Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Magang Untuk Mahasiswa Semester 5

magang mahasiswa online
Magang menjadi salah satu program yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Seperti yang diketahui tujuan dari mengikuti magang untuk menambah pengalaman di dunia kerja. Umumnya program magang untuk mahasiswa semester 5 bisa dipilih sesuai bakat dan minat. #ikatancendikia


Apa Saja Kesibukan Mahasiswa Semester 5?


Umumnya mahasiswa di setiap kampus saat menginjak semester 5 akan lebih fokus untuk melakukan PKL atau Program Pengalaman Lapangan dan PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Bahkan, setiap mahasiswa juga mempunyai kebebasan memilih perusahaan mana yang akan dipilih.


Intinya program magang yang diambil ini sesuai jurusan. Misalnya saja jika mengambil jurusan ekonomi, bisa mengambil magang di perusahaan untuk bagian akuntansi. Contoh lainnya misalkan mengambil jurusan pendidikan, bisa magang di sekolah atau yayasan tertentu. 


Tips Mencari Tempat Magang


Mencari tempat magang yang tepat, penting sekali untuk dilakukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar nantinya program magang dapat dilakukan dengan menyenangkan dan tentunya maksimal. Adapun lebih jelasnya berikut ini tips-tipsnya.


Riset Perusahaan


Tips pertama yang harus dilakukan untuk mencari tempat magang yaitu riset perusahaan. Keuntungan yang didapatkan jika melakukan tips ini yaitu dapat mengetahui latar belakang dari perusahaan tersebut dan bergerak di bidang apa. 


Selain itu, cari juga informasi lebih lengkapnya mengenai fleksibilitas jadwal kerja, prosedur penerimaan magang, sistem pembayaran serta proses yang dibutuhkan. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, tentu akan lebih siap lagi. 


Memilih Sesuai Dengan Jurusan


Tips yang tak kalah penting dalam mencari tempat magang yaitu menyesuaikan dengan jurusan. Mengingat banyak sekali perusahaan menerima program magang dengan syarat jurusan tertentu. Tentunya dengan hal yang seperti ini akan memudahkan untuk menerapkan ilmu yang dimiliki saat kuliah.


Misalnya saja jika anda mengambil jurusan ilmu komunikasi, lokasi yang tepat untuk program magang seperti media penyiaran, konsultan hubungan masyarakat, agensi dan lain sebagainya. Selain itu, sertifikat yang didapatkan juga bisa menambah isi CV.#ikatancendikia


Menentukan Lama Magang


Adapun tips mencari tempat magang untuk mahasiswa semester 5 selanjutnya yaitu dengan menentukan lamanya. Namun, umumnya maka program ini dilakukan dalam jangka waktu 3-6 bulan. Lebih dari itu, sebenarnya setiap perusahaan mempunyai wewenang tersendiri mengenai batasa waktu.


Intinya untuk memudahkan dalam mengikuti magang ini, tentukan berapa bulan dan bagaimana sistem kerjanya. Maksudnya ada banyak sistem kerja Part Time, full time dan freelance. Hal terpenting yang harus dipertimbangkan yaitu jadwal kuliah. 


Membuat CV


Meskipun hanya sebatas magang, tapi membuat lamaran kerja dan CV penting untuk dilakukan dengan segera. Dalam hal ini jangan hanya terfokus untuk mengirim CV ke satu tempat saja. Lebih baik mengirim ke beberapa tempat sekaligus. 


Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mendapatkan kesempatan untuk interview lebih banyak. Sedangkan tips untuk membuat  CV yaitu perhatikan penulisannya dengan tepat dan singkat, agar pihak perusahaan mudah memahami. 


Membangun Kesan yang Baik


Selama mengikuti program magang, sangat disarankan untuk bisa membangun kesan yang baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar nantinya bisa menambah relasi dengan mudah. Maksudnya, setelah lulus kuliah akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk dipanggil kerja pada perusahaan.


Cara membangun relasi yang tepat dengan menjalin komunikasi dengan berbagai divisi. Misalnya saja pertanyaan mengenai pekerjaan dan saran selama magang. 


Adanya magang untuk mahasiswa semester 5 ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran apa pentingnya. Disisi lain, magang ini juga menjadi waktu yang paling tepat untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman.#ikatancendikia