Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Inilah Penjelasan Seputar Augmented Reality vs Virtual Reality Yang Wajib Diketahui




Teknologi augmented reality vs virtual reality saat ini sedang booming di berbagai negara. Hal itu dikarenakan teknologi yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga dunia perindustrian seperti halnya entertainment, gaming, dan pemasaran menggunakan teknologi ini.

Meskipun augmented reality dan juga  virtual reality telah familiar di indra pendengaran masyarakat. Namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui perbedaan dan juga persamaan dari teknologi tersebut. Sebagai pengguna teknologi digital zaman sekarang, seharusnya mengetahui tentang dua teknologi tersebut. 

Pengertian Dari Augmented Reality

Dua teknologi ini memang sangatlah terkenal saat ini. Namun sebelum membahas perbedaan dan juga persamaan antara augmented reality vs virtual reality. Sebagai penikmat dunia digital wajiblah mengetahui definisi dari masing-masing teknologi tersebut. 

Teknologi yang satu ini sering kali disebut dengan AR. Untuk definisinya sendiri yaitu suatu teknologi dalam dunia nyata atau juga realita yang bisa ditambahkan gambar, teks, video, dan lainnya. Misalnya saja story media sosial yang menggambarkan aktivitas pengguna dengan beri keterangan tempat atau juga disisipkan musik.

Selain itu, contoh lain yang menggunakan teknologi augmented reality adalah permainan pokemon go. Game ini menghadirkan binatang digital disekitar manusia dengan menghadirkan ilusi pemain saat menjalankan permainan tersebut. Seakan-akan permainan tersebut memanglah di dunia nyata.

Pengertian Dari Virtual Reality

Sedangkan pengertian dari virtual reality sendiri adalah teknologi yang bisa dinikmati pengguna untuk berinteraksi dengan dunia maya melalui perantara komputer. Misalnya saja seperti pengguna mendengarkan musik menggunakan  headset. 

selain itu, pengguna melakukan zoom meeting dengan bantuan perangkat komputer dan headset untuk menghasilkan suara yang lebih jelas.Teknologi yang sering disebut dengan VR ini lebih banyak dimanfaatkan oleh perindustrian. 

Contohnya saja dalam bidang hiburan, game, pendidikan dan juga science. Bahkan mungkin sebagian orang tidak mengetahui jika para pilot menggunakan teknologi VR ini untuk latihan penerbangan.

Persamaan Antara Augmented Reality vs Virtual Reality

Setelah tadi pengguna mengetahui penjelasan dan juga contoh dari augmented reality vs virtual reality. Pastilah penikmat teknologi digital dapat mengetahui persamaannya. Dimana Letak persamaan kedua teknologi tersebut yaitu memiliki kesamaan berupa kecanggihan dalam teknologi digital.

Dan juga memiliki tujuan  yang sama pula yaitu untuk menghadirkan variasi dan inovasi dari sebuah realita. Kedua teknologi tersebut pastinya akan membuat penggunanya memiliki pengalaman tersendiri dalam pemakaiannya. Serta pemahaman tentang cara menggunakan teknologi ataupun fitur aplikasi yang ada didalamnya.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Selain persamaan tadi, sebenarnya kedua teknologi ini memiliki perbedaan pula. Namun tidak sedikit orang yang mengetahuinya. Semua itu dikarenakan kedua teknologi ini memang sedikit mirip dan juga tampilannya hampir sama. Adapun perbedaan dari augmented reality vs virtual reality adalah sebagai berikut:

1. Segi Definisi

Perbedaan pertama yang bisa pengguna lihat dan ketahui yaitu definisinya atau pengertiannya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi diatas dimana VR lebih memfokuskan teknologi dibagian indra pengguna seperti pendengaran, sentuhan dan juga penglihatan. Sehingga dapat menciptakan ilusi atau khayalan pada penggunanya.

Sedangkan untuk AR itu bisa diartikan dengan teknologi yang digunakan manusia untuk menambahkan efek digital. Seperti menambahkan unsur gambar bergerak, teks, maupun video. Untuk teknologi yang satu ini pengguna bisa menggunakan smartphone atau perangkat lain yang bisa menambahkan efek digital.

2. Segi Perangkat

Augmented Reality vs Virtual Reality juga tampak berbeda dalam segi perangkat atau alat yang digunakan.  Seperti halnya teknologi VR, dimana sebuah benda yang dapat membantu memperjelas pendengaran yang disebut headset. Alat tersebut menjadi sebuah perangkat penting yang harus ada apabila menggunakan teknologi tersebut.

Misalnya saja bermain game atau melakukan zoom meeting. Pastilah dua aktivitas tersebut membutuhkan headset untuk memperjelas pendengaran. Headset tersebut pastinya akan dihubungkan dengan perangkat lain seperti laptop, ponsel, atau komputer.

Sedangkan untuk teknologi AR tidak perlu menyiapkan alat khusus untuk menggunakannya. Misal saja pengguna ingin membuat story Ig tentang kegiatan harian. Maka pengguna cukup menggunakan smartphone saja untuk mengambil gambar atau video kegiatan. Jika sudah barulah pengguna bisa menambahkan unsur digital lainnya sebelum dibagikan.

3. Segi Kedalaman Bermain

Perbedaan terakhir yang harus pengguna ketahui juga adalah tingkat kedalaman bermain dari kedua teknologi tersebut. Dimana bila pengguna menggunakan teknologi VR, maka pengguna akan melupakan dunia nyata dan masuk ke dunia maya. Contohnya saat bermain game online ataupun menonton film. 

Pastilah pengguna akan masuk ke dunia ilusi yang diciptakan oleh film tersebut atau game tersebut. Hal itu dikarenakan pengguna terlalu fokus dan menikmati teknologi VR yang dihasilkan berupa suara dan juga visualnya. Sehingga pengguna melupakan sejenak dunia realita yang ada.

Sedangkan berbeda lagi dengan AR, dimana penggunanya masih melibatkan dunia realita yang ada di sekitar lingkungannya. contohnya saja saat pengguna sedang membuat konten. Dimana pengguna mengambil gambar di sekitarnya dengan menambahkan sedikit unsur teks, suara atau juga gambar yang bisa bergerak. 

Demikianlah penjelasan seputar definisi, persamaan dan juga perbedaan augmented reality vs virtual reality yang bisa pengguna ketahui. Mungkin tampilan dari VR dan juga AR sedikit mirip. Namun kedua teknologi tersebut adalah dua hal yang berbeda dari beberapa aspek.

Sedikit kemiripan itu jugalah yang mungkin tidak banyak orang ketahui perbedaannya. Dan bahkan ada pula pengguna hanya menggunakan tanpa mau tahu akan perbedaan serta penjelasan lainnya mengenai teknologi keduanya tadi.