-->

Tata Cara Daftar Poltekim Secara Online


POLTEKIM atau Politeknik Imigrasi adalah salah satu contoh perguruan tinggi negeri yang memiliki banyak peminat. Di bawah ini terdapat cara daftar Poltekim serta persyaratan yang diperlukannya. #khairpedia
Silakan simak ulasannya berikut ini:

Kriteria Pelamar

Sebelum melakukan pendaftaran ke Poltekim, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu kriteria pelamar yang ingin mendaftar. Terdapat 4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melamar. Apa saja 4 hal tersebut?


Pertama, formasi umum, yang merupakan pelamar yang telah lulus SMA/sederajat yang sudah memenuhi kriteria persyaratan untuk melamar. Kedua, kategori putra/i Papua/Papua Barat, yaitu pelamar yang telah lulus SMA/sederajat keturunan Papua dibuktikan dengan dokumen-dokumen resmi seperti KTP dan akta kelahiran. #khairpedia


Cara Cek Turnitin di Politeknik


Untuk formasi yang ketiga yaitu formasi pegawai. Formasi ini adalah pelamar yang sebelumnya sudah diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham. Tentunya pengangkatan tersebut sudah memenuhi ketentuan persyaratan yang telah ditetapkan.


Terakhir, ada kategori pegawai putra/i Papua/Papua Barat. Kategori ini merupakan seorang pelamar dengan keturunan asli dari Papua/Papua Barat yang sudah menjadi PNS Kementerian Hukum dan HAM. Dimana hal tersebut telah sesuai dan memenuhi kualifikasi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya.


Berkas Persyaratan

Terdapat beberapa berkas persyaratan yang harus disiapkan oleh pelamar apabila ingin mendaftar ke Poltekim. Dokumen yang perlu disiapkan antara lain surat lamaran dengan materai 10 ribu, e-KTP, ijazah asli, dan akta kelahiran. Selain itu ada juga surat keterangan belum menikah, surat pernyataan 6 poin, pas foto dengan background biru, dan surat keterangan lulus (apabila baru lulus dan ijazah belum keluar).


Tata Cara Pendaftaran

Setelah mengetahui kriteria pelamar dan berkas-berkas persyaratannya, selanjutnya adalah tata cara pendaftaran. Di bawah ini terdapat beberapa ketentuan dan tata cara untuk daftar Poltekim. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:


1. Melakukan Pendaftaran Online

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan pendaftaran secara daring melalui website resmi. Pelamar disini adalah kategori pelamar umum dan putra/putri Papua, Papua Barat. Setelah masuk ke website-nya, selanjutnya pelamar bisa melihat informasi apa saja yang menjadi persyaratan.


Terkhusus untuk pelamar pada kategori pegawai dan pegawai putra/putri Papua dan Papua Barat, diarahkan untuk mendaftar di website tertentu. Website yang dimaksud ialah catar.kemenkumham.go.id, kemudian lakukan upload dokumen lamaran dan bukti cetak telah melakukan pendaftaran.


2. Memilih Satu Sekolah Kedinasan

Kedua, memilih satu sekolah kedinasan. Pelamar hanya diperkenankan untuk memilih satu sekolah kedinasan saja. Ini sudah menjadi peraturan yang ditetapkan dan wajib ditaati oleh seluruh pelamar yang akan mendaftar. Apabila dilanggar, akan terdapat sanksi bagi yang melakukannya. #khairpedia


Apabila pelamar diketahui memilih lebih daripada satu sekolah, maka pelamar itu dinyatakan tidak dapat lolos tahap administrasi. Selain itu, apabila terjadi kesalahan pilih sekolah kedinasan juga, pihak panitia tidak dapat mengubahnya. Sepenuhnya merupakan tanggung jawab pelamar itu sendiri ketika melakukan pendaftaran.


3. Unggah Dokumen

Tata cara daftar terakhir yaitu mengunggah dokumen. Untuk setiap kriteria pelamar yang berupa formasi-formasi yang telah disebutkan diatas, terdapat ketentuan yang berbeda-beda. Dokumen persyaratan yang perlu disiapkan berbeda tergantung setiap formasi. Namun, pada umumnya semua formasi hampir sama, hanya terdapat sedikit perbedaan.


Itu dia sekilas informasi mengenai tata cara daftar Poltekim secara online. Diharapkan kepada setiap pelamar untuk bisa mematuhi peraturan yang telah dibuat dan melakukan pendaftaran sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Dengan begitu, pelamar bisa melanjutkan proses seleksi hingga selesai. #khairpedia


Baca Juga

LihatTutupKomentar