Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

6 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Pariwisata di Indonesia


Cari tahu universitas yang ada jurusan pariwisata apa saja dan dimana lokasinya. Berkembangnya bidang pariwisata di berbagai dunia, termasuk Indonesia, membuat jurusan pariwisata mulai menunjukkan giginya. Indonesia terkenal akan pariwisatanya yang indah dan patut diperhitungkan untuk dikunjungi para wisatawan.

Banyaknya kekayaan alam dan budaya membuat sektor ini terus berkembang, sehingga turut mempengaruhi dunia pendidikan. Mengapa? Sebab, melalui institusi pendidikan jurusan pariwisata diharapkan mampu menciptakan tenaga ahli dari bidang tersebut. Lantas, apa yang dipelajari serta universitas mana yang menyediakan jurusan tersebut?

Tentang Jurusan Pariwisata

Bagi yang menyukai jalan-jalan, bisa sekali berkarir di bidang ini dengan mengambil jurusan pariwisata di perkuliahan. Berdasarkan nama jurusannya, tentu sudah mengetahui materi apa yang akan dipelajari pada jurusan tersebut. Pastinya tidak akan jauh dan erat sekali kaitannya dengan dunia pariwisata.

Umumnya, mata kuliah yang akan didapatkan yaitu ekonomi pariwisata, manajemen tur dan travel, manajemen destinasi wisata, public relation, bahkan perhotelan. Di awal semester akan diberikan materi dasar terkait dengan ilmu dasar pariwisata hingga di semester lanjutan lebih mendalami seluk beluknya.

Tentu di tiap kampus meski jurusan sama tetapi mata kuliahnya ada perbedaan, namun biasanya perbedaan itu tidak terpaut jauh. Pada jurusan ini juga akan diberikan tambahan mata kuliah bahasa asing untuk menunjang karir di bidang tersebut.

Universitas dengan Jurusan Pariwisata

Setelah mengetahui sedikit tentang jurusan pariwisata, kini ketahui daftar universitas yang ada jurusan pariwisata dimana saja. Mana tahu bisa menjadi referensi untuk pendidikan di perkuliahan. Berikut ini daftar pilihannya:

1. Universitas Airlangga

Salah satu universitas yang ada jurusan pariwisata yaitu Universitas Airlangga. Universitas PTN yang dikenal dengan sebutan UNAIR ini, berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Sayangnya, di UNAIR jurusan pariwisata hanya tersedia Program Studi D3 Pariwisata. Oleh karenanya, termasuk dalam Fakultas Vokasi.

Meskipun hanya tersedia Program Vokasi, jurusan pariwisata UNAIR patut diperhitungkan, sebab jurusan tersebut telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Melalui program studi ini, UNAIR berharap mampu menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan wirausaha serta keterampilan teknis pada bidang pariwisata.

2. Universitas Gadjah Mada

Ternyata, Universitas Gadjah Mada yang berlokasi di Yogyakarta merupakan PTN pertama yang meluncurkan jurusan pariwisata dengan jenjang program pendidikan yang beragam. Terdapat program studi D3 Pariwisata, S1 Pariwisata, S2 Kajian Pariwisata, serta S3 Kajian Pariwisata.

Program Studi D3 Pariwisata memperoleh status akreditasi B dari BAN-PT. Sementara untuk jenjang S1, S2, dan S3 jurusan Pariwisata UGM memperoleh akreditasi A. Lengkap dan jaminan akreditasi yang bagus, bisa menjadikan jurusan pariwisata universitas ini sebagai pilihan.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Salah satu institusi pendidikan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang berada di Jakarta juga bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1. Telah mendirikan sejak tahun 2018 Program Studi Sarjana Hospitality dan Pariwisata dan mengantongi kelayakan status dari BAN-PT dengan akreditasi A.

Oleh karenanya, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti tidak diragukan sebagai pilihan pendidikan pariwisata. Tentunya, lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti mampu menanamkan jiwa kepemimpinan serta memahami konsep dan analisis yang baik terhadap bidang tersebut.

4. Universitas Indonesia

Tidak tertinggal dengan Universitas Indonesia yang juga memiliki jurusan pariwisata. Akan tetapi, sama halnya dengan Universitas Airlangga, jurusan tersebut masuk ke dalam Program Vokasi UI. Sebab, jenjang pendidikan yang tersedia untuk jurusan tersebut yakni Program Studi D3 Pariwisata.

Demi menunjang proses belajar program studi ini, Universitas Indonesia dan Association of The Indonesian Tours & Travels Agencies melakukan kolaborasi. Itu merupakan salah satu lembaga yang mewadahi para pelaku usaha yang bergerak di sektor jasa perjalanan wisata yang ada di Indonesia.

5. Universitas Udayana

Provinsi Bali sudah tidak asing akan pariwisatanya yang menarik dan mampu memikat para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Tak hanya destinasi wisatanya yang bagus, Bali juga menyediakan sarana institusi pendidikan untuk jurusan pariwisata melalui Universitas Udayana.

Menariknya, Universitas Udayana tersedia 4 Program Studi Pariwisata dengan jenjang yang berbeda. Mulai dari Program Studi D4 Pariwisata, S1 Destinasi Wisata, S2 Kajian Pariwisata, dani S3 Pariwisata. Ke empat program studi tersebut telah memenuhi Akreditasi A BAN-PT.

6. Universitas Brawijaya

Selain beberapa pilihan di atas, Universitas Brawijaya juga bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan dengan jurusan pariwisata. Kampus yang terletak di Malang, Jawa Timur telah mengantongi akreditasi A untuk Program Studi S1 Pariwisata.

Jurusan yang telah hadir sejak tahun 2011 ini, membuka peluang untuk lulusan SMA, SMK, bahkan lulusan Paket C untuk mendaftarkan dirinya. Lulusan dari jurusan pariwisata, tentu diharapkan bisa berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan sosial serta bersaing di sektor pariwisata.

Itulah sekilas mengenai program studi pariwisata serta daftar universitas yang ada jurusan pariwisata di Indonesia. Apabila berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi perkuliahan dengan jurusan tersebut, maka bisa mempertimbangkan beberapa pilihan di atas.