Daftar Kampus yang Ada Jurusan Radiologi Terakreditasi A di Indonesia

 

kampus yang ada jurusan radiologi

Jurusan Radiologi memang terbilang masih minim peminatnya di Indonesia. Radiologi merupakan cabang dari ilmu kedokteran, di mana di dalamnya mempelajari diagnosis bagian tubuh manusia menggunakan praktik radiasi gelombang. Jika tertarik dengan jurusan Radiologi, simak beberapa daftar kampus yang ada jurusan Radiologi di Indonesia terbaik berikut ini:


1. Universitas Indonesia (UI)


Daftar kampus yang memiliki jurusan Radiologi yang pertama adalah Universitas Indonesia. Program studi Radiologi di UI sudah terakreditasi A dengan jenjang spesialis. Pendidikan sarjana Radiologi Universitas Indonesia ini juga dirancang sesuai dengan pedoman dari FKUI dan Kolegium Radiologi Indonesia/ KRI.


Kegiatan pendidikan sarjana dan dokter spesialis Radiologi UI bersinergi bersama pelayanan Radiologi Radiologi RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Fakultas Kedokteran (FK) UI juga telah menerapkan program gabungan dengan pendidikan magister Radiologi, sehingga lulusannya akan mendapatkan gelar ganda.


2. Universitas Brawijaya Malang (UB)


Program studi atau jurusan spesialis Radiologi UB telah mendapatkan akreditasi A dalam Borang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi oleh KRI. Radiologi UB memiliki segudang prestasi dan para lulusannya dinilai mampu bersaing dengan ahli radiologi dalam kancah nasional maupun internasional.


Jurusan spesialis Radiologi bersama Fakultas Kedokteran UB memiliki visi sebagai pelopor dan pembaharu di bidang kesehatan masyarakat. FKUB juga memiliki berbagai misi, salah satunya menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang disiplin, profesional, dan unggul hingga tingkat internasional.


3. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM)


Daftar kampus yang ada jurusan Radiologi berikutnya adalah UGM. Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi UGM di bawah FK UGM Yogyakarta. Bagian spesialis Radiologi UGM dibentuk sejak tahun 1949 dan mengalami berbagai perkembangan, salah satunya modalitas pencitraan dan radioterapi dalam bentuk pelayanan medis bagi pasien. Jurusan Radiologi UGM juga sudah terakreditasi A.


Pendidikan spesialis Radiologi UGM juga dilengkapi dengan berbagai modalitas radio yang mutakhir. Beberapa diantaranya adalah Pesawat Sinar X, Ultrasonografi, Fluoroskopi, Mammografi Digital, Cath Lab Digital Subtraction Angiography dan lain sebagainya. Lulusan jurusan Radiologi UGM juga dipastikan memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam mengelola pelayanan radiologi yang efisien, efektif, dan aman.


4. Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP)


Bersebrangan dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, UNDIP (Universitas Diponegoro Semarang) juga memiliki prodi Radiologi yang sudah terakreditasi A. Saat ini, berbagai sarana alat-alat Diagnostik mulai bertambah dan didukung oleh APRO Negeri Semarang tahun 1993. Beberapa alat-alat tersebut antara lain Pesawat General Purpose, Mammography X Ray Unit, Fluoroscopy, dan USH.


Salah satu prospek yang ingin dikembangkan oleh jurusan Radiologi UNDIP adalah memiliki alat ultrasonografi. Selain berguna untuk pelayanan pasien, alat tersebut tentu sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar mahasiswa. Radiologi UNDIP mempunyai visi dan misi untuk menjadi pusat pendidikan profesi Radiologi yang unggul dengan tata kelola berkualitas.


5. Universitas Padjadjaran Bandung (UNPAD)


UNPAD menjadi pilihan kampus yang ada jurusan Radiologi terbaik dan berstatus akreditasi A. Seiring perkembangannya, kini prodi Radiologi UNPAD dilengkapi dengan alat Ultrasonografi, Pesawat Fluoroskopi, Pesawat CT Scan, Pesawat DSA, MRI, dan Pesawat CT Scan Multi Slice.


Jurusan Radiologi UNPAD bersama Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dituntut untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas. Saat ini, sebanyak kurang lebih 244 orang spesialis Radiologi lulusan FK UNPAD-RSHS telah tersebar di seluruh Indonesia.


Itulah beberapa daftar kampus yang ada jurusan Radiologi terbaik di Indonesia pilihan para maba. Sudah tertarik menjadi bagian dari program studi Radiologi? Segera daftarkan diri di kampus pilihan yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan tetaplah semangat belajar untuk menggapai impian.

Baca Juga

LihatTutupKomentar