Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

11 Daftar Kampus Negeri Di Bandung

Ikatan Cendikia | Daftar Kampus Negeri Di Bandung | Wow, pendaftaran mahasiswa baru sudah semakin dekat. Bandung adalah salah satu pilihan favorit untuk menimba ilmu. Di sini, kamu bisa menemukan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berkualitas dengan beragam program studi. Dalam artikel ini, terdapat 11 kampus negeri di Bandung yang layak dipertimbangkan. Ayo, mari kita lihat daftarnya! 

Daftar Kampus Negeri Di Bandung 

11, Daftar, Kampus Negeri, Di Bandung


1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

ITB adalah kampus terbaik nomor 4 di Indonesia. ITB adalah kampus tertua di Indonesia bidang teknik, ITB kini hadir dengan 12 fakultas dari berbagai program studi yang berfokus pada bidang sains, teknik rekayasa, bidang seni, bidang bisnis, dan juga manajemen. ITB telah berdiri sejak tahun 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandung (TH). 

ITB memiliki 3 kampus di Bandung, Jatinangor, dan Cirebon. Namun, kegiatan pembelajaran untuk jenjang S1 lebih banyak dilakukan di Kampus Ganesha yang terletak di Jl. Ganesa nomor 10 kota Bandung dan Kampus 2 di Jatinangor Jalan LetJen Purn. Dr. (HC). Mashudi No. 1, Sumedang. 

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 

Seperti Jakarta yang memiliki UNJ, Bandung memiliki UPI sebagai pelopor pendidikan tinggi. Awalnya, UPI merupakan bagian dari Fakultas Pendidikan di UNPAD. Namun, pada tahun 1999, UPI memisahkan diri menjadi universitas independen. 

UPI memiliki 8 fakultas dan tersebar di 5 kampus di Jawa Barat. Kampus utamanya terletak di Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung. UPI menempati peringkat ke-13 sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. 

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung 

UIN Sunan Gunung Djati adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia. Meskipun berorientasi pada pendidikan Islam, UIN Bandung menyediakan beragam jurusan mulai dari Psikologi, Ekonomi, Komunikasi, hingga Teknik. Lokasinya berada di Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru, Bandung. 

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD) 

UNPAD memiliki dua kampus di Bandung dan Jatinangor. Kampus UNPAD Dipatiukur Bandung diperuntukkan bagi mahasiswa Pascasarjana dan kegiatan wisuda. Sementara itu, kegiatan belajar untuk program D4 dan S1 dilakukan di kampus Jatinangor. Meskipun demikian, perjalanan sekitar satu jam dari Bandung akan membawamu ke Jatinangor. 

Tidak hanya di Bandung, UNPAD membuka juga Program Studi jarak jauh di wilayah Luar Kampus Utama atau PSKDU di wilayah Pangandaran. Saat ini, tersedia program studi Keperawatan, Perikanan, Peternakan, Administrasi Bisnis, dan Komunikasi. 

5. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) 

Awalnya dikenal sebagai Politeknik ITB, POLBAN kemudian berganti nama menjadi Politeknik Negeri Bandung pada tahun 1997. Institusi ini menawarkan program studi vokasi di bidang teknik, komputer, akuntansi, administrasi, dan bahasa Inggris. 

6. Politeknik Manufaktur Bandung 

POLMAN Bandung merupakan politeknik negeri pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1976. Salah satu keunggulannya adalah penerapan pendekatan Pembelajaran Berbasis Produksi (PBE). Mahasiswa menghabiskan tiga semester pertama di kampus, dua semester di industri, dan satu semester terakhir kembali ke kampus. 

7. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung 

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Bandung menawarkan 12 jurusan diploma dan tiga jurusan alih profesi dengan akreditasi A dan B. Meskipun merupakan bagian dari Kementerian Kesehatan, Poltekkes Bandung tidak termasuk dalam sekolah ikatan dinas. Berlokasi di Jalan Pajajaran. Apakah Anda tertarik untuk mendaftar? 

8. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) 

Sebelum menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ISBI dulunya adalah Konservatori Tari yang didirikan pada tahun 1968. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan seni masyarakat, ISBI Bandung diresmikan pada tahun 2014. 

Saat ini, ISBI memiliki 4 fakultas dengan 10 program studi Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), dan Sarjana (S1). Lokasinya berada di Jalan Buah Batu No. 212, Bandung. 

9. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung 

STP Bandung, juga dikenal sebagai NHI, merupakan perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Meskipun demikian, STP Bandung tidak mengharuskan mahasiswanya untuk mengikat diri dalam dinas. Kampus ini berlokasi di Jalan Dr. Setiabudhi No. 186, Bandung, dan menawarkan 10 program studi Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). 

10. Politeknik STTT 

Pada tahun 2015, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) berubah nama menjadi Politeknik STTT. Dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kampus ini terletak di Jalan Jakarta No. 31, Kebonwaru, Bandung. Politeknik STTT menawarkan 3 program studi Diploma 4 (D4) atau Sarjana Terapan. Bagi yang berminat, pendaftaran dapat dilakukan melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMDK). 

11. Poltekesos Bandung 

Sebelum berganti nama menjadi Politeknik Kesejahteraan Sosial, lembaga ini dikenal sebagai Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial. Ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang Sosiologi dan Antropologi. 

Perlu dicatat bahwa meskipun berada di bawah Kementerian Sosial, Poltekesos tidak mewajibkan mahasiswanya untuk ikatan dinas. Kampus ini menawarkan 3 program studi Sarjana Terapan dan terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 367, Bandung.