Table of Content

Tips Penulisan Review Jurnal Ilmiah Dengan Benar dan Tepat

Bingung mau menulis review jurnal ilmiah dengan benar dan tepat ? Yuk, simak tips penulisan dan hal-hal penting yang harus Anda lakukan disini !

Tips Penulisan Review Jurnal Ilmiah

Review jurnal ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang membahas ulasan tentang hasil penelitian agar orang lain dapat memahami intinya. Membuat review jurnal tidaklah seperti menulis review produk, ada hal penting dan cara khusus dalam proses pembuatannya. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan ketika menulisnya. Mari simak informasi tentang penulisan review jurnal di bawah ini!


Hal Penting Sebelum Review Jurnal

Sebelum membuat review jurnal ilmiah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Mencari jurnal yang sesuai tema atau topik yang hendak Anda angkat.
  • Baca dan pahami keseluruhan isi jurnal.
  • Tuliskan poin-poin penting dari jurnal yang sudah Anda baca.

Poin Penting di Review Jurnal


Ada beberapa poin penting yang wajib Anda tampilkan pada review jurnal, yaitu:

1. Tujuan Penelitian atau Latar Belakang Teori

Bagian ini membahas tentang latar belakang permasalahan, tujuan penelitian, dan landasan teori. Anda bisa menemukan poin-poin ini, jika membaca jurnal secara keseluruhan. #khairpedia


2. Metode Penelitian

Review jurnal ilmiah pada bagian ini menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan metode penelitian ilmiah, seperti:

        Metode penelitian

        Subjek penelitian

        Teknik pengumpulan data

        Alat pengumpulan data

        Jenis analisis data


3. Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini Anda menguraikan tentang hasil dan pembahasan pokok penelitian yang sudah dilakukan. Jelaskan secara singkat, jelas, serta bahasa yang padat. Hindari mengulang-ngulang kata yang sama atau membahas sesuatu yang terlalu melebar dari hasil penelitian.


Tips Membuat Review Jurnal Ilmiah


Berikut ini beberapa tips dalam membuat review jurnal ilmiah yang benar dan tepat, yaitu:

1. Pilih Jurnal yang Relevan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi topik penelitian dari jurnal tersebut relevan atau tidak dengan topik yang Anda angkat. Sekarang ini sangat mudah untuk menemukan jurnal dengan berbagai topik penelitian untuk Anda jadikan bahan penulisan review. Anda bisa menemukannya pada beberapa situs, seperti Perpustakaan Republik Indonesia, ScienceDirect, LIPI, Google Scholar, dan lain-lain.

2. Perhatikan Bagian Diskusi

Perhatikanlah bagian diskusi pada jurnal untuk melihat gambaran dari pengujian sistem yang telah peneliti lakukan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui hasil dari solusi yang peneliti tawarkan untuk menjawab pertanyaan di bagian pendahuluan. Tujuannya untuk menarik kesimpulan tentang tingkat keberhasilan dari penelitian.

3. Perhatikan Orisinalitas Jurnal

Tips selanjutnya saat review jurnal ilmiah adalah memperhatikan originalitas dari jurnal tersebut. Bacalah dengan saksama pada bagian pendahuluan. Karena bagian tersebut akan memberikan Anda data yang berhubungan dengan latar belakang atau alasan peneliti dalam melakukan penelitian serta tujuan yang ingin peneliti capai.

Anda juga harus memperhatikan metode yang digunakan oleh peneliti, apakah metode baru hasil pemikiran sendiri atau metode baru dalam pendekatan masalah. Pada bagian pendahuluan Anda juga akan melihat persentase keberhasilan peneliti dalam penelitian berdasarkan topik yang berhubungan.

4. Perhatikan Bagian Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, Anda bisa melihat kecocokan dari pernyataan pada bagian pendahuluan dengan isi kesimpulan. Selain itu, Anda juga bisa melihat tingkat kontribusi peneliti saat melakukan penelitian tersebut.


Salah satu jenis karya tulis ilmiah yang sering dipublikasikan pada kalangan para mahasiswa, peneliti hingga dosen yaitu artikel jurnal. Artikel jurnal ilmiah memuat pembahasan berkaitan dengan penelitian yang sudah dilakukan dan didukung berdasarkan berbagai landsan teori atau metode yang bersifat ilmiah.


Supaya artikel atau jurnal ilmiah dapat terpublikasi, tentu saja bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan tahapan dan langkah-langkah yang perlu dipahami sebelum artikel jurnal kamu bisa benar-benar terpublikasi. Untuk itu beberapa tips ini dapat kamu jadikan acuan supaya artikel jurnal kamu bisa terpublikasi pada jurnal ilmiah.


Salah satu syarat lolos publikasi artikel atau jurnal ilmiah yaitu lolos uji plagiasi, karena untuk mengetahui sejauh mana orsisinalitas naskah artikel yang telah dibuat. Adapun cara untuk melihat (mengetahui) hasil simillarity naskah tulisan yang telah disusun dengan mengunjungi salah satu situs cek plagiarisme seperti Turnitin.com, Plagiarisma, Quetext dan Duplichecker dan >>>Small SEO Tools<<<.


Baik, seperti itulah cara penulisan review jurnal ilmiah dengan benar dan tepat. Semoga bisa mempermudah Anda dalam proses pembuatannya. Jika Anda membutuhkan jasa cek lolos turnitin untuk jurnal ilmiah, Anda bisa menggunakan jasa dari KhairPedia. Dapatkan garansi dan penawaran terbaik dengan menghubungi nomor berikut ini 0821-3608-1847

khairpedia.blogspot.com

Posting Komentar