Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

7 Kampus Negeri Di Jogja, Terbaik dan Terfavorit

Ikatan Cendikia | Kampus Negeri Di Jogja | Selain dikenal sebagai pusat kuliner gudeg, Yogyakarta juga memiliki reputasi sebagai kota pendidikan yang ramai. Banyak calon mahasiswa yang tertarik dengan universitas negeri di Yogyakarta. 

 Saat ini, terdapat lebih dari 100 lembaga pendidikan yang bisa dipilih setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas. Pilihan tersebut mencakup universitas swasta, institut, akademi, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas negeri di Yogyakarta. Berikut adalah daftar universitas negeri terbaik dan paling diminati di Yogyakarta. 

Kampus Negeri Di Jogja 

7, Kampus Negeri Di Jogja, Terbaik, dan, Terfavorit


1. Kampus Negeri Di Jogja: Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Universitas Gadjah Mada (UGM) terletak di Bulaksumur, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM merupakan institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan. 

Berdiri pada tanggal 19 Desember 1949, UGM diresmikan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 yang mengatur penggabungan perguruan tinggi menjadi Universiteit pada tanggal 16 Desember 1949. Awalnya, UGM hanya memiliki enam fakultas, namun kini telah berkembang menjadi 18 fakultas dan dua sekolah, yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana. 

Fakultas-fakultas ini terbagi menjadi departemen-departemen yang mengelola program-program studi. UGM menawarkan beragam program studi mulai dari tingkat sarjana, magister, doktor, hingga spesialis. 

2. Kampus Negeri Di Jogja: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan hasil pengembangan dari IKIP Yogyakarta, yang awalnya beroperasi sebagai fakultas di bawah Universitas Gadjah Mada. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1950, UNY didirikan pada tanggal 23 Januari 1951. 

 Dalam perjalanan sejarahnya, beberapa fakultas menjadi embrio terbentuknya IKIP Yogyakarta, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92 Tahun 1962, Institut Pendidikan Guru (IPG) didirikan. 

IPG dan FKIP bertanggung jawab dalam bidang ilmu pendidikan. Kemudian, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 1 Tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, FKIP dan IPG disatukan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta. 

 Keputusan Presiden ini mengakibatkan pembentukan IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang yang secara resmi beroperasi mulai 1 Mei 1963. 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Kalijaga) 

UIN Kalijaga adalah salah satu perguruan tinggi Islam pertama di Indonesia. Namanya diambil dari salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa, yaitu Sunan Kalijaga. 

 Kampus UIN Sunan Kalijaga berlokasi di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto No.1, Kel. Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY. 

 UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan delapan fakultas dan program pascasarjana, antara lain Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariat dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta program Pascasarjana. 

4. UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta 

UPN Yogyakarta mulai berdiri pada tanggal 2 Oktober 1958 dengan nama sebelumnya Akademi Pembangunan Nasional (APN) Veteran. Kemudian, APN mengalami transformasi dari status lembaga pemerintah menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada tanggal 1 April 1995. Status PTS tetap dipertahankan hingga awal Oktober 2014. 

Kampus ini mendapatkan status sebagai perguruan tinggi negeri di Yogyakarta Pada tanggal 6 Oktober 2014. UPN Veteran menyelenggarakan pendidikan melalui 5 fakultas, yakni Fakultas Teknologi Mineral (FTM), Fakultas Teknik Industri (FTI), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). 

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta) 

 ISI Yogyakarta berada di Jalan Parangtritis kilometer 6, Kel. Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, Yogyakarta. Kampus ini berfokus pada bidang seni, dengan tiga fakultasnya: Fakultas Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Seni Pertunjukan. 

 Selain itu, ISI Yogyakarta juga menawarkan Program Pascasarjana dengan program S-2 dan S-3, yang memusatkan pada jurusan Penciptaan Seni dan Pengkajian Seni. 

6. Politeknik Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta 

Pada awalnya, Politeknik ATK Yogyakarta didirikan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang mengkhususkan diri dalam bidang Teknologi Kulit. Kemudian, pada tanggal 15 Januari 1959, nama kampus ini diubah menjadi Politeknik ATK Yogyakarta. 

Politeknik ATK Yogyakarta menawarkan tiga program studi, yaitu Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP), Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), dan Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK). 

7. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 

Politeknik ini berdiri pada tahun 2001, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan enam program akademi kesehatan, yaitu: 1. Akademi Analisis Kesehatan (AKK) 2. Akademi Kebidanan (AKBID) 3. Akademi Gizi (AKZI) 4. Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) 5. Akademi Kesehatan Gigi (AKG)