Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Pengelolaan Bahan Pustaka

Perpustakaan mempunyai banyak sekali kegiatan, tapi salah satu kegiatan intinya yaitu pengelolaan bahan pustaka. Maksud dari kegiatan tersebut yaitu mengolah buku agar tercatat dengan rapi, sehingga nantinya akan memudahkan untuk meletakkannya sesuai posisinya.#ikatancendikia

Pengertian Pengolahan Bahan Pustaka


Pengelolaan bahan pustaka adalah kegiatan yang wajib dilakukan pada sebuah perpustakaan. Pada kegiatan tersebut bahan pustaka sebelum ditata harus dicatat atau diolah. tujuan dari pengelolaan ini agar lebih tertib administrasi serta memudahkan dalam mengakses informasi. 

Di sisi lain, pengelolaan bahan pustaka juga dapat diartikan sebagai kegiatan organisasi pada sebuah perpustakaan untuk mencatat buku yang masuk dan keluar. Misalnya saja kapan tanggal buku tersebut dipinjam dan dikembalikan. 

Fungsi Pengolahan Bahan Pustaka


Adanya kegiatan pengelolaan bahan pustaka ini mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri. Inilah kenapa dalam sebuah perpustakaan menjadi salah satu kegiatan inti. Adapun lebih jelasnya berikut ini fungsi-fungsinya. 

  1. Fungsi yang pertama yaitu untuk mempermudah pengaturan koleksi. Mengingat setiap bahan pustaka yang masuk ke dalam perpustakaan, maka akan dilakukan inventarisasi atau pendataan. Baik itu meliputi tanggal masuk, identitas buku serta barcode. 
  2. Bahan pustaka yang dikelola dengan baik bisa memudahkan pelayanan kepada para pembaca. Maksudnya, pengelola perpustakaan akan mengkategorikan setiap buku, sehingga lebih mudah lagi untuk mendapatkan buku sesuai kebutuhan. 
  3. Fungsi lain dari pengelolaan bahan pustaka yaitu untuk memudahkan pengelolaan menemukan buku. Maksudnya, adanya pengelolaan ini tentunya memudahkan pengelola untuk melakukan pengecekan dan perawatan buku. 
  4. Menjaga kualitas buku akan semakin mudah dilakukan dengan pengelolaan bahan pustaka. Maksudnya, dalam kegiatan ini akan dipilih mana buku yang layak untuk diletakkan pada lemari atau disimpan saja. 

Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka


Adapun kegiatan pengelolaan bahan pustaka dilakukan dengan bertahap. Mulai dari inventarisasi, klasifikasi, input data, penyampulan hingga penyusunan buku. Adapun lebih jelasnya berikut ini kegiatan-kegiatannya. #ikatancendikia

Inventarisasi


Kegiatan yang pertama yaitu inventarisasi atau mencatat bahan pustaka apa saja yang masuk. Adapun tujuan dari kegiatan ini agar mengetahui lebih jelas jumlah koleksi, apa saja judul buku yang masuk serta detail tanggalnya.

Tujuan utama dari kegiatan inventarisasi yaitu untuk memudahkan dalam pengelolaan buku dan perawatan. Memudahkan proses peminjaman buku, sehingga untuk meminimalisir buku hilang dan rusak. 

Klasifikasi


Klasifikasi merupakan sebuah kegiatan berupa pengelompokan, pembedaan dan pembagian. Maksudnya dalam proses ini nantinya buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut akan di dibagi kedalam beberapa kategori. 

Penetapan ini berdasarkan isi, subyek dan judul buku. Tujuan dari klasifikasi ini untuk memudahkan membaca mencari buku sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, pengelola juga akan lebih mudah lagi untuk mendeteksi buku apa yang tersedia pada komputer.

Input Data


Kegiatan lain yang dilakukan dalam pengelolaan bahan pustaka yaitu input data. Ada beberapa hal yang masuk dalam input data ini seperti katalogisasi koleksi, scan sampul atau cover, semua data buku dan barcode.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memudahkan pengelola dalam mendata bahan pustaka. Misalnya saja dengan adanya barcode, cukup dengan scan akan memudahkan proses peminjaman dan waktu untuk pengembalian. 

Penyampulan dan Penyusunan


Penyimpulan atau pemberian label sangatlah penting dilakukan untuk memasang identitas buku secara lengkap. Sedangkan kegiatan penyempurnaan buku ini bertujuan untuk menjaga agar buku dalam keadaan baik.

Biasanya penyimpulan ini menggunakan plastik bening tebal dan solasi. Sekalipun disimpan dalam waktu yang lama, buku yang sudah disampul akan awet.  Sedangkan aktivitas yang terakhir yaitu penyusunan buku berdasarkan kategori. 

Inilah pembahasan mengenai pengelolaan bahan pustaka yang sangat penting. Tujuan utama dari pengelolaan ini untuk pengelolaan ini tentunya memudahkan pengelola untuk melakukan pengecekan dan perawatan buku. #ikatancendikia