Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Kerja Ekosistem Metaverse

cara-kerja-ekosistem-metaverse

Metaverse merupakan istilah terbaru di dunia virtual dimana dengan bantuan teknologi, manusia dapat melakukan semua aktivitas seperti di kehidupan nyata. 


Istilah Metaverse semakin populer setelah Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan teknologi Facebook akan berganti menjadi Meta, yang terinspirasi dari nama dunia maya baru. Jadi, apa itu metaverse? Contohnya apa saja? dan bagaimana cara kerjanya? Apakah ini tanda-tanda bahwa era teknologi sedang mencapai puncaknya? Berikut pembahasannya! #khairpedia


Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia virtual yang terhubung dengan komunitas di mana orang dapat bekerja, bertemu, bermain, dan melakukan bisnis seperti di dunia nyata dengan bantuan teknologi VR ( Virtual Reality ) dan AR ( Augmented Reality)


Cek Plagiasi Turnitin 

di Universitas Metaverse


Istilah "Metaverse" sendiri dapat ditemukan di beberapa novel Sci-Fi. Dalam dunia virtual online sedang berkembang dengan teknologi gabungan dari virtual reality , augmented reality, video, avatar 3D holografik , dan sarana komunikasi lainnya. 


Inilah sebabnya mengapa Metaverse akan mengintegrasikan semua elemen kehidupan manusia di Internet, mulai dari belanja, rekreasi, fashion, hingga media sosial. Karena semuanya akan diintegrasikan ke dalam Metaverse, semua orang akan dapat melakukan proses virtual seperti kehidupan sehari-hari.


Bagaimana Cara Kerja Metaverse Crypto?

Seperti yang sudah Jaka katakan di atas, cara kerja metaverse seolah-olah masuki dunia virtual yang lengkap. Kamu dapat menemukan banyak sekali elemen kehidupan serupa dengan kehidupan di dunia nyata. 


Semua ini tentu saja didukung oleh kecanggihan teknologi yang kian berkembang, apalagi dari tahun ke tahun jaringan internet semakin kompleks dan semakin cepat. Sebagai dunia maya tentu saja metaverse tidak pernah bisa dipisahkan dari Internet.


Selain itu, cara kerja Metaverse didukung oleh perangkat yang mumpuni, yaitu kacamata dan headset/headphone dengan teknologi VR ( Virtual Reality ) serta AR (Augmented Reality). Karena Metaverse sepenuhnya menggunakan teknologi AR (Augmented Reality).dan 3D, eksistensi perangkat ini wajib ada jika Anda ingin bertahan di Metaverse. Selain itu, diprediksikan semakin banyak produk yang mendukung VR (Virtual Reality) serta AR ( Augmented Reality ) di pasaran, seperti kacamata VR berteknologi canggih, tangan robot, bahkan aplikasi terkini.


Cara Masuk Ke Dunia Metaverse

Kalau kamu sudah tahu apa itu metaverse , tentunya ada rasa penasaran bagaimana cara masuk ke dunia metaverse yang serba canggih  itu?


Berikut ini KhairPedia akan memaparkan langkah-langkah yang bisa dilakukan jika mau masuk ke dunia metaverse . Simak langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih platform untuk masuk ke platform Metaverse
  2. Pastikan sudah menyiapkan headphone/ headset dan kacamata AR atau VR,
  3. Daftarkan diri untuk masuk ke platform Metaverse
  4. Jika sudah terdaftar, masuklah ke dunia Metaverse.

Kalau sudah melakukan 4 langkah di atas, artinya sudah bisa menjalani kehidupan virtual yang terasa nyata seperti nyata. Mudah sekali bukan?


Metaverse dan Dunia Ekonomi Virtual

pertumbuhan metaverse yang sedang berkembang ini telah menarik investor yang ingin menyimpan sejumlah besar aset di dalamnya, dan setiap orang akan dapat membuat NFT mereka sendiri.


Token non-fungible (NFT) dan cryptocurrency diklaim sebagai metode pembayaran untuk orang-orang di masa depan. Ini tidak lagi mengharuskan orang untuk membayar dengan uang konvensional, yang bervariasi dari satu negara ke negara lain dan seringkali tidak stabil.


Selain itu, dinamika perekonomian di Metaverse akan terlihat semakin jelas. Orang-orang bisa sibuk memilih dekorasi unik di rumah virtual mereka atau membeli pakaian terbaik untuk avatar mereka secara online. #khairpedia


Hal ini membuat peluang metaverse terlihat menjanjikan di masa depan. Semoga umat manusia tidak lagi dipisahkan oleh jarak. Di sisi lain, semua bisa bersatu di alam semesta yang sama.


