Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tips Penulisan Review Jurnal Ilmiah Dengan Benar dan Tepat

Tips-Penulisan-Review-Jurnal-Ilmiah

Review jurnal ilmiah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas ulasan tentang hasil penelitian agar orang lain dapat memahami intinya. Membuat review jurnal tidaklah seperti menulis review produk, ada hal penting dan cara khusus dalam proses pembuatannya. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan ketika menulisnya. Mari simak informasi tentang penulisan review jurnal di bawah ini!

Hal Penting Sebelum Review Jurnal

Sebelum membuat review jurnal ilmiah, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Mencari jurnal yang sesuai tema atau topik yang hendak di bahas atau diangkat.
  • Baca dan pahami keseluruhan isi jurnal.
  • Tuliskan poin-poin penting dari jurnal yang sudah dibaca.

Poin Penting di Review Jurnal

Ada beberapa poin penting yang wajib ditampilkan pada review jurnal, yaitu:

Tujuan Penelitian atau Latar Belakang Teori

Bagian ini membahas tentang latar belakang permasalahan, tujuan penelitian, dan landasan teori. Penulis bisa menemukan poin-poin ini, jika membaca jurnal secara keseluruhan.

Metode Penelitian

Review jurnal ilmiah pada bagian ini menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan metode penelitian ilmiah, seperti:

  • Metode penelitian
  • Subjek penelitian
  • Teknik pengumpulan data
  • Alat pengumpulan data
  • Jenis analisis data

Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini harus diuraikan tentang hasil dan pembahasan pokok penelitian yang sudah dilakukan. Jelaskan secara singkat, jelas, serta bahasa yang padat. Hindari mengulang-ngulang kata yang sama atau membahas sesuatu yang terlalu melebar dari hasil penelitian. 


Tips Membuat Review Jurnal Ilmiah

Berikut ini beberapa tips dalam membuat review jurnal ilmiah yang benar dan tepat, yaitu:

Pilih Jurnal yang Relevan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi topik penelitian dari jurnal tersebut relevan atau tidak dengan topik yang Anda angkat. Sekarang ini sangat mudah untuk menemukan jurnal dengan berbagai topik penelitian untuk dijadikan bahan penulisan review. Penulis bisa menemukannya pada beberapa situs, seperti Perpustakaan Republik Indonesia, ScienceDirect, LIPI, Google Scholar, dan lain-lain.


Perhatikan Bagian Diskusi

Perhatikanlah bagian diskusi pada jurnal untuk melihat gambaran dari pengujian sistem yang telah peneliti lakukan. Selain itu, Peneliti juga bisa mengetahui hasil dari solusi yang peneliti tawarkan untuk menjawab pertanyaan di bagian pendahuluan. Tujuannya untuk menarik kesimpulan tentang tingkat keberhasilan dari penelitian.

Perhatikan Orisinalitas Jurnal

Tips selanjutnya saat review jurnal ilmiah adalah memperhatikan originalitas dari jurnal tersebut. Bacalah dengan saksama pada bagian pendahuluan. Karena bagian tersebut akan memberikan data yang berhubungan dengan latar belakang atau alasan peneliti dalam melakukan penelitian serta tujuan yang ingin peneliti capai.

Penulis juga harus memperhatikan metode yang digunakan, apakah metode baru hasil pemikiran sendiri atau metode baru dalam pendekatan masalah. Pada bagian pendahuluan Anda juga akan melihat persentase keberhasilan peneliti dalam penelitian berdasarkan topik yang berhubungan.

Perhatikan Bagian Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, Penulis bisa melihat kecocokan dari pernyataan pada bagian pendahuluan dengan isi kesimpulan. Selain itu, Anda juga bisa melihat tingkat kontribusi peneliti saat melakukan penelitian tersebut. 

Cara Publikasi Jurnal Internasional SCOPUS


Template Jurnal yang Baik dan Terakreditasi

Ingin menulis jurnal untuk keperluan akademis? Selalu gunakan template jurnal yang baik dan terakreditasi. Bagi kalangan akademisi, pasti sudah tidak asing lagi dengan penelitian dan jurnal.

Bisa dikatakan bahwa jurnal merupakan sebuah hal yang wajib dikerjakan apabila Anda menekuni profesi di bidang pendidikan, baik itu pelajar, guru, dosen, peneliti, ataupun yang lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa terdapat template jurnal yang biasa dijadikan acuan dalam penulisan?

