahwa Teknik Mesin hanya berkaitan dengan mesin mobil, motor, atau perbengkelan. Padahal, jurusan ini juga mempelajari yang berkaitan dengan perancangan, teknik produksi, material dll. Jangan khawatir dengan prospek kerja di masa depan karena cukup banyak dibutuhkan..

2. Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan jurusan Polban yang juga memiliki banyak peminat. Jurusan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang senang dengan fisika. Dengan belajar pada jurusan ini, mahasiswa akan dibekali pengetahuan berupa perencanaan, konsep, produksi listrik dan masih banyak lagi. Jurusan Teknik Elektro ini memiliki prospek kerja yang luas.

3. Teknik Kimia

Teknik Kimia adalah salah satu jurusan yang mempelajari suatu rekayasa yang nantinya akan menghasilkan produk dengan nilai tinggi. Program studi ini memiliki perbedaan dengan kimia murni atau pendidikan kimia. Teknik kimia lebih berfokus pada teknik produksi. Banyak perusahaan yang nantinya akan menyerap tenaga kerja dari jurusan Teknik Kimia ini.

4. Akuntansi

Jurusan dari rumpun SOSHUM ini merupakan salah satu jurusan di Polban yang cukup banyak peminatnya. Mahasiswa akan belajar mengenai hal-hal yang menyangkut penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. Dengan belajar di akuntansi, mahasiswa akan disiapkan menjadi akuntan yang handal. Hampir setiap perusahaan atau badan usaha pasti membutuhkan seorang akuntan.

5. Administrasi Negara

Pada prodi ini, mahasiswa akan mempelajari tentang aspek perencanaan bahkan pengendalian instansi publik. Secara umum, mahasiswa akan bergelut dengan tata kelola administrasi secara mendetail. Mahasiswa juga diharapkan untuk bisa tanggap dengan kebijakan yang dibuat pemerintah. Jika menyukai hal-hal yang berkaitan dengan tata kelola negara, prodi ini jawabannya.

6. Bahasa Inggris

Prodi ini cocok untuk mahasiswa yang ingin menguasai keterampilan bahasa khususnya Bahasa Inggris. Ada banyak keterampilan bahasa yang akan dipelajari di sini diantaranya adalah membaca, menulis, mendengarkan, berbicara dan lainnya. Pada masa perkembangan teknologi saat ini penggunaan Bahasa Inggris sangat penting. Hampir semua pekerjaan memerlukan Bahasa Inggris, apalagi jika bekerja di bidang IT.

7. Teknik Komputer dan Informatika

Di Polban, mahasiswa akan diajarkan mengenai software dan hardware pada suatu sistem. Kebanyakan topik yang dibahas pada prodi ini adalah suatu perangkat beserta elemennya. Sistem pengajaran pada jurusan ini banyak yang menggunakan pendekatan terapan atau teknik.

Demikian ulasan 7 jurusan di Polban yang memiliki banyak peminat. Selain yang sudah diulas di atas, masih banyak lagi jurusan yang tentunya tidak kalah menarik baik dari SOSHUM maupun SAINTEK. Informasi di atas bisa digunakan referensi bagi calon mahasiswa baru. Sebelum memutuskan masuk ke salah satu jurusan, pastikan sudah sesuai dengan minat dan bakat.


Baca Juga

LihatTutupKomentar