Inilah 7 Mata Kuliah di Jurusan Food Technology Terbaik di Indonesia

jurusan food technology terbaik di indonesia

Jurusan Food Technology atau teknologi pangan, menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Pasalnya prospek pekerjaan jurusan ini cukup tinggi, dengan gaji yang menggiurkan. Mungkin banyak yang penasaran, sebenarnya apa saja yang dipelajari dalam jurusan Food Technology? Inilah 7 mata kuliah yang dipelajari di jurusan Food Technology terbaik di Indonesia:


1. Seni Kuliner


Mata kuliah yang pertama ialah seni kuliner. Tidak hanya mempelajari tentang kandungannya, para mahasiswa Food Technology juga akan mempelajari tentang bentuk atau tampilan makanan. Jadi para mahasiswa harus membuat makanan terlihat menarik, dengan menghias hingga mengubah bentuknya. Biasanya mata kuliah ini ada di semester pertama, atau di semester awal.


2. Biokimia Makanan


Mata kuliah jurusan Food Technology terbaik di Indonesia berikutnya ialah Biokimia makanan. Sesuai namanya, mata kuliah satu ini mempelajari tentang unsur kimia dalam makanan. Nantinya para mahasiswa akan mempelajari analisis kimiawi pasca panen, bahan tambahan makanan, pengujian mutu pangan, hingga pengujian hasil pertanian.


Tidak cuma itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang kehidupan organisme dalam makanan. Jadi dalam mata kuliah berikut, mahasiswa akan lebih banyak belajar di Laboratorium, untuk melakukan penelitian terhadap pangan.


3. Mikrobiologi Makanan


Selanjutnya adalah mata kuliah Mikrobiologi makanan. Dalam mata kuliah berikut, mahasiswa bakal mempelajari mengenai mikroorganisme dalam makanan. Jadi bagaimana mikroorganisme itu hidup, hingga merusak makanan. Salah satu pembahasan utama dalam mata kuliah berikut ialah Probiotik. Jadi sangat disarankan kepada seluruh calon mahasiswa, untuk mempelajari tentang Probiotik.


4. Pengolahan Makanan


Mata kuliah berikutnya ialah pengolahan makanan. Sesuai namanya, dalam mata kuliah berikut mahasiswa bakal mempelajari mengenai pengolahan makanan secara lengkap. Hal yang akan dipelajari dalam pengolahan makanan ialah pengolahan awal makanan, seperti pembersihan, sortasi, hingga pengecilan ukuran. Lalu hal lain yang dipelajari ialah operasi pencampuran makanan.


Mahasiswa juga akan mempelajari tentang pengolahan pangan dengan bahan kimia, pengolahan dengan teknologi mutakhir, dan masih banyak lagi. Ada banyak hal yang dipelajari, jadi mahasiswa diharapkan rajin dan tekun, dalam menyimak mata kuliah satu ini.


5. Teknologi Fermentasi Pangan


Kelima ada mata kuliah teknologi fermentasi pangan. Dalam mata kuliah berikut, mahasiswa bakal mempelajari mengenai pangan yang difermentasi. Pangan fermentasi yang akan dipelajari ialah tape, wine, brem, yoghurt, nata de coco dan masih banyak lagi. Nantinya mahasiswa bakal mempelajari mengenai pengolahan, dan pengembangan makanan-makanan fermentasi di atas.


Tidak cuma itu, mahasiswa juga akan mempelajari cara pengendalian proses fermentasi, sifat kimiawi, fisik, hingga mikrobiologis produk. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari tentang komposisi produk, dan penentuan mutu akhir pada produk.


6. Keamanan dan Sanitasi Pangan


Berikutnya ada mata kuliah keamanan dan sanitasi pangan. Mata kuliah berikut mempelajari tentang bahan-bahan beracun atau toksik dalam makanan, baik yang alami hingga sintetik. Toksik alami meliputi hewan, tanaman, mikroba, hingga lingkungan. Lalu toksik sintetik berasal dari logam berat, dan bahan kimia lainnya.


7. Jaminan Mutu Pangan


Terakhir ada mata kuliah jaminan mutu pangan. Dalam mata kuliah berikut, mahasiswa bakal mempelajari mengenai definisi serta konsep mutu, variabilitas proses, operasi pengendalian mutu, dan review statistik. Tidak cuma itu, mahasiswa juga akan mempelajari perbaikan mutu, pengukuran kinerja mutu, hingga kepuasan konsumen.


Itulah 7 mata kuliah di jurusan Food Technology terbaik di Indonesia. Sebenarnya masih banyak mata kuliah lainnya, tujuh mata kuliah diatas hanya sebagian kecil dari seluruh mata kuliah Food Technology. Mahasiswa harus tekun, rajin, dan teliti karena banyak mata kuliah Food Technology yang cukup sulit.

Baca Juga

LihatTutupKomentar