Contoh dan Jenis Metaverse Paling Populer

Secara umum, terdapat 2 jenis metaverse yang ditemukan di sekitar kita. Yang pertama merupakan metaverse yang memungkinkan manusia untuk menciptakan lingkungan pada taraf paling dasar, atau nol.


Jenis Metaverse ini memanfaatkan sistem ekonomi virtual baru yang menyatu dengan baik, yaitu token non-fungible (NFT) dan mata uang kripto.


Sementara itu, metaverse yang kedua cenderung lebih sering dan lebih mudah ditemukan. Ini karena konsepnya telah dimasukkan ke dalam berbagai jenis game online, misalnya Animal Crossing, Fortnite Developer tidak mengartikan game sebagai metaverse, tetapi mereka menggunakan prinsip yang sama dengan metaverse, mulai dari pertemuan dalam game dan melakukan kegiatan bersama-sama bahkan melangsungkan transaksi penjualan virtual


Kalau masih penasaran apa saja contoh metaverse  yang canggih dan terkenal saat ini bahkan semakin banyak diminati.

1. Kotak Pasir

Metaverse menghadirkan The Sandbox yang membolehkan pemainnya untuk membeli tanah dan membangun bangunan di atasnya, kemudian menjualnya melalui marketplace NFT. Apa, dalam metaverse ini diperbolehkan kamu untuk menciptakan game itu sendiri.

2. Decentraland

Decentraland merupakan game blockchain perdana yang berhasil membuktikan kekuatan mata uang kripto dan NFT sebagai pemrakarsa ekonomi dalam permainan. Game ini merekomendasikan dunia tempat pemain virtual dapat di huni dan berkembang.

3. Iluvium

Illuvium merupakan game RPG Open-World tentang alien yang disebut Iluvials. Di dalam metaverse ini, kalian dapat menghimpun, membicarakan, dan mengunduh untuk memperoleh token $ILV atau bahkan NFT jika kalian beruntung!

4. Axie Infinity

Axie Infinity merupakan salah satu pemrakarsa game metaverse paling populer di era ini. Game NFT yang dikembangkan oleh developer asal Vietnam ini akan mengajak kamu untuk menghimpun, merawat, serta mengembangbiakkan monster bernama Axie. Nah, Axie ini dapat dijual dengan harga tinggi dalam bentuk NFT loh guys!

5. SecondLive

Sisi lainnya berdasarkan uraian di atas, SecondLive memiliki metaverse yang disajikan sebagai konvensi. Kalian dapat menemukan beragam platform kripto dan komunitas, serta bertemu secara virtual dengan para pemain lain.


Istilah metaverse sempat menjadi perbincangan setelah Mark Zuckerber, pendiri Facebook, mengumumkan arah baru perusahaannya yang akan mengoptimalkan metaverse. Bill Gates, pendiri Microsoft, pun turut memprediksi teknologi baru ini di masa mendatang.


Menurut Gates, dalam tiga tahun mendatang, metaverse akan diminati banyak orang. Aktivitas manusia akan berpindah dari dunia nyata ke dunia fiksi. Pengalaman virtual yang didapatkan akan lebih terasa dan terlihat sangat canggih.


Melansir dari wired.com, konsep metaverse awal mulanya diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada 1992. Konsep ini merujuk pada persisten virtual yang berkelanjutan, mencakup VR (Virtual Reality) serta AR (Augmented Reality) yang menggabungkan aspek dunia fisik dan digital.


Dalam visi metaverse yang lebih luas, hal tersebut nanti dapat dioperasikan dan memungkinkan manusia untuk membawa barang-barang virtual seperti pakaian atau mobil dari satu platform ke platform lainnya. #khairpedia


Selanjutnya, metaverse juga mempermudah manusia melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti berpetualang virtual,  menciptakan atau melihat karya seni, menonton konser online, serta menjadi game-changer untuk bekerja dari rumah atau bekerja dari sistem di rumah.


Dilansir dari about.fb.com, sejauh ini sudah ada dua konsep metaverse yang telah dikembangkan. Pertama, konsep dukungan terhadap penciptaan lingkungan dari nol seperti  Cryptocurrency dan NFT. Kedua, yang paling sering digunakan dan sering terlihat di game seperti Fornite serta Game Animal Crossing.


Kehadiran metaverse ini tidak akan menghadirkan internet karena keduanya saling berhubungan satu sama lain. #khairpedia