Model dan Metode Pembelajaran PAUD – TK

materi belajar di rumah untuk anak paud


Pembelajaran PAUD sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pelajaran anak TK. Dunianya masih menjadi pembelajaran dasar untuk mengenal berbagai hal. Seperti hal yang masih ringan dan mudah di cerna. Selain itu belajar anak TK suka dengan metode guru bercerita. Materi belajar di rumah untuk anak PAUD juga bisa disediakan.


Hal ini bertujuan agar tidak hanya mendapatkan pendidikan dari sekolah. Semua aspeknya harus seimbang dalam hal pembelajaran. Baik itu dari sekolah, keluarga dan lingkungan. Anak ketika umur segitu mempunyai daya ingat yang begitu tinggi. Selain itu juga cerdas dalam menerima sesuatu. #khairpedia


Maka dengan demikian pemberian pelajaran anak PAUD harus seimbang. Materi belajar di rumah untuk anak PAUD juga beragam. Sekarang banyak permainan yang juga menggunakan otak dalam memainkannya. Selain itu belajar mengeja ataupun mengenal binatang juga bisa di lakukan.


Berawal dari sinilah kedepannya tumbuh kembang anak bisa maksimal. Anak tidak hanya di suguhkan bermain HP seharian saja. Namun di rumah juga harus belajar. Walaupun itu hanya sebentar tetapi harus di lakukan secara rutin.


Usia cerdas dalam menerima banyak harus kita manfaatkan. Sehingga anak mempunyai sikap disiplin akan memanfaatkan waktu. Meskipun metode pembelajaran anak usia dini juga di terapkan di rumah. Namun orang tua juga harus memberikan waktu luang kepada anak. Tidak hanya belajar terus menerus yang membuat anak menjadi bosan.


Metode perlu di berikan dengan mengaturnya agar maksimal. Maksimal yang di maksud bukanlah belajar seharian. Hal ini akan percuma sebab tidak masuk pada otak anak. Makanya perlu mengatur kapan perlu belajar. Efektifnya belajar sedikit dan rutin ini bisa diterima oleh anak.


Keikutsertaan orang tua dalam memberikan pelajaran juga berpengaruh. Belajar tidak hanya membaca dan menulis saja. Memberitahukan mengenai perilaku baik dan buruk pun juga sudah belajar. Sehingga ketika semua aspek komplit dan mendukung. Anak pun juga akan mengikuti dari apa yang di ajarkan.


Makanya sangat perlu untuk berhati – hati. Terutama ketika berbicara dan berperilaku. Masa anak ini akan mengikuti dari lingkungannya. Sehingga berilah pembelajaran yang baik dan positif bagi anak.  #khairpedia


Materi belajar di rumah untuk anak PAUD tidak melihat buku. Namun juga perlu untuk memahami dan mengenalnya. Seperti halnya melihat gambar hewan. Anak perlu di jelaskan mengenai nama hewan dan penulisannya. Dari detail inilah anak akan mengingatnya.


Materi Belajar di Rumah Untuk Anak PAUD

Hampir sebagian besar waktu yang di gunakan anak adalah di rumah. Makanya proses memberikan pendidikan jangan hanya berhenti di sekolah saja. Apa yang telah di peroleh dari sekolah. Bisa di ulang kembali sehingga anak akan mengingatnya terus. Inilah materi belajar di rumah untuk anak PAUD yang bisa diterapkan:


Mengenal Huruf

Dalam proses belajar, anak terlebih dahulu di kenalkan dengan dasar. Sebelum anak bisa berkembang dan membaca. Maka perlu di ajarkan mengenal huruf. Huruf abjad dengan tulisan besar ataupun kecil. Selain itu juga di ajari cara membacanya. 


Dengan demikian anak akan cepat berkembang jika rutin dilakukan. Namun sebagai orang tua jangan memaksa anak. Sebab bagi anak untuk memahami 2 huruf juga sulit baginya. Sebagai alternatif yang membuat anak senang. Yakni mengenalkan huruf dari nama anak itu sendiri. 


Agar proses belajar tidak membosankan. Bisa menggunakan alat permainan. Sekarang sudah banyak board menulis. Ataupun huruf abjad yang bisa di tempel pada kulkas. Cara seperti ini harus di ketahui oleh kalangan orang tua.


Belajar Warna dan Bentuk

Ketika masih kecil tentu anak mempunyai banyak mainan. Dari situlah bisa di mulai dengan mengenalkan warna dan bentuknya. Sehingga dari barang yang dimilikinya akan mudah mengingatnya. Ataupun ketika anak minta membeli jajan. Bisa di beritahukan mengenai warnanya.


Memberi pelajaran bagi anak memang dari hal kecil. Namun jika di lakukan rutin sangat bermanfaat. Anak bisa mempunyai daya ingat yang tinggi. Materi belajar di rumah untuk anak PAUD yang dapat diterapkan.


Mewarnai

Bagi anak kecil proses mewarnai sangat menyenangkan. Berbagai macam pewarna bisa di coret pada kertas gambar. Kegiatan ini bisa di ajarkan ketika daun itu warnanya hijau. Ataupun jika bunga warnanya boleh beragam. Aktivitas yang dianggap sebuah mainan bisa menjadi alternatif belajar.


Berhitung

Kerap kali anak kecil berhitung ketika melihat sesuatu. Hal ini tidak terjadi ketika orang tua tak turut mengajarinya. Lebih menyenangkan lagi saat berhitung dinadakan. Sehingga anak akan lebih mengingatnya karena sering di lantunkan setiap saat.


Bersosialisasi : Materi Belajar di Rumah Untuk Anak PAUD

Belajar di rumah tidak hanya duduk berdiam saja. Namun bisa di lakukan di luar rumah. Seperti misalnya dengan lingkungan sekitarnya. Anak bisa bermain bersama teman – temannya. Ini merupakan bentuk sosialisasi kecil yang bisa di lakukan anak.


Dari bermain bisa melatih anak untuk berbagi ataupun kerja sama. Selain itu partisipasinya itulah yang menjadi pembelajaran sosialisasi. Sehingga pribadi anak tidak berdiam diri di rumah. Namun juga mengenal orang lain.


Setiap metode pembelajaran yang di berikan kepada anak. Pastikan tidak memaksanya agar anak juga tidak merasa tertekan. Buatlah senyaman mungkin untuk anak. Sehingga materi belajar di rumah untuk anak PAUD bisa berhasil. #khairpedia


Baca Juga

LihatTutupKomentar