Kuliah Ikatan Dinas (Fakultas di IPDN)

 

sekolah-ikatan-dinas-ipdn

Apakah kalian mengetahui apa perbedaan antara sekolah kedinasan dengan ikatan dinas, Jika kalian belum mengetahuinya silahkan disimak penjelasan berikut ini dari Khairpedia. Sekolah kedinasan merupakan lembaga pendidikan yang dikelola lembaga pemerintah. Sedangkan ikatan dinas adalah status sekolah kedinasan yang akan melekat pada alumninya. Dengan kata lain, jika sekolah kedinasan tersebut berstatus ikatan dinas maka alumninya akan terikat dengan ikatan dinas.

 

Ikatan dinas yang terikat pada alumni tersebut diwujudkan dalam bentuk pengangkatan langsung menjadi pegawai di lembaga pemerintah yang menaungi sekolah kedinasan alumni tersebut, sehingga setelah lulus dari sekolah kedinasan kalian akan siap untuk bekerja. Salah satu sekolah kedinasan yang berstatus ikatan dinas adalah IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Sekolah dinas tersebut berada di bawah Kementerian Dalam Negeri.

 

Kampus IPDN terdiri dari 1 kampus pusat dan 9 kampus regional yang tersebar di beberapa daerah dari Sabang sampai Merauke. Kampus utama  berada di Jatinangor Jawa Barat. Kampus pusat ditujukan untuk semua mahasiswa dari jurusan Diploma IV. Kampus regional  satu terdapat di Jakarta Timur, kampus ini digunakan untuk semua prodi Strata I. #khairpedia

 

Kampus regional dua berada di daerah Sumatera Barat. Kampus ini ditujukan khusus untuk prodi Keuangan Daerah. Kampus regional tiga berlokasi di Riau, dimana kampus tersebut dikhususkan bagi prodi Pembangunan dan Pemberdayaan. Kampus regional empat, bertempat di NTB atau Nusa Tenggara Barat. Kampus tersebut khusus untuk prodi Politik Pemerintahan.

 

Kampus regional kelima berada di daerah Kalimantan Barat, yang mana kampus tersebut khusus untuk prodi Manajemen Sumber Daya Aparatur. Kampus regional keenam berada di Sulawesi Utara, kampus ini khusus untuk prodi Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

Kampus regional ketujuh ada di Sulawesi Selatan, kampus ini khusus untuk prodi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Kampus regional kedelapan berada di Indonesia bagian timur atau Papua, kampus ini khusus untuk prodi Politik Pemerintahan. Kampus regional terakhir berada di Aceh, kampus ini ditujukan khusus prodi Keuangan Daerah.

 

Untuk tambahan informasi, semua praja IPDN wajib untuk menempati salah satu kampus regional di tahun kedua pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh praja dapat terjun langsung di Masyarakat. Lulusan IPDN diharapkan tidak hanya memperoleh jabatan saja tetapi juga dapat mengayomi masyarakat. #khairpedia

 

Sekolah kedinasan IPDN sendiri memiliki beberapa pilihan program studi yang berada di jenjang Diploma IV dan Strata I. Beberapa pilihan program studi yang ada di IPDN antara lain:

 

Fakultas Politik Pemerintahan

Fakultas ini terdiri dari tiga program studi yang berbeda. Program studi tersebut antara lain Strata 1 Kebijakan Pemerintahan, Diploma IV Politik Pemerintahan, dan Diploma IV Pembangunan dan Pemberdayaan. 

 

Fakultas Manajemen Pemerintahan

Fakultas ini merupakan fakultas yang memiliki jumlah program studi paling banyak. Terdapat tujuh Program studi di fakultas ini, yang terbagi menjadi 4 program S1 dan 3 program D4. Penjabaran prodi tersebut antara lain: Strata 1 Manajemen Pemerintahan, Strata 1 Manajemen Sumber Daya Manusia, Strata 1 Manajemen Keuangan, Strata 1 Manajemen Pembangunan, Diploma IV Keuangan Daerah, Diploma IV Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Diploma IV Manajemen Sumber Daya Aparatur.

 

Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan

Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan terdiri dari 3 program studi Diploma, yaitu prodi Diploma IV Praktik Kepolisian Tata Pamong, prodi Diploma IV Kependudukan dan Catatan Sipil, dan prodi Diploma IV Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik.

 

Program Studi yang tersedia di IPDN telah diakui dan terakreditasi. Berikut penjabaran hasil akreditasi tiap prodi di IPDN:

 

Jenjang Diploma

D-IV Keuangan Daerah terakreditasi Baik, D-IV Manajemen Sumber Daya Aparatur terakreditasi Baik, D-IV Pembangunan dan Pemberdayaan terakreditasi Baik, D-IV Politik Pemerintahan terakreditasi Baik, D-IV Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil terakreditasi Baik.

 

Jenjang Strata

Strata 1 Manajemen Pemerintahan terakreditasi Cukup, Strata 1 Manajemen Keuangan terakreditasi Cukup, Strata 1 Manajemen Sumber Daya terakreditasi Baik, Strata 1 Manajemen Pembangunan terakreditasi Baik, Strata 1 Kebijakan Pemerintah terakreditasi Baik, dan Strata 1 Administrasi Pemerintahan Daerah terakreditasi Baik.

 

Selain STAN dan STIS, IPDN termasuk salah satu PTK favorit di Indonesia. Selama kuliah, mahasiswa tidak dipungut biaya. Lulusan dari IPDN juga akan diikat sebagai PNS melalui program ikatan dinas. Oleh karena itu, setelah lulus kuliah tidak perlu pusing memikirkan akan bekerja dimana karena akan langsung direkrut sebagai ASN oleh Kementerian Dalam Negeri. Lulusan IPDN nantinya akan ditempatkan di berbagai jabatan struktural pemerintahan, mulai dari menjadi staf hingga menjadi Gubernur. Setelah lulus, alumni akan langsung diangkat menjadi PNS golongan III A. Semakin lama masa berkarir mereka, maka jenjang karir mereka akan naik#khairpedia


Baca Juga

LihatTutupKomentar