5 Tips Belajar TOEFL Dalam Waktu Singkat, Anti SKS

tips belajar toefl

Sekarang banyak perusahaan, sekolah, dan berbagai lembaga yang mewajibkan seorang pelamar memiliki sertifikat TOEFL. Tidak heran, jika banyak orang yang mengincar nilai dan mengikuti berbagai tips belajar TOEFL. Sayangnya, kadang tidak banyak waktu yang tersedia untuk belajar TOEFL diiringi dengan kesibukan sehari-hari yang lain.


Namun sebenarnya meraih nilai tinggi dalam tes TOEFL bukanlah hal yang sulit bahkan sangat mungkin sekalipun waktu yang tersedia sangat singkat. Tidak perlu melakukan sistem kebut semalam yang sangat melelahkan. 5 tips untuk belajar TOEFL ini bisa membantu untuk mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi sekalipun dalam waktu yang singkat:


1. Meluangkan Waktu untuk Belajar


Daripada menggunakan sistem kebut semalam atau SKS lebih baik mencicil materi setiap harinya. Caranya dengan waktu untuk belajar setiap harinya, tidak perlu meluangkan waktu terlalu banyak. Cukup luangkan 1 sampai 2 jam setiap hari dan khususkan waktu tersebut hanya untuk mempelajari materi TOEFL.


Walaupun singkat, namun jika dilakukan setiap hari sebelum menjelang ujian. Pastinya materi akan lebih masuk ke dalam otak daripada dipaksa sekaligus dalam waktu semalam. Selain itu saat belajar, usahakan suasana serileks mungkin. Cari tempat yang tenang dan susunan strategi belajar, agar waktu belajar semakin menyenangkan dan semakin efektif untuk menyerap materi.


2. Sering Nonton Film Untuk Meningkatkan Listening


Listening akan menjadi salah satu bagian dari tes TOEFL. Kemampuan mendengarkan penutur asing ini bisa diasah dengan menonton film berbahasa Inggris. Cara ini dijamin sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening. Karena akan ada berbagai macam percakapan dan situasi dialog yang muncul dalam film. #khairpedia


Jika bisa tontonlah suatu film berbahasa Inggris tanpa subtitle agar semakin mempertajam kemampuan listening. Bisa juga menggunakan lagu berbahasa Inggris, namun cara ini dirasa kurang efektif. Karena di dalam lagu lirik-liriknya tidak mengandung percakapan atau situasi dialog tertentu. Jadi lebih baik menggunakan film tanpa subtitle saja.


3. Manfaatkan Latihan Online TOEFL


Tips belajar TOEFL selanjutnya adalah memanfaatkan berbagai latihan TOEFL secara online. Sekarang ini sudah banyak lembaga atau situs-situs yang menyediakan latihan soal TOEFL secara online. Latihan-latihan ini juga biasanya tersedia secara gratis, jadi tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.


Semakin sering melakukan latihan soal TOEFL, akan semakin terbiasa pula otak untuk menghadapi pola soal TOEFL. Hal ini selain akan menambah pengetahuan mengenai soal yang akan keluar. Sekaligus membiasakan diri dengan situasi tes dan soal tes. Jika sudah terbiasa, ketegangan akan berkurang dan hasil yang diraih bisa lebih maksimal karena merasa rileks.


4. Hafalkan Banyak Vocab


Pada bagian tes reading TOEFL akan muncul banyak passage-passage dan vocab-vocab yang mungkin belum pernah disadari jika ada. Karena jenis passage dan vocab yang muncul sangat tidak terduga pada bagian tes ini. Ada baiknya untuk menghafalkan vocab sebanyak yang mampu dihafalkan.


Namun jangan terlalu memaksakan diri untuk mengingat semua vocab. Untuk mempermudah, vocab-vocab bisa dikaitkan dengan suatu benda atau situasi. Hal ini agar otak terbiasa untuk menghafalkan dan menerapkan.


5. Disiplin Adalah Kunci


Semua tips yang dituliskan dituliskan dalam daftar ini dipastikan bisa membantu untuk mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi. Namun semua usaha akan percuma jika dilakukan setengah-setengah saja. Kunci yang sebenarnya dari nilai TOEFL yang baik adalah disiplin yang tinggi. Melakukan latihan dan belajar secara rutin lebih penting daripada belajar banyak materi dalam waktu singkat.


Itulah 5 tips belajar TOEFL dalam waktu singkat tanpa harus menggunakan sistem kebut semalam. Lebih baik untuk menghindari SKS semepet apapun waktu yang tersedia untuk belajar. Selain karena tidak mungkin untuk belajar banyak hal dalam waktu singkat. Sistem tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. #khairpedia

Baca Juga

LihatTutupKomentar