Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

7 Kampus Negeri Di Surabaya, Kampus Terbaik Di Kota Pahlawan

Ikatancendikia.com | Kampus Negeri Di Surabaya | Kota ini terkenal dengan julukan Kota Pahlawan karena peran pentingnya dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Simbol kota ini adalah Patung Sura dan Buaya, yang menjadi ikon dari kawasan yang dikenal sebagai Kota Pahlawan. 

Nama Surabaya sendiri berasal dari dua hewan yang menjadi lambang ini, yaitu Sura yang artinya hiu dan Baya yang berarti buaya. Asal nama kota Surabaya berhubungan dengan dua makhluk yang menjadi simbolnya, yaitu ikan Sura (hiu) dan Buaya. 

Legenda menyebutkan bahwa penamaan Surabaya terinspirasi dari legenda pertarungan sengit antara Sawunggaling yang dikenal menguasai ilmu Sura dan Adipati Jayengrono yang ahli dalam ilmu buaya.

Kampus Negeri Di Surabaya 

Kampus Negeri Di Surabaya


1. Universitas Airlangga (UNAIR) 

 Universitas Airlangga (UNAIR) adalah sebuah institusi pendidikan negeri yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Terletak di kawasan Gubeng, Surabaya, universitas ini meraih skor 3.056 dan menduduki peringkat ketujuh perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

Didirikan pada tanggal 10 November 1954, yang juga merupakan hari pahlawan ke-9, Universitas Airlangga menempati peringkat keempat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut QS World University Ranking 2021. 

Bagi yang berminat untuk kuliah di Universitas Airlangga, terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Apa saja? Ya, ada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri. 

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan sebuah institusi pendidikan negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Pada awalnya, pendirian ITS dilakukan pada tanggal 10 November 1957 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik yang saat itu dipimpin dr. Angka Nitisastro. 

Sejak itu, ITS terus mengalami perkembangan yang signifikan, baik dalam hal fasilitas, akreditasi, maupun jumlah fakultasnya. 

 Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 83 tahun 2014, ITS telah diakui sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) yang memiliki kewenangan untuk mengelola dirinya secara mandiri dalam hal akademik, norma, dan kebijakan operasional. 

Penerimaan mahasiswa baru di ITS terbagi menjadi enam jalur, yaitu SNBP, SNBT, Golden Ticket, Seleksi Prestasi ITS, Seleksi Mandiri Kemitraan, dan Kelas Internasional (IUP). 

3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Surabaya yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1964. Ketika pertama kali berdiri, UNESA dikenal dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya). 

4. Universitas Surabaya (UBAYA) 

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah institusi pendidikan tinggi di Surabaya, Jawa Timur. Merupakan kelanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966, nama institusi ini diubah menjadi Universitas Surabaya pada tahun 1968. 

UBAYA merayakan hari jadinya pada tanggal 11 Maret 1968. UBAYA memberi kemudahan untuk calon mahasiswa dengan membuka pendaftaran secara online, yaitu lewat Jalur Prestasi (JPMK Fakultas Kedokteran), Jalur Tes (UMUM), Jalur Tanpa Tes (JPMK), dan Jalur Tes Kedokteran (Khusus Fakultas Kedokteran). 

5. UPN Veteran Jawa Timur 

UPN Veteran Jawa Timur, singkatan dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, adalah salah satu perguruan tinggi unggulan di Jawa Timur yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1959. Pada awalnya, institusi yang dikenal sebagai Kampus Bela Negara ini merupakan universitas swasta.

 Namun, pada tanggal 6 Oktober 2014, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani prasasti yang menandai pengesahan UPN "Veteran" Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Bagi yang berminat untuk kuliah di UPN Veteran Jawa Timur, universitas ini membuka penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri. 

6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan sebuah institusi pendidikan negeri yang terletak di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Politeknik ini didirikan pada tahun 1988 dan fokus pada pendidikan vokasi yang menekankan praktik lebih dari teori. 

PENS merupakan satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri dalam bidang teknik elektro. Terkenal karena keunggulannya dalam bidang robotika, PENS telah meraih kemenangan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) sebanyak 12 kali secara berturut-turut. 

Ini sungguh prestasi yang mengesankan! Tak hanya itu, PENS juga menjadi penyelenggara program S2 terapan pertama di Indonesia. Selain keunggulan di bidang robotika, PENS juga menonjol dalam Teknologi Informasi, yang dibuktikan dengan penghargaan TeSCA dalam kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom. 

7. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) 

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. PPNS merupakan satu-satunya kampus politeknik negeri dengan fokus jurusan vokasional marine manufacture dan perkapalan. 

Bagi yang tertarik untuk bergabung dengan PPNS, politeknik ini membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu PMDK, PMDKPN, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), dan jalur mandiri.