Table of Content

5 Sekolah Kapal Pesiar Terbaik di Indonesia, Siap Kerja Sambil Keliling Dunia

Butuh rekomendasi sekolah kapal pesiar terbaik di indonesia agar nantinya ketika lulus langsung siap kerja? Artikel berikut ini jawabannya.
sekolah kapal pesiar terbaik di indonesia

Profil Sekolah Kapal Pesiar

Sekolah kapal pesiar adalah sebuah sekolah tempat "penggemblengan" yang sangat khusus bagi anda yang punya mimpi untuk bisa menjadi staf di kapal pesiar. Waktu yang akan diperlukan untuk bisa menempuh pendidikan sekolah kapal pesiar termasuk singkat, yakni hanya hitungan beberapa bulan, umumnya yaitu 1-6 bulan.

Dengan besaran biaya pendidikan sekitar 7-30 juta, anda akan mendapat pembekalan dan juga pelatihan khusus untuk menjadi seorang staf kapal pesiar profesional. Sekilas, pendidikan ini mirip dengan jurusan pendidikan perhotelan. Pendidikan sekolah kapal pesiar bisa dikatakan sebagai versi "upgrade" dari jurusan perhotelan.

Materi pembelajaran yang akan diajarkan yaitu tentang housekeeping, manajemen restaurant, kerja laundry, latihan conversation, motivation training, penggunaan table manner, seputar juggling atau juga flairing, kelas praktek bahasa asing, pelatihan wawancara atau interview, dan lain-lain.

Persyaratan Sekolah Kapal Pesiar

Persyaratan mendaftar di pendidikan sekolah kapal pesiar pada umumnya sama dengan pendaftaran pada sekolah-sekolah lainnya, namun ada juga beberapa tambahan persyaratan dari sekolah sesuai kebijakan masing-masing.

Berikut ini adalah persyaratan umum untuk mendaftar di pendidikan sekolah kapal pesiar :

  • 1) Pendidikan paling minimal SMA atau Sederajat.
  • 2) Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 32 tahun.
  • 3) Sehat secara jasmani dan juga rohani.
  • 4) Tidak mengalami buta warna, baik penuh ataupun parsial.
  • 5) Berkepribadian yang ramah dan juga menyenangkan.
  • 6) Memiliki tingkat kedisiplinan tinggi dan juga keinginan kuat untuk bisa sukses.
  • 7) Diutamakan berkemampuan bahasa Inggris.

Bidang hospitality atau pelayanan masih menjadi bidang kerja dengan sangat tinggi tingkat persaingannya. Ada banyak sekolah-sekolah yang menyediakan pendidikan dalam bidang ini. Beberapa sekolah merupakan sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia. Perjalanan menggunakan kapal pesiar biasanya memerlukan waktu yang panjang.


Penumpang bisa menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu di atas kapal. Tentu saja, perjalanan ini akan memerlukan banyak sekali kru pelayanan. Bagi yang berminat untuk menjadi kru kapal pesiar, bisa mencoba untuk menempuh pendidikan di sekolah-sekolah pesiar terbaik di bawah ini:


1. Sekolah HEC Academy di Malang


HEC adalah singkatan dari Hospitality Education Center, seperti nama sekolahnya. Lembaga pendidikan satu ini memang berfokus untuk mengajarkan hal-hal yang berhubungan dengan bidang pelayaran. Pada sekolah ini, para calon pekerja akan dididik dengan kurikulum yang jelas, padat, dan pasti bisa langsung dipraktekan.


Beasiswa Kuliah Luar Negeri


Hal ini membuat lulusan HEC akan memiliki kesiapan lebih untuk bekerja menjadi kru kapal pesiar. Sebenarnya pendidikan HEC tidak terbatas untuk menjadi kru kapal pesiar saja. Namun juga ada bidang pelayanan yang lain. Seperti pekerja di hotel, pelayan, dan pendidikan pelayanan lainnya khususnya di industri pariwisata. #khairpedia


2. NCL Madiun untuk Sekolah Perhotelan dan Kapal Pesiar


Berpusat di Kota Madiun, NCL memiliki program materi dan kurikulum materi pendidikan yang terlengkap dan didesain secara berjenjang. Seperti nama sekolahnya, NCL Madiun tidak hanya menyediakan pendidikan sebagai kru kapal pesiar saja namun juga di bidang perhotelan. Sebagai sekolah yang sudah berdiri lama. NCL Madiun sudah memiliki jaringannya tersendiri.


Hal ini menjadikan NCL Madiun mampu menyalurkan siswa-siswanya langsung pada berbagai bidang industri pelayanan. Sebagai salah satu sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia, NCL Madiun memiliki biaya yang terbilang rendah dengan peluang kerja yang besar.


3. Sekolah NEPTUNE di Kediri


Sekolah bidang pelayanan NEPTUNE sudah beroperasi lebih dari 10 tahun. Wajar saja jika sekolah ini sudah memiliki jaringan yang sangat luas. Tidak heran, jika para lulusan sekolah NEPTUNE akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan di bidang hospitality industri.


Materi dan kurikulum yang diajarkan dalam sekolah NEPTUNE tidak hanya mengedapankan keahlian profesional saja. Tentu saja, siswa akan dibekali ketrampilan atau hard skill pada bidangnya. Namun tidak hanya itu, siswa juga akan dikembangkan dan diberikan pendidikan karakter. Hal ini untuk mengembangkan soft skill siswa.


4. Sekolah Mediterranean Bali di Pulau Dewata


Pulau Bali dikenal sebagai destinasi wisata di Indonesia yang terkenal secara internasional. Sama sekali tidak mengherankan, dengan banyaknya turis mancanegara yang berkunjung. Pulau Bali memiliki sistem pelayanan yang lebih unggul di Bidang wisata. Hal ini membuat pendidikannya untuk bidang pariwisata di Bali juga cenderung maju.


Salah satunya adalah Sekolah Mediterranean Bali yang membuka kelas untuk bidang perhotelan dan kapal pesiar. Pada sekolah ini, para siswa akan dididik untuk menjadi seorang profesional di bidang pelayanan dan pariwisata. Semua standar pendidikannya mengikuti standar internasional.


5. Captain’s Club College di Yogyakarta


Berbeda dengan sekolah-sekolah yang dibahas sebelumnya yang juga menyediakan pendidikan di bidang perhotelan. Captain’s Club College yang berada di Kota Yogyakarta ini benar-benar memfokuskan lembaganya untuk sekolah kapal pesiar.


Semua materinya difokuskan agar para siswa mengerti bagaimana caranya menjadi kru kapal pesiar yang baik dan siap bekerja. Memiliki prinsip enjoyable and easy learning, Captain’s Club College ingin memberikan pendidikan yang tidak hanya berguna. Namun juga berkesan dan dapat dinikmati siswanya.


Itulah 5 sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia. Bagi yang berminat untuk menjadi bagian dari pelayaran kapal pesiar. Bisa memilih salah satu sekolah di atas untuk menempuh pendidikan. Pastikan juga memilih yang sesuai kebutuhan. #khairpedia

Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar