-->

Tips Agar Bisa Lolos Beasiswa LPDP Harvard


Berkuliah di Harvard mungkin menjadi impian banyak calon mahasiswa. Namun, tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk bisa berkuliah di Harvard, sangatlah besar. Untuk itu, kini pemerintah telah menyediakan beasiswa LPDP bagi para mahasiswa cerdas agar bisa berkuliah di Harvard. Dan pada artikel kali ini, penulis akan menerangkan tips agar bisa lulus beasiswa LPDP Harvard.

Apa Itu Beasiswa LPDP Harvard

Program beasiswa LPDP adalah beasiswa yang dilaksanakan oleh negara dibawah manajemen Kemenkeu. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa berprestasi yang ingin menyambung pendidikan ke tingkat S2 atau S3. LPDP menyediakan tujuan universitas mulai dari dalam negeri hingga universitas luar negeri, termasuk Harvard.

Perlu diketahui, bahwa beasiswa S1 Harvard tidak termasuk ke dalam program LPDP. Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister (S2) dan jenjang doktoral (S3). Untuk mengetahui persyaratan dan apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti beasiswa LPDP, bisa langsung mengklik tautan berikut ini.

Jika lolos beasiswa LPDP, maka segala biaya mahasiswa termasuk biaya hidup dan biaya pendidikan akan ditanggung oleh negara. Dengan kata lain, mahasiswa bisa berkuliah secara gratis tanpa harus pusing memikirkan soal biaya. Untuk calon mahasiswa S3 Harvard yang sudah menikah, pemerintah juga menyediakan biaya tunjangan keluarga. 

Tips Cara Dapat Beasiswa Di Harvard

Karena beasiswa ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah, calon mahasiswa yang mendaftar pun sangat membludak jumlahnya. Untuk itu, para pendaftar harus mengetahui cara atau tips agar bisa lolos beasiswa LPDP di Harvard. 

1. Pastikan Memiliki LoA

LoA atau Letter of Acceptance adalah surat yang dikeluarkan oleh Universitas luar negeri seperti Harvard untuk calon mahasiswa yang sekiranya sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan oleh universitas. Berikut adalah persyaratan agar bisa mendapatkan LoA dari Harvard:

  • Melakukan pendaftaran secara online.
  • Membuat Statement of purpose.
  • Melampirkan resume.
  • Memiliki setidaknya 3 surat rekomendasi.
  • GRE.
  • Memiliki skor IELTS min 7.5.
  • Melampirkan transkrip nilai.
  • Membayar biaya pendaftaran.

2. Banyak Latihan Try Out

Untuk bisa lolos tes GRE dan memiliki skor IELTS yang tinggi, para calon mahasiswa sebaiknya berlatih try out secara rutin. Banyak sekali contoh-contoh soal tes GRE dan IELTS yang bisa ditemui di internet. Dengan mengikuti banyak try out, calon mahasiswa bisa tahu dimana letak kekurangan dan memperbaiki kekurangan tersebut.

3. Persiapkan Essay dengan Baik

Ketika mendaftar beasiswa S2 Harvard di LPDP, calon mahasiswa harus mempersiapkan essay. Ada dua jenis essay yang harus dipersiapkan, yaitu essay rencana saat program studi sudah berakhir dan kembali ke Indonesia, serta essay khusus rencana studi di Harvard (pernyataan pribadi). Ada baiknya calon pendaftar mempersiapkan essay dengan baik dari jauh-jauh hari.

Salah satu cara agar bisa memiliki essay yang baik adalah sering berkonsultasi dengan orang lain yang berpengalaman atau mahasiswa yang sudah pernah merasakan beasiswa LPDP. Pendaftar harus memikirkan rencana essay yang baik agar menarik minat universitas.

4. Persiapkan Wawancara dengan Baik

Langkah terakhir yang menentukan apakah pendaftar lolos adalah tes wawancara. Ini merupakan momen yang paling krusial yang harus dijalani oleh calon mahasiswa. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar tidak gugup ketika diwawancara. Jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri dan bicaralah secara sopan dan santun.

Demikian tadi tips agar lolos beasiswa LPDP Harvard yang mungkin bisa dijadikan sebagai panduan oleh calon mahasiswa. Dengan mengikuti tips yang diberikan dan mempersiapkan diri dengan baik, bukan tidak mungkin calon mahasiswa bisa lolos beasiswa LPDP ini.

Baca Juga

LihatTutupKomentar