Cukup berbeda dengan jenis tulisan lain, jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang memiliki banyak ketentuan dalam penulisannya. Ketentuan-ketentuan ini bersifat pakem dan sulit untuk digantikan. Oleh karenanya, jurnal memiliki sebuah template yang mana umumnya konten template tersebut adalah serupa. Dengan adanya template, tentunya Anda menjadi lebih mudah dalam menulis jurnal. Berikut ini adalah template dalam menulis jurnal yang bisa Anda simak.

Template Jurnal yang Baik

Seperti yang diketahui, menulis jurnal harus dilakukan dengan memperhatikan kaidah penulisannya. Kaidah penulisan ini harus diperhatikan agar jurnal yang diperhatikan memiliki kualitas yang bagus. Berikut ini template yang bisa Anda jadikan acuan dalam menulis jurnal. 

1. Judul

Judul yang terletak di paling awal jurnal merupakan hal utama yang perlu Anda perhatikan. Penulisan judul biasanya menggunakan format font Bold dengan menggunakan huruf kapital di setiap awal katanya.

2. Identitas Penulis

Identitas penulis yang biasanya meliputi nama lengkap, jabatan, instansi, serta alamat e-mail penulis biasa diletakkan tepat di bawah judul. Setiap penulis yang terlibat dalam membuat sebuah jurnal harus dicantumkan identitasnya.

3. Abstrak

Komponen selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah abstrak jurnal. Bagian dari template jurnal yang tak boleh ketinggalan satu ini umumnya merupakan sebuah rangkuman dari pembahasan jurnal Anda keseluruhan.

4. Pendahuluan

Pendahuluan berisi uraian latar belakang topik yang Anda tulis di dalam jurnal. Biasanya pada bagian ini, Anda akan banyak menyebutkan data sehingga menjadi modal dasar Anda melakukan penelitian. 

5. Tinjauan teoritis

Tinjauan teoritis berisikan teori yang relevan dengan topik penelitian. Selain itu, tinjauan teoritis juga dapat berisikan review dari penelitian terdahulu yang memiliki kesamaan dengan penelitian yang sedang Anda lakukan.

6. Metode penelitian

Pada bagian ini, Anda sebagai penulis akan memaparkan mengenai metode penelitian atau serangkaian cara yang dilakukan untuk mendapatkan suatu dalam penelitian. 

7. Hasil penelitian

Setelah memaparkan metode, Anda sudah dapat melakukan pengumpulan data. Hasil dari kegiatan pengumpulan data tersebutlah yang dinamakan hasil penelitian dan wajib dituliskan di dalam jurnal.

8. Kesimpulan dan saran

Di bagian kesimpulan memuat rangkuman dari keseluruhan jurnal yang telah Anda tulus. Sedangkan untuk saran dibuat dengan memperhatikan hasil penelitian sehingga saran tersebut dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah.

9. Daftar pustaka

Apabila Anda sedang menulis jurnal, maka hal yang tak boleh dilupakan adalah mencari sumber bacaan yang kredibel. Oleh karena itu, mencantumkan daftar pustaka akan membantu dalam menerbitkan jurnal yang sudah Anda tulis. 

Syarat Jurnal yang Baik 

Selain melakukan penulisan yang sesuai dengan template jurnal, terdapat hal lain yang harus Anda pahami untuk dapat menulis jurnal dengan baik. Berikut ini adalah syarat jurnal yang baik. 

  1. Memiliki signifikansi tinggi dalam judul dan isi jurnal
  2. Memiliki topik penelitian yang menarik 
  3. Menulis jurnal dengan menggunakan tata bahasa yang baik
  4. Mendaftarkan tulisan Anda menjadi jurnal yang terakreditasi
  5. Selalu menaati etika publikasi pada sebuah situs apabila Anda ingin menerbitkannya secara online.

Baik, seperti itulah cara penulisan review jurnal ilmiah dengan benar dan tepat. Semoga bisa mempermudah dalam proses pembuatannya. Jika membutuhkan jasa cek lolos turnitin untuk jurnal ilmiah, langsung bisa menggunakan jasa dari #KhairPedia. Dapatkan garansi dan penawaran terbaik dengan menghubungi nomor berikut ini 0821-3608-1847.