Ini Materi yang Sering Keluar di SBMPTN Agar Bisa Dipelajari Lebih Dalam

materi yang sering keluar di sbmptn


Terdaftar sebagai salah satu pelajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian merupakan harapan bagi setiap siswa yang baru lulus jenjang sekolah menengah. Ada berbagai jalan untuk masuk ke PTN baik itu melalui SNMPTN maupun SBMPTN. Materi yang sering keluar di SBMPTN pada tahun sebelumnya banyak dijadikan gambaran untuk seleksi tahun berikutnya.


Adapun SBMPTN sendiri adalah Seleksi Bersama Masuk PTN yang mana sejak tahun 2019 menggunakan hasil UTBK sebagai salah satu seleksi masuknya. UTBK merupakan tes untuk memasuki perguruan tinggi yang diadakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Agar lolos seleksi, mempelajari materi yang sering keluar merupakan cara belajar yang efektif. Berikut diantaranya:


1. TPA (Tes Potensi Akademik)


Berdasarkan data soal SBMPTN yang dihimpun oleh Zenius terhitung sejak 2011 hingga 2018, persebaran topik yang keluar tidaklah konsisten. Untuk topik aritmetika dasar muncul hingga 98 kali dengan sebaran soal tertinggi di tahun 2012 yakni 26 soal. Verbal dan pola gambar pun terhitung sering muncul hingga diatas 50 kali.


Karena sebarannya tidak merata, di tahun 2014 verbal muncul 15 kali namun tidak muncul sama sekali di tahun 2019. Hal inilah yang menyebabkan perlunya menguasai keseluruhan dari materi dalam Tes Potensi Akademik secara seimbang. Mulai dari aritmetika dasar, pola barisan, pola gambar, verbal, logika proposisi dan lainnya.


2. Matematika Dasar


Pada soal Matematika Dasar sendiri, terkadang dalam satu soal mencakup beberapa topik. Untuk itu diperlukan beberapa konsep matematika agar bisa menemukan jawaban pada satu soal. Misalnya, ketika persamaan kuadrat menjadi topik yang dominan artinya mempelajari topik yang berkaitan juga sama pentingnya seperti fungsi kuadrat, persamaan linear dan lain-lain.


Adapun materi yang sering keluar di SBMPTN mata pelajaran Matematika Dasar, sejak tahun 2012 hingga 2017 persamaan kuadrat muncul 19 kali. Fungsi kuadrat muncul 11 kali serta baris dan deret muncul 10 kali. Topik tersebut merupakan materi yang popular di kelas X dan XII.


3. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Meski tidak berhitung dan mempelajari rumus, topik pada Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tidak boleh dilewatkan. Secara garis besar, tipe soal yang muncul selalu sama yakni pertanyaan dan bacaan. Untuk menjawab beberapa soal, biasanya mengacu pada sebuah cerita maupun informasi dengan paragraf panjang.


4. Matematika IPA (Saintek)


Tidak jauh berbeda dengan Matematika Dasar, pada Matematika IPA juga topik persamaan kuadrat menjadi materi yang sering muncul. Total kemunculannya sebanyak 22 kali pada SBMPTN 2012 hingga 2017. Di posisi kedua ada materi yang muncul hingga 19 kali yakni trigonometri. Fungsi kuadrat, suku banyak, integral, peluang dan turunan muncul 11 kali.


5. Fisika (Saintek)


Berdasarkan data yang dihimpun, sebaran topik pada pelajaran Fisika terbilang merata. Mulai dari materi usaha dan energi yang keluar sebanyak 9 kali, gerak lurus keluar 8 kali dan materi elektromagnet serta listrik dinamis yang muncul 7 kali. Ada materi yang tidak muncul sama sekali yakni besaran, satuan, vektor dan gerak melingkar beraturan.


6. Biologi (Saintek)


Untuk pelajaran Biologi, materi dari jenjang sekolah menengah tidak luput masuk dalam topik SBMPTN. Materi tersebut yakni struktur dan fungsi tumbuhan yang muncul hingga 13 kali. Adapun materi sistem organ manusia serta ciri makhluk hidup dan perannya muncul sebanyak 12 kali.


Itu tadi beberapa materi yang sering keluar di SBMPTN untuk dijadikan fokus belajar. Dengan memilih dan memilah mana yang harus dipelajari lebih dalam, waktu belajar lebih efektif dan peluang masuk PTN impian bisa lebih besar. Meski begitu, memahami dasar-dasar pada topik lain juga diperlukan karena topik yang muncul bisa saja berbeda.

Baca Juga

LihatTutupKomentar