Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

6 Pendidikan Terbaik Di Dunia

Ikatan Cendikia - Pendidikan Terbaik Di Dunia | Pendidikan memiliki peran signifikan dalam membentuk manusia yang berkualitas dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di suatu negara. 

Menurut hasil survei Ipsos, 33% dari responden global berpendapat bahwa kualitas pendidikan di negara mereka sudah memadai, sementara 36% lainnya menyatakan sebaliknya. Dalam konteks Indonesia, survei Ipsos menempatkan negara ini sebagai peringkat ke-5 di dunia dalam hal kualitas pendidikan, dengan 53% responden Indonesia memberikan penilaian positif.

Singapura menduduki peringkat pertama dengan 75% responden yang menyatakan bahwa kualitas pendidikan di negara mereka sudah baik. Irlandia dan Australia masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan persentase 63% dan 57% dari responden yang menilai positif.

Selain Indonesia, beberapa negara lain seperti India, Kanada, Inggris, Thailand, Amerika Serikat, dan Belanda juga dianggap memiliki kualitas pendidikan yang baik, sebagaimana terlihat dalam grafik survei.  

Di sisi lain, Hungaria dianggap memiliki kualitas pendidikan terendah di dunia, dengan hanya 8% responden memberikan penilaian positif. Peru dan Chili menyusul dengan masing-masing 10% dan 11%.

Survei ini melibatkan 23.248 responden dari 29 negara selama periode 23 Juni-7 Juli 2023. Di Indonesia, responden yang diikutsertakan berusia antara 21-74 tahun.

Pendidikan Terbaik Di Dunia

6, Pendidikan, Terbaik, Di, Dunia

gambar: pixabay

1. Finlandia

Negara Finlandia diakui sebagai salah satu negara Skandinavia dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Menurut PISA (Programme for International Assessment), generasi muda Finlandia menunjukkan tingkat kemampuan membaca yang tinggi, menjadikannya sebagai generasi literat.

Berbeda dengan Indonesia, di Finlandia, waktu yang dihabiskan untuk kegiatan sekolah hanya 5 jam sehari. Selain durasi pendek tersebut, siswa-siswa Finlandia tidak diberi beban tugas rumah yang berlebihan.

Selain itu, Finlandia juga memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, memungkinkan setiap murid untuk mengeksplorasi dan mengembangkan hobi serta bakat individu mereka.

Dilansir dari situs fmipa.unj.ac.id, Finlandia adalah satu-satunya negara di dunia di mana siswanya memiliki tingkat literasi yang tinggi dan harapan hidup yang baik. Keberhasilan ini dapat diatribusikan pada keseimbangan yang baik antara kehidupan sekolah dan aktivitas harian di Finlandia.

2. Amerika Serikat

Menurut informasi dari akun Instagram @titiknolenglish, sistem pendidikan di Amerika Serikat dikenal karena pendekatannya yang praktis dan penyediaan beragam opsi pendidikan bagi pelajar internasional. Amerika Serikat sering dijadikan sebagai tolok ukur kurikulum pendidikan oleh banyak negara karena kualitasnya yang terkenal.

Menurut National Center for Education, sebanyak 70 persen lulusan SMA di Amerika Serikat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Selain itu, tiga universitas terbaik di dunia, yaitu MIT, Universitas Harvard, dan Universitas Stanford, berada di negara ini.

Keunggulan dari sistem pendidikan di Amerika di antaranya adalah para Mahasiswa memiliki kebebasan untuk menetapkan jadwal kuliah mereka sendiri dan memilih mata kuliah sesuai minat.

Selain itu, mereka dapat mengambil mata kuliah dari berbagai program studi yang berbeda. Salah satu keunggulan lainnya terletak pada pengembangan soft skill.

3. United Kingdom

Inggris adalah negara lain yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini memiliki sejumlah universitas terkemuka dan berprestasi tinggi. Gelar dan program pendidikan dari Inggris umumnya diakui dan dihargai secara global.

Secara keseluruhan, durasi pendidikan dasar di Inggris setara dengan di Indonesia, yakni selama 6 tahun. Setelah menyelesaikan Sekolah Dasar (Primary Education), siswa melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah (Secondary Education) dengan durasi selama 4 tahun.

Dalam berbagai sistem peringkat global dan kriteria bidang studi, Inggris memperoleh peringkat yang sangat tinggi dalam hal kualitas pendidikan, kepuasan siswa, dan reputasi global.

4. Australia

Australia terkenal dengan kualitas pendidikan yang sangat baik dan berorientasi profesional. Siswa di Australia tidak diberi beban dengan mata pelajaran yang tidak relevan dengan jenjang karier mereka. Di tingkat SMA, siswa hanya diwajibkan mengambil 6 hingga 7 mata pelajaran setiap semester, yang harus dipilih sesuai dengan rencana kelulusan mereka.

Secara keseluruhan, durasi pendidikan dasar dan menengah di Australia setara dengan di Indonesia, yakni selama 12 tahun. Wajib belajar di Australia berlangsung hingga kelas 10, sementara kelas 11 dan 12 disebut sebagai tingkat Senior Secondary.

5. Swedia

Pendekatan pendidikan di Swedia memberikan penekanan pada kerja kelompok, membedakannya dari sistem pendidikan di negara lain. Di Swedia, sistem pendidikan lebih fokus pada pengembangan minat akademik daripada pencapaian nilai.

Di Swedia, untuk anak-anak yang lebih muda, jam sekolah umumnya berlangsung dari pukul 08.30 hingga 14.30. Sementara itu, siswa yang lebih tua biasanya memulai kegiatan sekolah pada pukul 08.30 dan mengakhiri sekitar pukul 15.00 atau 16.00.

6. China

China, sebuah negara yang terletak di Asia Timur, dikenal memiliki kualitas pendidikan yang setara dengan negara-negara di dunia Barat. Sistem pendidikan di China dirancang untuk membentuk individu yang memiliki kecakapan baik secara intelektual maupun fisik, memungkinkan setiap siswa untuk menjadi profesional di bidangnya masing-masing.