Penelitian Tindakan Kelas: Pengertian PTK, Tujuan dan Manfaatnya

pengertian ptk


Persoalan dalam pembelajaran di dalam kelas kerap terjadi dalam dunia pendidikan. Persoalan ini  mulai dari siswa yang ramai, hasil belajar menurun, hingga siswa yang sulit memahami pelajaran. Penelitian tindakan kelas (PTK) dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Oleh karena itu, perlu bagi seorang pendidik memahami kegiatan adan alur dari PTK serta manfaatnya bagi pembelajaran.


Apakah Anda seorang pendidik di kelas formal ataupun informal? jika iya, wajib bagi Anda untuk mengetahui pengertian PTK. Dalam dunia pendidikan, seorang guru (pendidik) dituntut profesional dalam pembelajarannya. Seorang guru yang profesional akan mampu memunculkan mutu dan bibit unggul dalam pembelajaran.


Namun untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah, karena ada segudang persoalan yang harus ia selesaikan dengan cepat. Seorang guru harus mampu menjadi pendidik sekaligus peneliti, terkhusus melakukan penelitian tindakan kelas.

 

Telusuri Pengertian PTK

Memperbaiki dan menuntaskan permasalahan dalam pendidikan diperlukan adanya penelitian. Dalam skala pendidikan tingkat dasar, menengah, ataupun atas biasanya menggunakan PTK. Hal ini dikarenakan PTK dinilai lebih cepat dalam memperbaiki permasalahan. Sekaligus memberikan solusi dalam pembenahannya.


Pengertian PTK secara garis besar adalah bentuk penelitian tindakan yang dilakukan melalui refleksi diri oleh pendidik saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Siklus dalam PTK beragam, setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pengamatan, pelaksanaan, dan diakhiri refleksi.


Titik fokus PTK terletak pada peran guru, karena PTK diadakan untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh guru saat pembelajaran. Dalam PTK seorang guru memiliki peran ganda sebagai pendidik sekaligus peneliti. Sasaran dalam PTK adalah para siswa, para dewan guru atau pendidik, materi pembelajaran, serta media pembelajaran.


Garis Besar Tujuan PTK

Secara garis besar PTK memiliki tujuan untuk memecahkan persoalan yang dialami saat pembelajaran sedang berlangsung. Pembelajaran disini dapat berupa pembelajaran tatap muka atau pembelajaran daring.


Berawal dari pengertian PTK, diharapkan setelah diadakannya PTK ini adalah solusi yang dapat memperbaiki, serta meningkatkan kinerja guru serta hasil belajar siswa. Berawal dari meningkatnya kinerja guru diharapkan adanya peningkatan dari hasil belajar siswa, mutu pembelajaran, dan kualitas pembelajaran.


Apa Manfaat PTK

Akan ada banyak manfaat dengan diberlakukannya penelitian tindakan kelas. berikut beberapa manfaat PTK,

1. Meningkatkan potensi guru dalam menjalankan kurikulum yang berlaku. Seiring dengan ini maka kualitas pembelajaran akan lebih baik.

2. Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan disukai oleh siswa. Secara tidak langsung materi pembelajaranpun akan lebih mudah terserap.

3. Meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena PTK akan membuat para siswa aktif terlibat dalam pembelajaran.

4. Terwujudnya sinergi yang baik antara guru dan siswa, antara guru dan sekolah, dan lain-lain.

5. Terciptanya guru professional dengan kebiasaan dan budaya meneliti.

6. Lahirnya laporan PTK yang dapat dijadikan rujukan dan panduan dalam proses pembelajaran.


Apa saja Karakteristik PTK?

Salah satu ciri khas PTK adalah adanya kolaborasi antara pendidik, praktisi pendidikan dan peneliti. PTK memiliki karakteristik yang berbeda dengan penelitian lainnya. Berikut beberapa karakteristiknya,

1. Pertama, PTK bukan hanya sekedar mencari sebuah solusi permasalahan. Akan tetapi, menggali dan mencari dan menciptakan referensi ilmiah dari persoalan tersebut.

2. Adanya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk para praktisi pendidikan.

3. PTK dilakukan berdasarkan persoalan yang nyata terjadi di dalam kelas.

4. PTK merupakan ajang pengembangan mutu dan kualitas pendidik, sehingga terbentuklah pendidik yang profesional.

5. PTK dikalukan berdasarkan adanya keputusan, dengan tujuan meningkatkan profesionalisme seorang pendidik.

#khairpedia


Tahapan Penelitian Tindakan Kelas

Berikut tahapan yang digunakan dalam  PTK, setiap tahap dari penelitian ini harus runtun dan terstruktur. Berikut tahapnya,

1. Penentuan pokok permasalahan

Hal pertama yang harus dilakuakn adalah menentukan fokus permasalahan. Penentuan pokok PTK ini haruslah memiliki kebermanfaatan dalam jangka panjang.  Setelah itu melakukan identifikasi masalah, dan menentukan gagasan awal yang akan diangkat dalam penelitian.

Setelah masalah telah diidentifikasi, tahapan selanjutnya adalah merumuskan masalah, dan dilanjutkan dengan tindakan alternatif yang akan ditempuh.

2. Perencanaan

Perencanaan disini meliputi penyusunan hipotesis, menentukan cara pengujian hipotesis, hingga membuat rancangan strategi yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan nantinya. Selain itu diperlukan pula menentukan instrumen yang akan digunakan, menentukan indikator pencapaian dan pengumpulan data.

3. Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan penelitian ini berkisar antara dua sampai tiga bulan. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pelakssanaan diantaranya, rancangan, format tugas, kegiatan kelompok, diskusi pleno dan jenis data yang akan digunakan.

4. Pengamatan

Pengamatan dilakukan pada saat proses pelaksanaan. Beberapa instrument yang dipakai dalam penelitian ini antara lain, soal kuis, rubrik, laporan observasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul selama proses pengamatan ini harus jelas keabsahannya. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis lanjutan dalam hal ini.

5. Refleksi

Tahap ini merupakan tahap akhir penelitian. Pada tahap ini dilakukan pengkajian secara menyeluruh pada penelitian yang dilakukan. Selain itu, refleksi ini juga merujuk pada data yang telah terkumpul. Refleksi disini mencakup analisis, sekaligus penilaian terhadap hasil penelitian.


Jika ternyata pada tahap refleksi ini dinilai masih ada yang kurang, maka aka nada tahap kedua. Tahap kedua ini meliputi perencanaan ulang, pengamatan ulang, hingga refleksi ulang. Hal ini dilakukan sampai tujuan dari penelitian benar tercapai.


Pengertian PTK ternyata  tidak sebatas pengamatan belaka, namun menimbang pada banyak hal. Sulitnya siswa dalam memahami pelajaran adalah salah satu contoh PTK yang dapat Anda coba. Lakukan berdasarkan tahapan seperti tertera di atas. Selamat mencoba! 

#khairpedia


Baca Juga

LihatTutupKomentar