Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

7 Kampus Farmasi Di Jakarta, Unggul Dan Terbaik

Ikatan Cendikia | Kampus Farmasi Di Jakarta | Di Jakarta terdapat beberapa Universitas Terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan farmasi. Tingginya minat untuk kuliah Farmasi di Jakarta disebabkan oleh lokasinya yang berada di Ibukota. 

Kami ingin merekomendasikan beberapa pilihan bagi Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan di bidang ini. Untuk mendapatkan gelar Sarjana Farmasi, biasanya diperlukan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun. Setelah itu, lulusan dapat melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk memperoleh gelar Apt dan menjadi Apoteker yang siap berkarir. 

Kampus Farmasi Di Jakarta 

Kampus Farmasi Di Jakarta,

1. Universitas Indonesia (UI) 

Farmasi di Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai salah satu program terbaik di Indonesia. Lokasinya berada di Gedung Pascasarjana FEB UI, yaitu di Jalan Prof.DR.Mahar Mardjono, Pondok Cina Kecamatan Beji Kota Depokprovinsi Jawa Barat 16424, Indonesia. 

Jurusan Sarjana Farmasi di kampus Universitas Indonesia ini sudah terAkreditasi Unggul oleh BAN-PT, yaitu dengan SK LAM-PTKes (no.0195/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2020). 

 Visi Farmasi UI adalah menjadi program studi farmasi yang unggul dan terkemuka secara nasional dan regional pada tahun 2019. Biaya pendidikan bagi mahasiswa Farmasi UI berkisar antara Rp100.000 hingga Rp7.500.000 untuk Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B). 

2. Universitas Pancasila (UP) 

Jurusan Farmasi Universitas Pancasila (UP) adalah salah satu lembaga pendidikan farmasi tertua di Indonesia, didirikan sejak tahun 1961. Terletak di Jl. Srengseng Sawah, RT.5/RW.5, Srengseng Sawah. Dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional no.015/BAN-PT/Ak-VII/2003, Jurusan Farmasi Universitas Pancasila telah terakreditasi A. 

Visi Farmasi UP adalah menjadi Program Studi Farmasi Strata 1 yang unggul secara internasional, dengan landasan nilai-nilai luhur Pancasila. Biaya kuliah S1 Farmasi bervariasi setiap semester, mulai dari Rp11.050.000 hingga Rp26.750.000. Sementara itu, biaya kuliah D3 Farmasi berkisar antara Rp0 hingga Rp13.325.000 per semester. 

3. Kampus Farmasi UHAMKA 

Farmasi dan SAINS di UHAMKA setiap tahunnya menarik minat yang lebih besar dari calon mahasiswa baru karena reputasinya sebagai salah satu kampus favorit di Jakarta. Program Studi Farmasi UHAMKA terletak di Jl. Delima II Gg. 4, RT.9/RW.3, Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460, Indonesia. 

Menurut Surat Keputusan BAN-PT no.795/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015, Program Studi Sarjana Farmasi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka telah diakreditasi B. 

 Visi Farmasi UHAMKA adalah untuk menghasilkan sarjana farmasi yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial yang berkembang, didasarkan pada nilai-nilai prophetic teaching. Biaya kuliah untuk Program Studi Sarjana Farmasi sekitar Rp11.333.000 per semester. 

4. Politeknik Hang Tuah Jakarta 

Politeknik Hang Tuah Jakarta merupakan salah satu pilihan terkemuka di Jakarta bagi calon mahasiswa baru yang tertarik menempuh pendidikan di bidang Farmasi. Berlokasi di Jl. Bendungan Hilir, RT.12/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210, Indonesia. 

Visi Misi Politeknik Hang Tuah Jakarta adalah menjadi program studi Farmasi yang kompeten dan unggul di bidangnya, berbasis intelektualitas, inovasi, dan kewirausahaan, serta mampu bersaing secara global, di bawah naungan Politeknik Hangtuah Jakarta. 

5. STIKES IKIFA 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA menjadi opsi berikutnya bagi mereka yang mencari program studi farmasi di Jakarta. Terletak di Jl. Buaran 2 No.30 A, RT.10/RW.13, Klender. Menurut Surat Keputusan LAM-PTKes no.02411/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2017, Program Studi Diploma Tiga Farmasi di Akademi Farmasi Institut Kejuruan Ilmu Farmasi telah diakreditasi B. 

Visi Farmasi IKIFA adalah untuk menghasilkan Sarjana Farmasi yang unggul secara nasional dalam bidang pekerjaan kefarmasian, dengan dasar akhlak mulia dan IPTEKS. Biaya kuliah di Farmasi IKIFA sekitar Rp600.000, ditambah biaya lainnya. 

6. Akademi Farmasi Mahadhika 

Akademi Farmasi Mahadhika merupakan destinasi selanjutnya bagi calon mahasiswa baru yang tertarik menempuh studi di bidang Farmasi. Terletak di Jl. Suci No.9A, RT.1/RW.4, Susukan. Menurut Surat Keputusan LAM-PTKes no.0731/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016, Program Studi Diploma Tiga Farmasi di Akademi Farmasi Mahadhika telah diakreditasi C. 

Visi Akademi Farmasi Mahadhika adalah menjadi institusi pendidikan farmasi yang menghasilkan tenaga farmasi yang kompeten. Biaya per semester di Akademi Farmasi Mahadhika sebesar Rp6.000.000, ditambah rincian biaya lainnya. 

7. STIKES Pertamina Bina Medika 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika adalah pilihan terakhir yang kami rekomendasikan, terletak di Jl. Bintaro Raya Jl. Tanah Kusir No.10, RT.4/RW.10, Kby. Lama Utara.

 Farmasi Pertamedika memiliki visi untuk menjadi Program Studi D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi terkemuka dalam bidang Radiodiagnostik, khususnya dalam layanan Radiografi konvensional yang unggul dan mandiri. 

 Mereka bertujuan untuk bersaing di tingkat Nasional melalui proses Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, dengan fokus pada Layanan Profesional yang Ramah, Ikhlas, dan Bermutu tinggi. 

Apa yang diperlukan untuk masuk ke Jurusan Farmasi? 

Untuk bisa masuk ke Jurusan Farmasi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dapat memulai kuliah. Persyaratan tersebut termasuk lulus dari jurusan IPA, lolos dalam seleksi ujian masuk, menyusun dokumen yang diperlukan, dan memenuhi beberapa syarat lainnya. 

Bagaimana Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Farmasi? 

Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Farmasi, lulusan akan dapat bekerja sebagai Apoteker. Mereka juga memiliki peluang untuk bekerja di laboratorium, rumah sakit, serta di perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan industri farmasi.