Table of Content

Belajar Hlookup dan Vlookup serta Istilah-istilah Penting

Pada MS Excel ini terkenal dengan rumus-rumusnya yang banyak salah satunya hlookup dan vlookup. Dalam tulisan ini akan belajar hlookup dan vlookup!


Dunia kerja saat ini banyak membutuhkan komponen yang ada di komputer salah satunya adalah Microsoft Excel. Pada MS Excel ini terkenal dengan rumus-rumusnya yang banyak salah satunya hlookup dan vlookup. Dalam tulisan di bawah akan belajar hlookup dan vlookup untuk referensi.

Sebelum di dunia kerja, biasanya rumus hlookup serta vlookup juga sudah dipelajari di jenjang sekolah. Dengan menggunakan rumus tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam mengisi dan memasukkan data. Selain itu, masih banyak fungsi yang bisa didapatkan pengguna.

Apa Itu Rumus Vlookup dan Hlookup?

Bagi pemula mungkin belum paham mengenai pengertian dari Vlookup dan Hlookup. Pada pembahasan kali ini calon pengguna akan belajar hlookup dan vlookup serta rumus-rumusnya. Vlookup dan hlookup, suatu rumus untuk mencari suatu nilai tertentu pada sumber data.

Fungsi dari vlookup dan hlookup sendiri dipakai untuk membaca data yang telah tersedia baik secara horizontal maupun vertikal. Rincinya, vlookup dipakai menemukan data secara tegak atau menurun. Sedangkan hlookup dipakai untuk menemukan data secara datar atau horizontal.

Saat belajar hlookup dan vlookup ada beberapa istilah yang wajib diketahui oleh seseorang. Istilah-istilah tersebut biasanya sudah termasuk dalam rumus. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa istilah dan rumus penting yang wajib dipahami seseorang sebelum mengoperasikan hlookup dan vlookup:

  • Huruf V yang ada di vlookup berarti vertikal atau ke bawah.
  • Huruf H yang ada pada hlookup menandakan ke samping atau horizontal.
  • Lookup_value di fungsi vlookup dan hlookup menandakan bahwa cell dapat dijadikan kata kunci dalam mencari data penting.
  • Col_index_num dalam fungsi vlookup menandakan urutan pada kolom dimana bisa dilihat hasilnya. Pada kolom tersebut dapat diisi angka, misalnya A B C dan sebagainya. Penempatannya harus urut dari sebelah kanan lanjut ke kiri.
  • Table_array dalam fungsi hlookup serta vlookup menunjukkan sumber data sesuai dengan lookup value.
  • Row_index_num pada fungsi hlookup menunjukkan urutan baris yang nantinya akan dilihat hasil akhirnya. Biasanya rumus ini diisi angka, 1, 2, 3, dan seterusnya ke bawah.
  • Range_lookup dalam fungsi hlookup serta vlookup untuk menunjukkan argumen yang didefinisikan.

Rumus Vlookup dan Hlookup saat Beda Sheet

Setelah belajar hlookup dan vlookup tentang istilah-istilah dan fungsi sederhana, saatnya untuk mengetahui rumus vlookup dan hlookup pada sheet. Selain belajar rumus, kali ini juga akan mengetahui cara menggunakan vlookup dan hlookup untuk pencarian data. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya:

  • Buka Ms Excel terlebih dahulu.
  • Buat atau tampilkan sumber data pada sheet yang berbeda misalnya sheet 2.
  • Pengguna bisa menggunakan fungsi atau rumus vlookup atau hlookup pada sheet 1 atau lembar pelanggan. Dalam hal ini, seseorang akan menggunakan rumus hlookup serta vlookup untuk menyajikan data pelanggan, diantaranya nama, domisili, dan waktu pengiriman.
  • Pada sheet 1 atau lembar pelanggan, pilih C2 atau bagian bawah heading nama pelanggan. Masukkan fungsi vlookup yang berbeda sheet. Jangan lupa gunakan tanda “sama dengan”.
  • Gunakan tanda “(“ untuk menambahkan formula.
  • Pengguna dapat berpindah ke sheet 2 atau data pelanggan. Pilih data yang diinginkan. Data tersebut masuk ke table_array yang akan dimasukkan ke fungsi vlookup dan hlookup.

Uraian di atas merupakan salah satu langkah awal untuk memahami tentang hlookup dan vlookup yang dapat dicontoh. Cara di atas bisa disesuaikan dengan data yang telah tersedia. Seseorang juga bisa memodifikasi berbagai bentuk tabel menggunakan rumus fungsi vlookup dan hlookup.

4 Perbedaan Rumus Vlookup serta Hlookup

Kali ini pengguna Ms Excel akan memahami hlookup dan vlookup tentang perbedaannya yang lebih rinci. Apa saja, sih perbedaanya kedua fungsi tersebut? Untuk lebih detailnya, berikut ini ada 4 perbedaan antara hlookup dan vlookup yang bisa digunakan referensi bagi pengguna Ms Excel:

  • Dilihat dari namanya, hlookup berarti horizontal yang artinya pengguna dapat mencari data pada tabel yang berbentuk lurus atau horizontal. Sebaliknya, vlookup berguna untuk mencari suatu data pada tabel tegak atau berbentuk vertikal.
  • Dengan menggunakan rumus vlookup, pengguna dapat mencari nilai dalam kolom pada bagian paling kiri. Selain itu juga dapat mengembalikan nilai yang berdekatan di kolom. Sebaliknya, hlookup bisa mencari nilai dalam baris bagian kanan dan mengembalikan nilai dari baris lain.
  • Data yang digunakan oleh rumus vlookup yakni dari banyaknya kolom karena pada dasarnya bentuk vlookup adalah vertikal. Sebaliknya, data yang digunakan pada fungsi hlookup adalah dari banyaknya baris karena hlookup memiliki bentuk horizontal. Mudah sekali bukan?
  • Rumus dari kedua fungsi ini tentunya berbeda. Beberapa rumus vlookup yakni ada table_array, lookup_value dan lain sebagainya. Sedangkan rumus dari fungsi hlookup yakni row_index_num dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya masih ada banyak perbedaan dari kedua fungsi tersebut. Namun, perbedaan tersebut tentunya tidak berbeda karena pada dasarnya kedua fungsi tersebut masih satu kesatuan. Dengan memahami perbedaan tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam menerapkannya dalam Ms Excel.

Selain perbedaan, seseorang perlu belajar hlookup dan vlookup tentang kesamaannya. Namun, kemungkinan besar pengguna sudah tau mengenai persamaannya. Persamaan tersebut diantaranya bisa mengetahui atau mencermati data. Selain itu vlookup dan hlookup juga berperan untuk menspesifikasikan data.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui dalam belajar hlookup dan vlookup untuk referensi pengguna. Ada baiknya setelah memahami istilah-istilah dan rumus, pengguna diharapkan bisa menerapkannya di Ms Excel. Dengan begitu pemahaman pengguna akan semakin jelas dan bisa langsung digunakan. Selamat mencoba.



Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar