Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Materi Calistung Kelas 1 Untuk Sekolah Dasar


Pendidikan dasar merupakan tingkatan dasar dari pendidikan di Indonesia. Dalam tingkatan ini siswa akan diajarkan materi yang menjadi dasar berbagai bidang ilmu yang akan dipelajari di tingkatan selanjutnya. Materi calistung kelas 1 menjadi materi dasar yang penting.

Materi calistung merupakan materi pembelajaran yang bertujuan mengajarkan membaca, menulis dan juga berhitung. Pada tingkatan awal sekolah dasar, materi calistung dimulai dengan pembelajaran mengenai pengenalan huruf dan angka. Berikut penjelasan mengenai materi calistung kelas 1 untuk sekolah dasar antara lain:

Materi Calistung Dalam Hal Membaca

Sub materi calistung kelas 1 pertama adalah membaca. Dalam pembelajaran membaca dimulai dari pengenalan huruf (Abjad). Setelah mengenal huruf kemudian menyusun huruf kata sederhana dengan merangkai suku kata, hingga ke pengenalan kalimat.

1. Mengenal Huruf (Abjad)

Materi pertama dalam pembelajaran membaca adalah mengetahui dan menghafal huruf yang ada dalam daftar abjad. Abjad dalam Bahasa Indonesia ada 26 huruf yang merupakan unsur pembentuk kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya pengenalan huruf dalam abjad, guru juga harus memberitahu siswa bahwa ada yang namanya huruf besar dan huruf kecil. Kemudian guru membimbing siswa kelas 1 untuk dapat membedakan mana huruf besar mana huruf kecil.

2. Mengenalkan Kata Sederhana Dengan Merangkai Suku Kata

Setelah siswa mengenal dan menghafal huruf dalam abjad, materi selanjutnya yang diajarkan adalah menyusun huruf menjadi suku kata. Kemudian suku kata yang terbentuk disusun membentuk kata sederhana. Contohnya: suku kata WI dan NA menjadi kata WINA.

Dengan memperbanyak latihan membuat suku kata kemudian suku kata disusun menjadi sebuah kata siswa akan semakin terbiasa dan dapat membentuk banyak kata dengan mudah. Dengan demikian akan banyak perbendaharaan pengetahuan tentang huruf dan kata yang dimiliki siswa.

3. Mengenal Kalimat

Materi berikutnya setelah materi menyusun kata adalah mengenalkan bentuk kalimat kepada siswa. Kalimat disusun dengan menyatukan beberapa kata dimana kata yang disusun harus mempunyai makna.

Latihan yang diberikan kepada siswa bisa dilakukan dengan membentuk kalimat dari susunan kata-kata. Kemudian guru juga bisa menuliskan kalimat sederhana yang belum lengkap untuk kemudian dilengkapi siswa.

Materi Calistung Dalam Hal Menulis

Selain membaca, materi calistung juga berisi materi menulis. Dalam materi ini siswa dapat menuangkan hasil belajarnya dari materi membaca ke dalam sebuah tulisan. Berikut penjelasan mengenai materi calistung kelas 1 dalam hal menulis antara lain:

1. Menulis Huruf

Selain bisa membaca dan mengenal huruf abjad, penting juga bagi siswa untuk pandai menulis huruf-huruf. Oleh karena itu materi menulis huruf masuk ke dalam materi calistung kelas 1 untuk sekolah dasar.

Latihan yang diberikan kepada siswa bisa dengan menggunakan buku kotak. Guru bisa menuliskan huruf di baris pertama untuk kemudian diikuti siswa di baris berikutnya. Banyak berlatih seperti itu akan membuat tulisan siswa akan menjadi rapi dan indah.

2. Menulis Kata Dan Kalimat

Setelah menulis huruf satu persatu kemudian siswa juga akan belajar menulis huruf dalam bentuk kata dan kalimat. Materi ini merupakan lanjutan dari materi menulis huruf dimana pada materi ini siswa akan belajar menulis satu huruf namun satu kata bahkan kalimat.

Jika pembelajaran sudah sampai materi ini siswa dapat semakin melatih kemampuan membaca dan menulisnya. Guru juga bisa sesekali melatih siswa dengan metode dikte yaitu guru menyebutkan kata-kata dan siswa menuliskan kata yang disebutkan guru.

Materi Calistung Dalam Hal Berhitung

Materi calistung yang ketiga adalah berhitung. Jika pada membaca dan menulis berfokus pada huruf maka materi calistung dalam hal berhitung akan fokus kepada angka. Berikut penjelasan calistung dalam hal berhitung antara lain:

1. Mengenal Angka

Jika pada materi membaca dan menulis yang materi awalnya mengenal huruf, maka dalam materi berhitung pembelajaran awalnya adalah mengenal angka. Mengenal angka dimulai dengan mengenal sepuluh angka dasar yakni angka 1 – 10.

Dari sepuluh angka tersebut kemudian akan dapat dibentuk angka lainnya sampai tak terhingga. Pada materi ini siswa juga akan dilatih menuliskan angka-angka karena selain pengetahuan, keterampilan menuliskan angka juga sangat penting dilatih.

2. Penjumlahan Sederhana

Dalam materi berhitung tentunya ada operasi hitung yang akan dipelajari oleh siswa kelas 1. Operasi hitung yang pertama akan dipelajari siswa adalah materi penjumlahan sederhana.

Penjumlahan kelas 1 masih sederhana karena disesuaikan dengan siswa yang masih dalam tingkatan kelas 1 sekolah dasar. Penjumlahan dasar atau sederhana yang diajarkan di kelas 1 masih penjumlahan yang angkanya terdiri atas 1 angka. Misalnya 1 + 1 = 2.

3. Pengurangan Sederhana

Selain penjumlahan operasi hitung lain yang juga dipelajari di kelas 1 adalah pengurangan yang juga sederhana. Tidak jauh berbeda dengan penjumlahan sederhana, pada pengurangan sederhana angka yang dikurangkan juga masih angka yang kecil belum sampai ratusan atau ribuan.

Penjumlahan yang lebih tinggi diajarkan di tingkatan yang lebih tinggi. Operasi yang dipelajari di kelas 1 sekolah dasar masih penjumlahan dan pengurangan. Untuk operasi yang tingkatan lebih tinggi dilanjutkan di kelas berikutnya. Contoh pengurangan sederhana yaitu 4 – 2 = 2.

Dari penjelasan mengenai materi calistung kelas 1 yang telah dibahas dapat diketahui bahwa mengenal dan menghafal huruf dan angka menjadi dasar dari pembelajaran membaca, menulis, juga berhitung. Tanpa mengenal huruf dan angka tidak mungkin siswa bisa belajar dan pandai calistung.

Demikian pembahasan mengenai materi yang menjadi dasar siswa untuk memiliki kemampuan membaca, kemampuan menulis, serta kemampuan berhitung. Dalam memberi pengajaran kepada siswa kelas 1 sekolah dasar penting bagi guru untuk mengajarkannya dengan sabar hingga siswa mengerti.