Pelajaran SMK Jurusan Akuntansi Yang Wajib DIketahui

pelajaran smk jurusan akuntansi

Sekolah menengah kejuruan adalah sekolah yang sudah banyak tersedia di seluruh pelosok negeri dengan berbagai jurusan yang ada. Mulai dari teknologi dan rekayasa, hingga pada bisnis dan manajemen termasuk di dalamnya akuntansi. Pelajaran yang ada dalam akuntansi ini pasti sangat beragam seperti halnya jurusan lain. Apa saja pelajaran smk jurusan akuntansi ini? Berikut penjelasannya:


1. Akuntansi Keuangan


Pertama, yang menjadi pelajaran wajib ada dalam jurusan akuntansi di smk ini adalah akuntansi keuangan. Pasalnya pelajaran satu ini adalah pelajaran wajib dimana di dalamnya berorientasi pada praktik. Bab pertama yang akan ditemukan adalah konsep-konsep dasar dari akuntansi keuangan.


Selebihnya diperlihatkan praktik dari akuntansi keuangannya melalui contoh-contoh soal dan dibarengi dengan mengerjakan soal latihan yang ada di akhir bab. Keunggulan dari pelajaran akuntansi keuangan ini ada 2, yakni adanya contoh kasus dan juga soal evaluasi. Dimana dengan banyaknya contoh kasus siswa diharapkan menguasai penerapan dari akuntansi keuangan di dalam dunia nyata.


Untuk soal evaluasi  biasanya akan ada di tiap akhir bab dalam bentuk essay, pilihan ganda atau contoh kasus. Dengan banyak pertanyaan yang diberikan pada siswa ini bertujuan untuk menguji pemahaman siswa seputar dari konsep serta praktik akuntansi keuangan.


2. Akuntansi Perpajakan


Kedua, yang menjadi pelajaran smk jurusan akuntansi ini adalah akuntansi perpajakan. Sejak adanya tax amnesty dalam pajak, pelajaran akuntansi perpajakan ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Berhubung perpajakan adalah bidang dalam pendidikan yang vokasional dimana nanti seseorang dijamin menjadi ahli pajak.


Siswa akan mempelajari tentang kewajiban dan juga hak-hak wajib dalam dunia pajak baik pribadi maupun badan. Dan jika nantinya diteruskan pada dunia perkuliahan dengan jurusan yang berhubungan dengan pajak, wajib memiliki skill tentang analisis yang bagus. Selain itu, membuat pada laporan-laporan tentu saja harus dikuasai, ya.


3. Anggaran


Ketiga, yang menjadi pelajaran smk jurusan akuntansi yang wajib diketahui ini adalah anggaran. Anggaran dalam akuntansi merupakan bagian sangat penting dimana termasuk pada proses perencanaan. Sebab anggaran ini nantinya menentukan kepastiaan akan pengelolaan sumber daya yang ada guna tercapainya tujuan.


Selain itu anggaran dibuat dalam bentuk laporan keuangan yang secara umum dari perusahaan-perusahaan. Biasanya pelajaran anggaran ini sudah tersedia dalam bentuk rincian-rincian perusahaan yang harus diproses dan terakhir menentukan biaya.


4. Biaya


Keempat, yang menjadi materi wajib dalam smk akuntansi berikutnya adalah biaya. Anggaran dan biaya memang satu pasangan yang tidak mungkin terpisah. Dimana ada anggaran dan disitu pula pasti ada biaya. Nah, pekerjaan yang ada kaitannya dengan anggaran, yang mana pekerjaan ini pasti digunakan untuk mengatur anggaran yang sudah tersedia untuk operasional perusahaan.


Pada bidang ini, semua keilmuannya sangat dibutuhkan terutama dalam menekan biaya guna bisa lebih ekonomis lagi dan hati-hati menggunakan anggaran. Atau apabila anggaran dana itu sudah ditetapkan biasanya tersedia dari perusahaan.


5. Organisasi Nirlaba


Terakhir, dalam pelajaran smk jurusan akuntansi yang wajib diketahui adalah organisasi nirlaba. Jurusan akuntansi ini memang tidak ada hubungannya dengan bidang komersial, akan tetapi sosial perusahaan atau organisasi yang ada.


Fungsi dari pelajaran ini adalah untuk mengatur dimana kondisi penggunaan dana yang didapat pada kegiatan non profit. Misalnya, kegiatan sosial pada perusahaan ataupun yang dikena dengan namanya CSP.


Nah, di atas adalah 5 pelajaran smk jurusan akuntansi yang wajib diketahui. Untuk yang ingin masuk jurusan ini beruntung sekali loh, karena dengan tahu dan mengerti dasar konsep-konsep dari akuntansi bisa dengan mudah mengatur uang dengan baik.

Baca Juga

LihatTutupKomentar