Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

6 Kampus Hukum Terbaik Di Indonesia, Gerbang Sukses Karir Di Bidang Hukum

Ikatancendikia.com | Kampus Hukum Terbaik Di Indonesia | QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Rankings) by Subject 2024 menyebutkan bahwa terdapat jurusan hukum di enam kampus Indonesia yang menjadi jurusan hukum terbaik di negeri ini. 

 QS World University Rankings by Subject edisi 2024 menampilkan 55 jurusan atau program studi dengan lima bidang studi yang luas. Menurut laman resminya, terdapat total 1.559 institusi yang telah diperingkat berdasarkan program studi tahun ini. 

 Di tingkat dunia, Harvard University di Cambridge, Amerika Serikat, menempati peringkat pertama sebagai universitas dengan jurusan ilmu hukum terbaik di dunia. Di tingkat dunia sendiri terdapat University of Oxford di ranking 2 dunia dan University of Cambridge di Inggris sebagai ranking 3.

Kampus Hukum Terbaik Di Indonesia 

Kampus Hukum Terbaik Di Indonesia


Di Indonesia, QS WUR by Subject 2024 mengidentifikasi enam universitas dengan program studi ilmu hukum terbaik. Program-program studi hukum ini memiliki peringkat dunia yang beragam, mulai dari 151 hingga 370. 

1. Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) 

 Program studi hukum pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) ini meraih gelar sebagai kampus hukum terbaik ke-1 versi QS WUR by Subject 2024. Fakultas ini berada di peringkat 151-200 dunia. 

Sebagai salah satu fakultas hukum tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1952, FH Unair berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Fakultas ini memiliki satu departemen dan empat program studi, yang meliputi satu program sarjana, dua program magister, dan satu program doktor. 

 Program studi Sarjana Ilmu Hukum telah diakui secara internasional melalui sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada 2016. 

 Lulusan FH Unair banyak yang menjadi yuris profesional dan menduduki jabatan penting di Indonesia, seperti hakim, jaksa, pengacara, notaris, dan staf di kementerian. 

2. Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) 

 Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) adalah kampus hukum tertua di Indonesia, dibuka sejak 28 Oktober 1924. Sebagai institusi yang berdiri sebelum kemerdekaan, FHUI telah mencetak banyak tokoh intelektual penting bagi bangsa Indonesia. 

Terletak di Depok, Jawa Barat, FHUI memiliki satu program studi Sarjana Ilmu Hukum dan menempati peringkat 151-200 dunia. Kampus UI juga menyediakan jurusan hukum untuk S1, S2, dan S3. Selain itu, anda juga bisa memilih Magister Kenotariatan. 

3. Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) 

Program studi hukum pada fakultas hukum UGM merupakan salah satu jurusan hukum terbaik Indonesia. 

Kampus ini merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia yang berdaulat, tepatnya pada tahun 1946 dengan nama Faculteit Hoekoem Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (FH BPTGM). 

 Dari fakultas hukum yang ada di kampus ini, sangat banyak tokoh dan pakar hukum terkenal Indonesia yang sudah dicetak. Hebatnya lagi, semua pakar yang sudah dilahirkan tersebut berkontribusi signifikan pada perbaikan sistem hukum yang ada di Indonesia. 

Tidak heran, FH UGM masuk dalam jajaran kampus hukum dan ilmu hukum terbaik di Indonesia, bahkan meraih peringkat 201-250 di tingkat dunia. 

 Sebagai salah satu kampus hukum terbaik, Fakultas hukum UGM tidak hanya menyelenggarakan pendidikan hukum S1, namun juga menyediakan jurusan hukum tingkat pendidikan pasca sarjana, yaitu magister hukum (S2 hukum) dan program doctor hukum (S3) hukum). 

4. Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) 

Peringkat keempat jurusan hukum terbaik Indonesia versi QS WUR by Subject 2024 diraih oleh Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad). Terletak di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, FH Unpad berada di peringkat 251-300 dunia. 

 Berdiri sejak 1957, FH Unpad adalah salah satu kampus hukum tertua dan terkemuka di Indonesia. Fakultas ini memiliki sejumlah departemen dengan empat program studi, yaitu Sarjana Ilmu Hukum, Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktor Ilmu Hukum. 

 FH Unpad telah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara, serta menawarkan pengalaman praktis bagi mahasiswa untuk tetap relevan dalam persaingan global. 

5. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) 

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) memiliki satu program studi sarjana yang telah disertifikasi oleh AUN-QA. Tidak hanya di Indonesia, fakultas hukum kampus ini juga menduduki peringkat 301-350 dunia. 

Berdiri sejak tahun 1957 dengan nama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), FH UB telah menghasilkan lulusan yang aktif di berbagai bidang hukum. 

 Selain program studi Sarjana Ilmu Hukum, kampus ini yang terletak di Malang, Jawa Timur, juga menawarkan program studi untuk jenjang magister maupun doktor di bidang ilmu hukum. 

6. Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) 

Di lingkungan akademik kampus Universitas Diponegoro, fakultas hukum merupakan fakultas yang paling tua dibandingkan dengan fakultas lainnya. Sejak didirikan pada tahun 1957, FH Undip telah berhasil melahirkan mahasiswa yang mandiri, kompeten, dan berpengetahuan luas. 

 Dengan komitmen pada nilai-nilai Pancasila, kampus ini, yang menempati peringkat 351-370 di tingkat dunia, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan berbasis riset yang berkualitas internasional pada tahun 2025. 

 Selain program sarjana, Undip juga menyediakan program Magister Hukum, Magister Kenotariatan, dan program Doktor Hukum.