Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Alasan Pentingnya Cek Turnitin

jasa cek turnitin

Plagiarisme merupakan hal yang paling dihindari oleh semua penulis. Tak terkecuali, bagi penulis artikel maupun penulis karya tulis ilmiah sekalipun. Untuk menghindari plagiarisme tersebut, para penulis biasanya akan melakukan cek plagiarisme, salah satunya menggunakan Tools Turnitin. Mengapa harus dengan Turnitin? Setidaknya ada banyak alasan pentingnya cek Turnitin yang perlu Anda ketahui.  


4 Alasan Pentingnya Cek Turnitin 

Turnitin merupakan salah satu layanan pendeteksi plagiarisme/ similarity yang dijalankan oleh perusahaan Turnitin sebagai anak perusahaan dari Advance Publications. Diciptakannya tools ini adalah untuk melihat keaslian dan originalitas sumber informasi yang akan disampaikan ke pembaca waktu itu. Namun seiring perkembangan teknologi, maka semakin masif digunakan untuk pengecekan originalitas karya ilmiah.


Sejak tahun 1997, tepatnya saat layanan ini didirikan. Turnitin telah melayani pengecekan plagiarisme yang ditujukan ke beberapa universitas hingga sekolah menengah. Dimana kedua lembaga pendidikan tersebut akan menggunakan situs web berupa software Turnitin ini, untuk memeriksa sejumlah dokumen untuk pengidentifikasian plagiarisme. Prosesnya sendiri berlangsung, saat dokumen yang akan dicek Turnitin ini kemudian dikirimkan ke basis data Turnitin.


Selain bisa menghindari tindakan plagiat, sebenarnya ada banyak alasan pentingnya cek Turnitin ini. beberapa diantaranya yaitu,


1. Menjaga Orisinalitas dan Kualitas Artikel/ Karya Ilmiah

Alasan pentingnya cek Turnitin yang pertama yaitu menjaga orisinalitas dan kualitas dari artikel dan karya ilmiah yang dibuat. Karena sebagaimana diketahui, plagiarisme dalam bentuk apapun, tentunya akan mempengaruhi, bahkan bisa memperburuk kualitas sebuah tulisan. Termasuk dalam penulisan artikel, maupun karya ilmiah.


2. Menghindari Tindak Kejahatan

Selain bisa memperburuk kualitas sebuah karya ilmiah dan karya tulis lainnya. Plagiarisme juga merupakan salah satu tindak kejahatan. Maka dari itu, sangat penting kiranya untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Khususnya yang dilakukan oleh Turnitin ini. 


3. Sebagai Bentuk Penghargaan Terhadap Karya Orang Lain

Dengan melakukan pengecekan Turnitin, secara tidak langsung Anda telah menghindarkan diri dari upaya plagiarisme. Dalam arti, karya tulis yang terdeteksi non plagiat juga, bisa dibilang merupakan karya orisinil, dan juga sebagai bentuk penghargaan terhadap karya orang lain.


Mengapa disebut demikian? Karena jika Anda terbukti melakukan plagiarisme terhadap karya orang lain. Selain akan merugikan diri sendiri, hal itu juga bisa dikatakan sebagai tindakan merugikan orang lain, yang mana Anda tidak menghargai harga dari orang tersebut. 


4. Menjaga Reputasi dan Nama Baik Universitas dan Instansi

Selain yang telah disebutkan di atas, alasan pentingnya cek Turnitin lainnya yaitu menjaga reputasi dan nama baik universitas dan instansi. Terutama bagi Anda, yang tengah menulis karya ilmiah, untuk mewakili universitas maupun instansi, dimana Anda melanjutkan pendidikan ataupun bekerja.


KhairPedia, Jasa Pengecekan Plagiasi, 

Sebagai Alasan Pentingnya Cek Turnitin

Untuk melakukan pengecekan Turnitin, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukannya sendiri. Karena selain bisa menghabiskan banyak waktu, melakukan pengecekan Turnitin sendiri juga, tentunya akan menghabiskan tenaga Anda.


Terutama jika Anda diharuskan untuk melakukan cek Turnitin, untuk sejumlah karya ilmiah, dan artikel yang lebih dari satu. Pastinya akan sangat melelahkan, bukan? Karena itu, memakai jasa cek Turnitin, bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan pendeteksian Turnitin ini.


Salah satu jasa cek Turnitin yang bisa Anda andalkan yaitu KhairPedia. Merupakan salah satu jasa cek plagiarisme yang sudah berkolaborasi dengan beberapa universitas, instansi, lembaga pendidikan bahkan oleh banyak jasa penulisan karya ilmiah di Indonesia.


Karena selain pengerjaanya yang cepat. Hasil pengecekan Turnitin yang diperoleh juga terbilang tepat dan akurat. Hal ini juga biasanya yang menjadi alasan pentingnya cek Turnitin, oleh sebagian besar penulis. Karena mereka telah mempercayai KhairPedia, sebagai jasa cek similarity terbaik.


Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam melakukan pendeteksian plagiarisme. Mengapa Anda tidak melakukan cek Turnitin saja? Tentunya dengan memakai jasa Khairpedia, sebagai jasa cek Turnitin terbaik dan terpercaya, dan juga sebagai alasan pentingnya cek Turnitin ini.