Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

2 Cara Menyambungkan WiFi ke Set Top Box Tanpa Dongle, Ternyata Mudah!

cara menyambungkan wifi ke set top box tanpa dongle


Set top box seringkali disambungkan dengan bantuan dongle. Namun sekarang, cara menyambungkan WiFi ke set top box tanpa dongle sudah bisa diterapkan dengan beberapa metode. Dengan demikian, prosesnya menjadi lebih mudah.

Ada dua pilihan metode yang bisa dimanfaatkan. Setiap metode akan dijelaskan satu per satu pada artikel ini agar mudah dipahami. Jika penasaran dengan detailnya, maka simak susunan proses yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

1. Menggunakan Kabel USB to LAN

Opsi pertama yang bisa dijalankan adalah dengan memakai kabel USB to LAN. Alat ini sering dimanfaatkan untuk menggantikan dongle selama proses pemanfaatan set top box. Caranya sendiri juga tidak terlalu sulit bahkan bagi orang awam.

Cara yang satu ini akan pas untuk dimanfaatkan pengguna WiFi berlangganan yang memakai router atau modem. Umumnya, router yang dipakai akan menyediakan port LAN sehingga penggunaan USB to LAN akan sangat cocok.

Prosesnya sendiri relatif standar dengan beberapa tahapan berbeda. Penasaran bagaimana susunan proses yang bisa dijalankan? Jika ingin tahu susunannya, maka simak susunan cara yang ada di bawah ini secara menyeluruh: 

  • Pertama, siapkan dulu kabel USB to LAN yang dimiliki. Alat ini harus ada, karena jika tidak maka prosesnya tidak akan berjalan.

  • Setelah kabel USB siap, maka cek juga kabel LAN yang satu set dengan router. Jika tidak ada, maka siapkan terlebih dahulu.

  • Saat semua kabelnya tersedia, maka pencet tombol "Menu" yang ada di set top box.

  • Kemudian pilih opsi "WiFi atau Jaringan" untuk melanjutkannya. Sesuaikan juga dengan jenis set top box yang dipakai.

  • Lalu sambungkan kabel USB to LAN ke port yang ada di set top box-nya.

  • Masukkan juga kabel LAN dari router atau jenis lain yang dimanfaatkan.

  • Nantinya, sistem akan menjalankan proses. Apabila status "Alat" di bagian "pengaturan Jaringan" sudah menunjukkan opsi "Wired-1", maka prosesnya berhasil.

Apabila menggunakan cara ini, maka koneksinya akan lebih stabil. Jika dibandingkan dengan penggunaan dongle, maka pemakaian USB to LAN akan lebih mudah. Selain itu, prosesnya tidak harus dicabut pasang berkali-kali.

Pengguna awam juga tidak akan kesulitan karena tidak ada langkah konfigurasi apapun. Hal ini akan berbeda dengan pemanfaatan dongle yang terbilang lebih rumit, dengan beberapa pengaturan lain yang akan membingungkan.

2. Menggunakan USB Tethering

Selain cara menyambungkan WiFi ke set top box tanpa dongle dengan USB to LAN, proses lain yang bisa diikuti adalah dengan USB tethering. Banyak yang memanfaatkan cara ini karena sudah termasuk umum dan tidak sulit.

Tahapannya juga tidak lebih rumit dari cara pertama sehingga mudah diaplikasikan. Apabila memakai cara ini, maka prosesnya bisa lebih cepat. Namun sayangnya, ponsel akan sulit digunakan karena umumnya kabel USB ponsel pendek.

Meski demikian, alternatif ini bisa dijadikan pilihan yang tidak akan merugikan. Asal semua prosesnya dijalankan secara terstruktur dan sistematis, maka rangkaian prosesnya tidak akan ada hambatan. Inilah susunan langkahnya:

  • Pada tahapan awal, cek dulu kuota internet yang dimiliki. Kuota internet yang dipakai harus mencukupi sampai prosesnya selesai.

  • Kemudian, siapkan kabel USB ponsel dan set top box yang dimiliki.

  • Lanjutkan proses dengan memencet tombol "Menu" yang ada di set top box agar bisa masuk ke bagian fitur.

  • Setelah itu, pilih opsi "WiFi atau Jaringan" dan pilih jenis sesuai set top box-nya.

  • Apabila sudah diatur, maka sambungkan kabel USB ponsel dengan port USB yang ada di set top box.

  • Akses menu "Pengaturan" di ponsel dan masuk ke bagian "Jaringan atau Konektivitas".

  • Lalu cari "Penambatan USB" yang ada di jajarannya. Opsi ini ada di bagian agak bawah sehingga harus dicari dengan teliti.

  • Agar bisa aktif, maka geser tombolnya ke bagian samping sampai berubah warna.

  • Nantinya sistem akan memulai proses dan jaringan akan langsung berubah.

Semua cara menyambungkan WiFi ke set top box tanpa dongle yang sudah dipaparkan ini bisa langsung diikuti. Manfaatkan cara yang paling pas sesuai dengan kebutuhan. Setiap caranya akan mengarahkan pada hasil terbaik asal dijalankan menyeluruh.