Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Sekolah dan Guru Penggerak


Kemendikbud telah membuat sebuah program yang bernama Guru Penggerak. Program ini dapat diikuti oleh PNS atau non PNS yang berasal dari sekolah swasta atau negeri. Ingin tau lebih jelasnya mengenai sekolah dan guru penggerak, pahami dulu informasi seputar Guru Penggerak berikut ini: #ikatancendikia


Apa Itu Guru Penggerak?


Guru penggerak adalah guru yang berperan sebagai pemimpin untuk mendorong agar pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik itu secara aktif, holistik dan proaktif. Guru yang berasal dari PNS atau non PNS dapat mendaftar. Namun, ada persyaratan khusus yang harus dilengkapi.


Adanya program ini dilakukan dengan tujuan agar implementasi pembelajaran bisa terfokus pada murid. Intinya, guru penggerak menjadi teladan dalam pendidikan untuk bisa mewujudkan profil pelajar Pancasila. 


Syarat Daftar Guru Penggerak


Tentunya agar bisa mengikuti program guru penggerak, ada syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi. Tapi, sebenarnya persyaratan-persyaratan tersebut cukup mudah, sebagaimana berikut ini:


  • Berstatus guru PNS atau Non PNS.
  • Guru dari sekolah Swasta atau Negeri.
  • Terdaftar pada Dapodik atau Data Pokok Pendidikan.
  • Pendidikan minimal D4 atau S1.
  • Mempunyai pengalaman 5 tahun dalam mengajar.
  • Mempunyai waktu sisa mengajar minimal 10 tahun.
  • Mempunyai keinginan yang besar untuk menjadi guru Penggerak. 
  • Khusus untuk guru yang mengajar di TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.
  • Tidak mengikuti kegiatan CPNS dan PPG.


Peran Utama Guru Penggerak


Mengenai sekolah dan guru penggerak, perlu diketahui jika mempunyai peran utama. Kurang lebih ada 5 peran utama dari guru Penggerak, diantaranya sebagai berikut:


  • Berperan penting untuk menggerakkan komunitas belajar, terutama pada rekan kerja yang ada di sekolah atau lingkungan lainnya.
  • Menjadi pembimbing rekan kerja atau guru lain dalam usaha mengembangkan pembelajaran di sekolah.
  • Membantu meningkatkan kualitas kepemimpinan murid.
  • Membuka ruang diskusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Berperan sebagai pemimpin pembelajaran pada well-being ekosistem pendidikan. 


Manfaat Adanya Program Guru Penggerak


Program guru penggerak ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tambahan, sehingga bisa menjadi pemimpin yang baik dalam pendidikan. Selain itu, ada juga beberapa manfaat dengan adanya program guru penggerak, sebagaimana berikut ini.#ikatancendikia


Mengembangkan Kompetensi Lokakarya


Program guru penggerak ini, proses pendidikan berlangsung selama 9 bulan. Berlangsungnya pendidikan ini dapat mengembangkan kompetensi Lokakarya bersama. Adapun dalam program ini meliputi beberapa hal seperti lokakarya, pelatihan daring, pendampingan dan konferensi. Meskipun sedang mengikuti program ini, guru tetap melakukan kewajibannya mengajar. 


Meningkatkan Kompetensi Pemimpin


Manfaat lain dari adanya program guru penggerak yaitu untuk meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin. Khususnya kepemimpinan yang terpusat pada murid. Dengan kata lain, di sini guru menjadi murid, sehingga mempunyai kemampuan dalam memberdayakan murid. 


Meningkatkan Pengalaman Belajar 


Adanya program guru penggerak juga dapat meningkatkan pengalaman belajar secara mandiri atau kelompok. Meskipun sebenarnya belajar bisa dilakukan dimanapun, tapi konsisten sangat penting dilakukan. Nah, adanya pelatihan ini guru bisa mencari ilmu lebih sistematis. 


Mendapatkan Pengalaman Belajar Bersama


Manfaat yang tak kalah penting dengan adanya program guru penggerak yaitu dapat bertemu dengan guru yang berasal dari berbagai daerah untuk belajar bersama. Tentunya dengan bertemu orang baru akan menambah pengalaman, informasi dan ilmu. 


Kurang lebih itulah penjelasan mengenai sekolah dan guru penggerak. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan jika adanya program guru penggerak ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memimpin murid.#ikatancendikia