Cara Cek Turnitin Dengan Akun student

 

cek-turnitin

Mahasiswa wajib lolos cek turnitin ketika mengerjakan karya tulis ilmiah berupa Jurnal, Disertasi, Tesis, Skripsi dan Tugas Akhir. Akun turnitin terdiri dari 3 tipe yakni Akun Student, Instruktur dan Administrator. Di dunia akademik akun turnitin kampus biasanya sudah diberikan hak akses previllage kepada masing-masing mahasiswa dengan kapasitas pengecekan sehari tiga kali. 


Berikut merupakan cara cek plagiasi menggunakan akun turnitin student :

  1. Pakailah password dan username akun student turnitin.
  2. Log-in ke alamat website (turnitin,com).
  3. Klik class homepage yang sudah disediakan oleh dosen atau instruktur.
  4. Pada kolom actions klik tombol submit.
  5. Pada kolom submission title di isi nama pengecekan turnitin, bisa nama orang, judul ada id class.
  6. Klik Chose from this computer.
  7. Pilih file yang akan di upload atau akan dicek.
  8. Klik tombol upload.
  9. Klik tombol confirm.
  10. Klik tombol return to assigment list.
  11. Akan diarahkan kembali ke tampilan class homepage, dan ditunggu sekitar sepuluh hingga empat puluh lima menit.
  12. Refresh browser atau Tekan tombol F5 pada keyboard atau .
  13. Muncul hasil prosentase hasil pengecekan turnitin.
  14. Klik nilai prosentasenya (misal 13%) - Klik hasilnya.


Sesudah muncul hasil prosentase di klik, kemudian muncul tampilan teks yang terdeteksi plagiat, sebagai berikut :

  • Klik prosentase untuk melihat sumber plagiat.
  • Klik filters and setting untuk melihat indikator pengecekan.
  • Klik icon "tanda panah bawah" untuk medownload hasil cek turnitin.
  • Klik current view.
  • Klik save as untuk menyimpan file hasil pengecekan.

Demikian langkah - langkah cara menggunakan turnitin.


Jika plagiasi belum lolos sesuai standar kampus, maka dilakukan revisi khusus dengan teknik parafrase, atau konsultasi ke "Parafrase Expert" atau Jasa Parafrase Plagiasi di Khairpedia, (0821-3608-1847)


Hanya teknik parafrase yang aman dan sesuai kaidah penulisan karya tulis ilmiah supaya lolos dari uji plagiasi di kampus masing-masing. 


Fungsi turnitin adalah melakukan koreksi keaslian dokumen dan bisa diketahui sumber artikel yang diambil bahkan terlihat juga sumber alamat website atau sumber artikel plagiatnya. Sehingga jika terlalu banyak mengambil artikel dari internet, tentu saja secara otomatis plagiatnya terdeteksi oleh program turnitin. 


Yuk ikuti Berita viral trending indonesia hanya di : IDN WoW 


Intinya yaitu tidak baik mengambil artikel bukan hasil penulisan diri sendiri. Berbagai universitas saat ini memakai turnitin dikarenakan sangat bermanfaat untuk mengetahui originalitas karya tulis ilmiah. Akademisi bisa mengunjungi webisite Turnitin dan diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu apabila ingin memakai program ini melalui instruktur. Aplikasi atau program ini bisa diakses oleh mahasiswa di perpustakaan atau petugas cek di fakultas atau setiap Universitas. Dengan mengakses akun student yang sudah diberikan oleh dosen atau kampus masing-masing. Turnitin adalah situs website dengan kumpulan karya tulis ilmiah dari berbagai penjuru dunia.


Proses pendaftarannya cukup mudah. Meskipun tersedia berbagai blog atau website memiliki fitur proteksi artikel secara khusus, namun tidak menutup kemungkinan sudah berbagai macam cara meng-copy paste. Media internet memudahkan untuk pencarian artikel atau bahan penulisan. Melalui proteksi DMCA, akan meminimalkan plagiasi konten.


Cek Plagiasi Universitas Dengan Turnitin :


Pemberitaan di media massa lokal bahkan nasional sudah mengkonfirmasi beberapa pihak yang terindikasi plagiat plagiat karya tulis, sehingga harus ditangani secara khusus terhadap hal itu. Namun lebih baik sejak dini diupayakan pencegahan tindakan plagiarisme. Hal tersebut sangat di sayangkan apabila terjadi secara berulang, padahal biaya kuliah dan waktu yang dikeluarkan sangat banyak. 


Diperlukan petugas khusus, untuk melakukan koreksi dan pengawasan terhadap tingkat plagiasi pada masing-masing lembaga penelitian atau institusi. Perlu diperhatikan untuk petugas pengecekan harus mengerti dan paham ketika melakukan operasional tools atau alat pengecekan plagiasi.

Baca Juga

LihatTutupKomentar