-->

Informasi Seputar Poltekpar Prima Internasional Cirebon


Dimasa pandemi seperti saat ini, pariwisata di Indonesia sedang menghadapi cobaan yang berat. Namun dalam jangka panjang, pariwisata tetap memiliki prospek yang bagus. Jadi bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di bidang pariwisata, bisa segera bergabung di Poltekpar Cirebon#khairpedia
Berikut ini informasi dari kampus poltekpar di Cirebon:

Profil Kampus dan Jurusan

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan kampus ini. Wajar saja karena politeknik ini merupakan kampus baru yang ada di Cirebon. Meskipun kampus baru, kualitasnya terbilang bagus. Kampus ini bisa menjadi alternatif bagi lulusan SMA/SMK yang ingin belajar di bidang pariwisata.


Kampus yang dikenal Politeknik Pariwisata Cirebon ini termasuk sebagai kampus yang baru. Pasalnya kampus ini baru berjalan 3 tahun, semenjak berdiri tahun 2018. Tidak perlu khawatir soal legalitasnya, kampus ini sudah mendapatkan SK perguruan tinggi dengan nama Politeknik Pariwisata Prima Internasional.


Kampus Poltekpar Cirebon ini didirikan oleh yayasan prima ardian tana. Yayasan ini sudah lama berkecimpung di dunia kebudayaan dan pendidikan. Kegiatan mengurus seni tari, rupa, dan kesenian lainnya sudah biasa dilakukan. Tidak hanya dalam negeri, namun juga sampai diundang ke luar negeri. Jadi tidak perlu khawatir, pengalamannya di bidang pariwisata sudah cukup mumpuni.


Saat ini, sudah ada 3 jurusan yang dikembangkan oleh kampus ini. Semua jurusannya yaitu Diploma. Jurusannya yaitu, pertama D4 pengelolaan perhotelan, kedua D4 pengelolaan konvensi dan acara, dan terakhir yaitu D3 perhotelan.


Keunggulan Kampus Poltekpar Cirebon

Hal yang menarik apabila calon mahasiswa berkuliah di kampus ini akan merasakan berbagai keunggulan ini. Pertama, mahasiswa tidak akan belajar teori saja, namun juga praktek yang sesuai. Banyak kampus yang hanya menitikberatkan pada teori semata. Namun di kampus ini, porsi praktikumnya lebih besar yaitu 60% daripada teorinya. #khairpedia


Keunggulan kedua yaitu, meskipun masih baru namun kerjasama internasional sudah dibangun. Jadi para mahasiswa yang ingin magang atau praktek di luar negeri, bisa dibantu oleh kampus. Selain itu, bisa juga mengikuti program pertukaran mahasiswa ke luar negeri yang diselenggarakan oleh kampus ini.


Kualitas pengajarannya juga cukup baik, karena poltekpar cirebon tidak hanya mendatangkan dosen-dosen dengan mutu yang baik. Namun juga mendatangkan instruktur yang memang berpengalaman di bidang perhotelan maupun pariwisata. Sehingga para mahasiswa bisa menanyakan secara langsung kondisi di lapangan kerja.


Meskipun masih baru, fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap. Apalagi yang terpenting yaitu sarana praktikumnya. Karena metode pembelajarannya yang lebih mengedepankan praktek daripada teori, maka laboratorium praktikum lebih dibutuhkan. Laboratorium yang disediakan tidak hanya berkaitan dengan hotel, namun juga restoran.


Sehingga para mahasiswa nantinya bisa belajar secara langsung dan melakukan demo. Misalnya mahasiswa mempraktekkan cara menyiapkan makanan atau minuman dengan standar internasional, menata kamar tidur di hotel, melayani tamu hotel maupun restoran. Pada saat lulus, mahasiswa sudah ada pengalaman maupun pembelajaran secara langsung. Bukan hanya  sekedar teori.


Prospek Lulusan

Meskipun hanya punya tiga jurusan, namun secara prospek lulusannya terbilang menjanjikan. Seperti, para mahasiswa yang lulus dari studi D4 pengelolaan perhotelan bisa bekerja baik di instansi pemerintah, swasta, maupun berwirausaha. Di swasta misalnya, mahasiswa tidak hanya bisa bekerja di perhotelan, namun di perbankan maupun restoran juga bisa. #khairpedia


Demikian 6 informasi tentang Poltekpar Cirebon yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Meskipun saat ini, bidang pariwisata lagi terkena cobaan yang berat dari adanya wabah Covid 19 ini. Namun dalam jangka panjang, industri pariwisata pasti akan berjaya lagi.

 

Baca Juga

LihatTutupKomentar