6 Topik Materi MPLS SMP Masa Pandemi untuk Siswa

materi mpls smp masa pandemi

Kondisi pandemi tidak menghalangi pendidikan untuk tetap berjalan, meskipun membutuhkan beberapa pembaruan kebijakan. Siswa juga sepertinya tidak asing dengan MPLS atau disebut sebagai masa orientasi siswa yang hadir untuk memperkenalkan sekolah. Akan tetapi, apa saja sebenarnya topik atau pembahasan materi MPLS SMP masa pandemi yang dihadirkan oleh sekolah?


SMP atau setara dengan tingkat menengah pertama merupakan lanjutan dari sekolah dasar yang hadir sampai kelas enam. Biasanya siswa SMP sedang mengalami pubertas atau perubahan fisik serta emosional yang sedikit menguras energi. Untuk itu ada materi MPLS SMP masa pandemi yang dihadirkan untuk mengarahkan perilaku sesuai dengan nilai sekolah, penasaran materinya? Simak penjelasannya berikut ini:


1. Menjelaskan Profil dan Lingkungan Sekolah


Materi MPLS SMP masa pandemi yang paling umum sekaligus harus diberikan adalah mengenai sejarah hingga lingkungan sekolah. Langkah ini dibutuhkan untuk mengetahui hal yang ada atau terjadi pada sekolah tersebut. Misalnya sekolah dapat menyebutkan penghargaan yang diperoleh, fasilitas yang dimiliki, atau jumlah tenaga pendidik yang ada di SMP tersebut. 


Selain itu, lingkungan sekolah juga setidaknya diperkenalkan melalui desain 2 atau 3 dimensi yang dibagikan melalui share screen. Cara lain untuk kualitas yang lebih baik, sekolah dapat menyediakan video khusus untuk tour gedung secara virtual.


2. Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan


Dilakukan secara daring, bukan berarti melunturkan nilai nasionalisme dan kebanggaan atas Indonesia yang semestinya harus ada sejak dini. Pengenalan wawasan kebangsaan perlu disampaikan untuk memberikan siswa nilai cinta tanah air. Selain itu, pendidikan karakter yang berfungsi untuk memperbaiki dan mengembangkan karakter siswa menjadi salah satu kewajiban dalam dunia pendidikan.


3. Aturan dan Kebijakan Sekolah


Selanjutnya adalah aturan dan kebijakan sekolah yang juga biasanya dijelaskan dalam materi MPLS pada tingkat SMP. Kembali lagi, meskipun pelaksanaan sekolah secara daring namun siswa harus tetap mengikuti peraturan dan kebijakan sekolah. Contohnya seperti siswa laki-laki tidak diperbolehkan memiliki rambut panjang, menggunakan seragam sekolah dengan rapi, dan sebagainya.


4. OSIS dan Ekstrakurikuler Sekolah


Berikutnya adalah kegiatan pengembangan minat dan prestasi siswa melalui organisasi yaitu OSIS dan ekstrakurikuler sesuai minat yang diinginkan. Biasanya OSIS lebih menjalankan aktivitas sekolah seperti bekerja sama dengan sekolah menyusun MPLS. Di sisi lain, ada juga ekstrakurikuler yang terbuka bagi seluruh siswa dan dapat diikuti untuk mengembangkan bakatnya baik di bidang olahraga, seni, atau lainnya.


5. Penjelasan Kurikulum 2013


Kini hampir seluruh sekolah menerapkan kurikulum 2013 yang diharapkan dapat mengembangkan cara berpikir dan tanggung jawab siswa. Perlunya pemaparan materi kurikulum 2013 ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa SD asal siswa belum menerapkan kurikulum 2013. Oleh karena itu, pihak SMP akan lebih baik memberikan sedikit penjelasan serta gambaran mengenai kegiatan pembelajarannya.


6. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau Online


Terakhir ada materi mengenai sistem pembelajaran secara daring yang kini memiliki cukup banyak aplikasi yang berkembang guna mendukung sistem ini. Di samping itu, pemerintah juga membuat banyak fasilitas layanan pendidikan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Berhubungan dengan hal tersebut, sekolah juga harus mengenalkan kepada siswa akan layanan aplikasi atau web yang digunakan sebagai bentuk dukungan.


Nah, itulah materi MPLS SMP masa pandemi yang biasanya dihadirkan dalam proses memperkenalkan sekolah kepada siswa. Disamping kegiatan yang dilakukan secara daring, akan lebih baik sekolah memberikan pelayanan yang sesuai seperti tour gedung. Terlebih lagi karena kondisi pandemi ini belum tau kapan akan berakhir, oleh karena itu masa MPLS ini cukup penting keberadaannya.

Baca Juga

LihatTutupKomentar