7 Pilihan Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus di Masa Depan

jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah sekolah menengah adalah alternatif pilihan yang dapat dipilih. Beberapa orang mungkin lebih menginginkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan atau ingin belajar lebih dalam akan suatu hal tertentu. Pemilihan jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus juga harus menjadi pertimbangan karena persaingan yang semakin ketat.


Pemilihan jurusan sebelum mendaftar di perguruan tinggi juga sangat penting, karena cukup banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika menempuh pendidikannya. Faktor lain seperti dukungan orang tua dan minat menjadi hal yang dapat menjadi pertimbangan pemilihan. Nah di bawah ini ada rekomendasi jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus yang dapat dipilih yaitu:


1. Teknik Pertambangan dan Perminyakan


Jurusan ini mungkin lebih banyak didengar akan gajinya yang fantastis dan besar, tambang dan minyak tentu saja identik dengan penjualan dunia. Oleh karena itu, jurusan teknik pertambangan dan perminyakan juga masih menjadi favorit. Terlebih lagi, pekerjaan ini cukup banyak menyita waktu di tengah laut sehingga tetap membutuhkan SDM meskipun sudah dibantu mesin.


2. Ilmu Bisnis


Siapa yang belum mengenal jurusan satu ini yang belakangan populer karena banyaknya influencer atau orang terkenal yang merupakan lulusannya. Tidak hanya bertopik sekitar bisnis, namun ilmu bisnis juga mempelajari pola penjualan hingga cara promosi. Oleh sebab itu, ilmu bisnis merupakan salah satu jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus karena akan selalu ada transaksi jual beli.


3. Jurusan Kedokteran


Perkembangan zaman dan teknologi memang semakin pesat, namun kehadiran dokter tidak dapat diganti oleh mesin atau sistem apapun. Pasalnya tugas dokter berhubungan dengan kehidupan orang lain, sehingga sangat sulit untuk digantikan meskipun kini banyak mesin pembantu. Untuk pilihan jurusan kedokteran juga bervariasi seperti dokter gigi atau dokter umum.


4. Teknik Informatika


Kembali lagi ke kelompok teknik yang berurusan dengan pengembangan program yaitu teknik informatika. Teknologi yang semakin berkembang, termasuk  aplikasi dan software, hingga alat yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Semakin berkembangnya teknologi, maka lulusan teknik informatika tentu akan dibutuhkan bahkan gaji yang ditawarkan juga cukup besar.


5. Desain Grafis


Beralih dari ke jurusan desain grafis yang sangat menuntut mahasiswanya untuk tetap kreatif dan inovatif karena memiliki hasil produk yang nyata. Biasanya penggunaan jasa desain grafis dibutuhkan untuk membuat logo brand, gambar pada pakaian, dan sebagainya. Ditambah kini banyak pengusaha yang menggunakan jasa desain grafis untuk promosi produk di media sosial.


6. Ilmu Komunikasi


Selanjutnya ada jurusan yang sangat identik untuk berhubungan dengan orang lain dan harus pandai berbicara. Jurusan ilmu komunikasi yang mempelajari mengenai beragam hal seperti media komunikasi, inovasi desain komunikasi visual, dan sebagainya.


7. Jurusan Psikologi


Terakhir ada jurusan psikologi yang harus menempuh Magister Profesi terlebih dahulu sebelum dapat bekerja sebagai Psikolog. Akan tetapi, pada kenyataannya sarjana psikologi sangat dibutuhkan terlebih lagi untuk perusahaan baru atau start up. Sebab biasanya perusahaan tersebut masih kesulitan menentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat disaring melalui bantuan psikotes.


Ditambah jurusan psikologi juga lebih luas lapangan pekerjaannya karena memiliki 5 bidang pilihan. Bidang tersebut antara lain adalah klinis, industri dan organisasi, perkembangan, pendidikan, dan sosial yang disesuaikan ke minat mahasiswa.


Itu adalah jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus dan dapat menjadi pilihan untuk dipertimbangkan setelah lulus sekolah menengah. Jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu jurusan yang ingin ditempuh serta usahakan sesuai dengan minat dan keinginan. Semoga sedikit informasi mengenai jurusan kuliah yang diramalkan akan dibutuhkan di masa depan akan bermanfaat.

Baca Juga

LihatTutupKomentar