5 Pekerjaan Untuk Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, Prospek Luas

pekerjaan untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran

Sekarang pada banyak SMK sudah dibuka jurusan bisnis daring dan pemasaran sebagai bagian dari pelajaran pemasaran dan marketing. Seiring dengan semakin berpengaruhnya sosial media dan teknologi informasi di bidang bisnis. Pekerjaan untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran ini semakin menunjukkan prospeknya.


Untuk para lulusan ada banyak pekerjaan yang bisa diambil. Salah satunya adalah 5 pekerjaan yang akan dibahas di bawah ini. Tidak hanya sekedar bisa dikerjakan saja oleh para lulusan karena masih satu lini dengan yang dipelajari. Namun pekerjaan-pekerjaan yang diulas ini memiliki prospek yang bagus dan luas. Cocok untuk mencari pengembangan karir. Lantas, apa saja diantaranya?


1. Lakukan Riset Online dengan Menjadi Marketing Analyst


Tugas utama marketing analyst tentu saja, melakukan riset dan analisis mengenai suatu produk dan kondisi pasar. Pekerjaan ini juga disebut analis pemasaran harus mengumpulkan informasi berkaitan dengan selera konsumen, tren yang sedang berjalan, kompetitor di suatu bidang, sampai kemungkinan dari pelanggan suatu produk.


Seorang lulusan jurusan bisnis daring pasti akan terbiasa melakukan tugas-tugas tersebut. Apalagi jika riset yang dilakukan secara online. Karena lulusan pasti sudah mempelajari bagaimana cara mempelajari ekosistem online shop dan persaingannya. Hal ini membuat marketing analyst bisa menentukan produk yang tepat. #khairpedia


2. Atur Strategi Pemasaran dengan Menjadi Supervisor Marketing


Tugas utama dari seorang supervisor marketing atau yang disebut juga supervisor pemasaran ini adalah penyusunan strategi. Terutama dalam bidang pemasaran dan penyebarluasan produk. Namun strategi yang disusun ini harus sesuai dengan tujuan atau visi dari perusahaan yang menaunginya.

Supervisor marketing adalah orang dibalik dari strategi dan promosi produk. Seperti campaign-campaign tertentu atau promo-promo yang sedang berjalan. Dalam pekerjaan ini lulusan dituntut memiliki daya analisis, identifikasi, dan pengembangan yang luas demi produk dan citranya pada masyarakat.


3. Buat Strategi Penjualan Sebagai Sales Executive


Pekerjaan untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran berikutnya adalah sebagai sales executive. Jangan samakan pekerjaan ini dengan sales pada umumnya, ya. Sales Executive bertanggung jawab pada order-order besar dan penjualan yang skalanya tidak kecil. Pada pekerjaan ini lulusan akan menjadi semacam jembatan.


Antara perusahaan dan pihak yang ingin memesan dalam jumlah banyak atau konsumen masif. Dalam pekerjaan ini skill berbicara, promosi, dan kemampuan untuk closing harus dipadukan. Jika memang sangat ahli dalam bidang ini.

Gaji dan bayaran yang akan didapatkan bisa sangatlah besar. Bahkan jika sales executive bisa meloloskan order dalam jumlah yang sangat besar. Sales Executive berhak atas komisi yang besarnya 5 sampai 10 persen dari jumlah orderan yang dibuat.


4. Promosikan Produk Secara Online sebagai Social Media Marketing


Sesuai namanya, tugas dari seorang social media marketing adalah mempromosikan produk secara online. Sangat cocok untuk lulusan jurusan bisnis daring yang pasti sudah sangat terbiasa menggunakan sosial media untuk kebutuhan bisnis. Tidak hanya sekedar mempromosikan produk pada sosial media saja.


Seorang social media marketing juga bertanggung jawab dalam membangun citra produk melalui sosial media. Karena itu social media marketers tidak boleh hanya sekedar upload-upload produk saja di sosial medianya. Namun juga merencanakan konten yang ingin ditampilkan, memasukkan juga informasi yang berkaitan dengan produk. Hal ini akan menaikkan branding produk di mata pengikut dan masyarakat luas.


5. Terhubung dengan Masyarakat Sebagai Public Relation


Peluang pekerjaan yang terakhir adalah menjadi seorang public relation. Setiap perusahaan pasti memerlukan peran ini. Karena peran ini yang menjadi barikade pertama interaksi antara perusahaan dan penjual. Pada profesi ini komunikasi adalah yang utama, skill harus ditingkatkan. Selain komunikasi pemahaman atas produk dan penggunaan teknologi juga penting untuk menunjang kestabilan pekerjaan.


Itulah 5 pekerjaan untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran. Ternyata walaupun menjadi jurusan yang masih kurang umum. Potensi pekerjaan bagi lulusan ini sangatlah banyak dan luas. #khairpedia

Baca Juga

LihatTutupKomentar