Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Rekomendasi Contoh Project Based Learning yang Cocok untuk Pembelajaran


Zaman yang semakin berkembang menjadikan model pembelajaran kian variatif dan tidak menjenuhkan. Model pembelajaran yang saat ini cukup banyak digalakkan salah satunya adalah project based learning. Pembahasan berikut akan menguraikan contoh project based learning yang bisa diberikan untuk peserta didik.

Project based learning yang diberikan kepada peserta didik tidak terbatas pada satu atau dua mata pelajaran saja. Model pembelajaran ini fleksibel dan dapat mengasah kreativitas peserta didik. Mereka juga dapat mengasah kemampuan kerjasama di dalam tim. Berikut uraian lengkap mengenai definisi, tujuan, dan contohnya.

Definisi dari Project Based Learning

Definisi secara ringkas yaitu project based learning mengutamakan adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Peserta didik diberi kebebasan untuk merumuskan alternatif penyelesaian atas permasalahan yang berkaitan dengan topik tertentu. Model ini akan mendorong peserta didik dalam mengembangkan kekritisan berpikir dan kolaborasi dengan teman sebaya.

Kebutuhan peserta didik atas materi menjadi terpenuhi dengan proyek yang dilakukan dengan teman sekelasnya. Keingintahuan dan seluruh kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik dapat disalurkan lewat proyek yang diberikan. Maka, kemampuan problem solving peserta didik akan senantiasa terasah.

Tujuan dari Project Based Learning

Project based learning dibuat tentu menyimpan maksud atau tujuan tertentu. Tujuan yang ingin dicapai dari project based learning antara lain ialah sebagai berikut:

  • Melatih peserta didik untuk bersikap proaktif terhadap penyelesaian suatu masalah tertentu.
  • Mengasah kemampuan dari peserta didik dalam penguraian suatu masalah yang ada di ruang belajar.
  • Meningkatkan partisipasi dan keaktifan peserta didik dalam penyelesaian masalah tertentu hingga didapatkan solusi dan hasil yang nyata.
  • Mengasah keterampilan dari peserta didik dalam mengoptimalkan fungsi dari bahan dan alat pembelajaran di kelas.
  • Melatih sikap kolaboratif di antara peserta didik.

Beberapa Contoh Project Based Learning yang Bisa Diterapkan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa project based learning tidak terbatas pada satu mata pelajaran saja. Berikut ini beberapa contoh project based learning berdasarkan mata pelajaran:

1. Matematika

Kesan yang dimiliki mata pelajaran matematika adalah rumit. Kesan tersebut dapat diubah dengan project based learning. Model ini akan menunjukkan bagaimana pengaplikasian materi dalam mata pelajaran matematika di kehidupan sehari-hari. Uraian contoh project based learning matematika di antaranya:

a. Pembuatan Bangunan

Peserta didik yang sedang mendapatkan materi tentang bangun ruang bisa diberikan proyek berupa pendesainan dan pembuatan bangun datar ataupun ruang. Aplikasi yang dapat membantu peserta didik dalam proyek ini tersedia di Google Playstore ataupun Appstore. Alat yang lebih sederhana bisa dengan pensil dan kertas gambar.

b. Proyek Pembuatan Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Proyek pembuatan jadwal kegiatan ini dapat digunakan ketika peserta didik sudah belajar mengenai materi aljabar. Guru dapat memberikan proyek ini dengan cara meminta peserta didik untuk menghitung berapa waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Variabel jarak juga bisa dijadikan sebagai variabel bebas.

2. Sains

Mata pelajaran berbau sains biasanya tidak jauh dari hafalan. Peserta didik mungkin akan jenuh jika terus menghafal materi, sehingga diperlukan proyek agar mereka lebih mudah memahami materi. Berikut ini contoh dari project based learning mata pelajaran sains:

a. Pembedahan Struktur Tumbuhan

Proyek pembedahan tumbuhan berfungsi untuk mengetahui struktur dari tumbuhan tersebut. Kegiatan ini akan memudahkan peserta didik dalam mengenali dan menganalisis struktur suatu tumbuhan. Bagian yang bisa dibedah antara lain bunga dan batang. Pembedahan tumbuhan tergolong dalam proyek yang sederhana dan mudah.

b. Proyek Setrika Uap

Project based learning sains bisa menggunakan proyek setrika uap untuk menjelaskan mengenai energi panas. Mata pelajaran fisika akan lebih mudah dipahami dengan bantuan alat setrika uap. Peserta didik dapat melakukan percobaan perubahan energi panas dari setrika uap menjadi energi bentuk lain.

3. Sosial

Bukan hanya mata pelajaran eksak saja yang dapat menggunakan project based learning sebagai variasi model pembelajaran. Mata pelajaran sosial juga dapat menerapkan model ini. Berikut adalah ulasan contoh project based learning mata pelajaran sosial.

a. Proyek Berdonasi

Pelajaran berbau sosial erat kaitannya dengan melatih empati dan kepedulian terhadap sesama. Guru dapat memberikan proyek berupa berdonasi barang-barang milik peserta didik yang masih layak pakai. Proyek ini diharapkan mampu untuk melatih rasa kepedulian terhadap manusia lain yang membutuhkan bantuan.

b. Proyek Penggalangan Dana

Contoh lain dari project based learning untuk mata pelajaran sosial adalah mengadakan penggalangan dana. Hasil dari penggalangan dana dapat diberikan kepada teman-teman yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Misalnya, teman-teman yang kehilangan orang tuanya sehingga kesulitan untuk memperoleh penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Bahasa

Mata pelajaran bahasa juga dapat mengaplikasikan project based learning. Berikut ini beberapa rekomendasi mengenai contoh project based learning dalam bidang bahasa antara lain.

a. Proyek Membuat dan Menuliskan Opini

Opini adalah pendapat yang sifatnya subjektif. Proyek membuat dan menuliskan opini dapat melatih peserta didik untuk berpikir secara mendalam dan menganalisis suatu permasalahan. Proyek ini dapat diberikan baik di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Tujuannya adalah mengasah kemampuan menulis atau writing.

b. Proyek Menonton Film

Film adalah hiburan berupa audio visual. Proyek menonton film akan cenderung disukai peserta didik karena tidak memberatkan. Setelah peserta didik selesai menonton film, guru dapat menanyakan terkait karakterisasi tokoh, alur cerita, serta pesan moral yang tersimpan di dalam film tersebut.

Demikian ulasan tentang contoh project based learning yang dapat diterapkan kepada peserta didik. Sejatinya, model pembelajaran project based learning tidak hanya melatih kekritisan dan kreativitas peserta didik, tetapi juga guru selaku pendidik. Guru akan menjadi lebih tergerak dalam membangun lingkungan belajar yang menyenangkan.