Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Simak Cara Mendapat Beasiswa Bidikmisi



Pemerintah Kemendikbud telah menyediakan program beasiswa bidikmisi untuk siswa SMA/SMK yang ingin melanjutkan kuliah. Program beasiswa ini dapat digunakan ketika melamar ke perguruan tinggi melalui jalur seleksi penerimaan mahasiswa (SNMPTN dan SBMPTN). Program beasiswa ini akan dibuka dan dilaksanakan tiap tahun. Untuk itu artikel ini akan membahas cara mendapat beasiswa bidikmisi.

Mengenal Beasiswa Bidikmisi

Sebelum membahas mengenai cara mendapat beasiswa bidikmisi tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bidikmisi. Program beasiswa bidikmisi merupakan suatu program bantuan biaya pendidikan. Bantuan tersebut disediakan pemerintah dan diberikan kepada para calon mahasiswa. Syarat utamanya yaitu kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa kurang mampu.

Program ini memang diusulkan dan disetujui oleh Presiden sebagai upaya untuk mencerdaskan seluruh pemuda dan pemudi generasi bangsa. Fasilitas yang diberikan para program beasiswa bidikmisi adalah bantuan biaya UKT dan biaya hidup sehari-hari. Untuk biaya UKT akan disesuaikan dengan peraturan perguruan tinggi. Lalu untuk biaya hidup yang diperoleh biasanya sebesar Rp 650.000,00.

Apa Saja Syarat Diterima Bidikmisi ?

Selanjutnya akan membahas cara mendapat beasiswa bidikmisi. Sebelum melakukan pendaftaran beasiswa tentu harus mempersiapkan beberapa berkas dan dokumentasi. Berkas tersebut dapat dikirim secara online kepada pihak pemerintah beasiswa bidikmisi. Berikut syarat bidikmisi yang harus dipersiapkan.

  • Siswa SMA/Sederajat yang lulus tahun ini. Boleh juga siswa yang lulus satu tahun sebelumnya.
  • 21 adalah batas umur maksimal bagi calon mahasiswa yang mendaftar beasiswa.
  • Kondisi siswa kurang mampu secara ekonomi. Hal ini perlu dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua setidaknya Rp 3.000.000,00 tiap bulan. Apabila dibagi jumlah anggota keluarga, maka sebesar-besarnya sekitar Rp 750.000,00 tiap bulan.
  • Siswa memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP) .
  • Pendidikan terakhir orang tua maksimal S1.
  • Siswa mempunyai keahlian dan potensi akademik yang bagus. Meski tidak ada syarat nilai, namun usahakan pada tiap semester nilai rapor mengalami peningkatan yang signifikan agar dapat menjadi bahan pertimbangan pihak kampus.
  • Memiliki potensi bidang non-akademik yang bagus. Bisa melampirkan sertifikat kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.
  • Lulus seleksi masuk perguruan tinggi (SNMPTN maupun SBMPTN).

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi

Setelah syarat-syarat terpenuhi dan telah disiapkan, maka selanjutnya melakukan pendaftaran. Terdapat 4 prosedur yang harus dilakukan ketika mendaftar.

  • Calon peserta bidikmisi harus mendaftar ke situs khusus bidikmisi milik kemendikbud.
  • Siswa mengisi berkas dan dokumentasi pada laman pengisian dan pengumpulan yang telah tersedia.
  • Peserta yang lolos seleksi berkas dan dinyatakan memenuhi syarat akan memperoleh Kartu Pendaftaran Bidikmisi.
  • Siswa mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi (SNMPTN maupun SBMPTN). Apabila calon peserta bidikmisi tidak lulus seleksi SNMPTN dapat mendaftar seleksi SBMPTN tanpa dikenakan biaya pendaftaran. Jika lulus masuk perguruan tinggi, maka hanya tinggal menunggu surat edaran dari rektor kampus.

Mengenai tanggal pendaftaran program beasiswa ini dapat dilihat pada laman khusus milik kemendikbud mengenai beasiswa bidikmisi untuk informasi lebih terbaru dan lengkap. Pastikan untuk mempersiapkan berkas jauh-jauh hari dan selalu update informasi terbaru. Apabila terdapat kebingungan dapat berkonsultasi dengan guru BK masing-masing mengenai beasiswa bidikmisi.

Demikian penjelasan mengenai apa itu program beasiswa bidikmisi dan cara mendapat beasiswa bidikmisi. Tentu masih banyak penjelasan lebih detail mengenai prosedur dan cara jitu agar diterima pada program beasiswa ini. Bagi para calon yang tidak lolos tetap tenang karena masih banyak opsi beasiswa lain baik disediakan pemerintah, kampus, perusahaan, atau organisasi lain.