Table of Content

Cek Turnitin Di UMS Solo

Dosen dan mahasiswa yang belum paham penggunaan Cek Turnitin, disediakan pelatihan cek plagiasi menggunakan Turnitin di Perpustakaan Pusat UMS.

cek-plagiasi-turnitin-ums

UMS Solo yang sebenarnya adalah singkatan dan nama populer di kalangan masyarakat bagi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah satu dari 164 kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah (disingkat: PTM), dan satu dari 1.890 kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

UMS terletak di kawasan Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Amal usaha (istilah lembaga di Muhammadiyah) bidang pendidikan tinggi ini berdasarkan pada tekad untuk mewujudkan kampus sebagai pusat "Wahana Keilmuan dan Keislaman", yang mampu menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta kepada budaya islami, dengan tetap menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan juga berbagai keterampilan hidup yang dilandasi dengan pelaksanaan nilai-nilai keislaman. #khairpedia

Dengan kerja keras, sifat jujur, rasa ikhlas, kesabaran hati, dan integritas tinggi, pikiran positif, rasional dan intelektual, objektif dan inovatif, adil dan berhati bersih, sebagai landasan nilai moral dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan juga ilmu-ilmu keislaman yang senantiasa ditanamkan kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademik UMS dalam menyongsong era globalisasi.

Era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan sistem informasi dan komunikasi menimbulkan interdependensi yang sangat kuat. Oleh sebab itu, perguruan tinggi berkontribusi dalam memainkan peran menentukan dalam upaya pembentukan kualitas dan mentalitas sumberdaya insani sebuah bangsa, khususnya dengan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi kepada para mahasiswanya.

Cek Turnitin Adalah


UMS sebagai salah satu kampus di tanah air merasa ikut bertanggung jawab dan tidak bisa lepas dari upaya pembinaan generasi muda bangsa, dalam menghadapi tuntutan kemajuan dunia global.

UMS Solo atau Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang ada di bawah organisasi persyarikatan Muhammadiyah. UMS berdiri secara resmi berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (No. 0330/O/1981) yang dikeluarkan pada tanggal 24 Oktober tahun 1981, sebagai perubahan dan bentuk baru dari kampus yang sebelumnya dikenal dengan kampus IKIP Muhammadiyah Surakarta.


Sebelum secara resmi menjadi UMS, secara organisasi dan kelembagaan UMS pada mulanya berasal dari pengembangan Fakultas-Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang membuka Cabang di Surakarta pada tahun 1957.


Para tokoh perintisnya yang sangat berperan pada saat pendiriannya antara lain yaitu Ibu Sudalmiyah-Suhud Rais, Bapak Radjab-Bulan Hadipurnomo, Bapak Muhammad Syafa’at-Habib, Ibu Sulastri Gito-Atmodjo, dan KH.Syahlan Rosyidi. #khairpedia

Saat ini, UMS Solo mempunyai 12 fakultas S1, Pasca Sarjana, Program profesi, dan juga Sekolah Vokasi (sekolah teknik dan politeknik) pada berbagai program studi dan bidang keahlian. Untuk lebih informasi lebih lengkapnya, silahkan akses halaman resminya di www.ums.ac.id.


Akreditasi Unggul BAN-PT

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada tahun 2022 memberikan pembutktian peningkatan kualitas. Akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) diraih sebanyak 32 program studi (prodi) UMS. mencakup program sarjana 23 prodi, sedangkan 8 dari program magister dan 1 program profesi.

Predikat akreditasi unggul bermakna kampus UMS Solo memiliki prestasi sangat baik dan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Sesuai dengan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi, peringkat akreditasi diklasifikasikan menjadi unggul, baik sekali, dan baik atau tidak terakreditasi merupakan kategori untuk kualitas prodi dan kualifikasi perguruan tinggi.


Cek Turnitin Di UMS Solo

1. Panduan Cek Turnitin melalui Petugas Perpustakaan UMS

Para mahasiswa bisa melakukan proses Cek Turnitin sendiri secara gratis, dengan terlebih dahulu meminta username dan passwordnya kepada petugas penanggung jawab e-journal dan juga turnitin pada bagian informasi kampus, yang dilakukan pada hari dan jam kerja, yaitu senin s/d Jumat Pkl.08.00-Pkl.16.00 WIB. #khairpedia


Pengecekan turnitin juga bisa dengan menggunakan bantuan jasa pengelola perpustakaan kampus, namun dengan biaya yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Selain itu, para mahasiswa yang menyewa jasa pihak pengelola diharapkan memenuhi ketentuan jasa pengecekan turnitin kampus, yaitu:

  • 1) Mahasiswa wajib mencatumkan cover (halaman judul) yang berisi judul, nama, NIM, dan jurusannya;
  • 2) Mengirim atau memberikan file karya tulis dalam bentuk Ms.word 97-2003 atau Rich text format (RTF);
  • 3) File diberi nama dengan format Nama mahasiswa_NIM;
  • 4) File skripsi dan lain-lain yang akan dicek turnitin dikirim ke email turnitinperpus@ums.ac.id, dengan subjek email Nama_NIM;
  • 5) Tidak diperkenankan mengirim file berbentuk link, maupun lampiran dari cloud storage;
  • 6) File yang terkirim 2x dikenai biaya dua kali juga, serta akan diakhirkan dalam pengerjaan;
  • 7) Biaya cek plagiat akan dikenakan kepada Nama dan Nim mahasiswa bersangkutan dengan sistem KOHA;
  • 8) Mahasiswa tidak diperbolehkan mengirim file dengan menggunakan lebih dari satu akun turnitin, karena akan menyulitkan petugas;
  • 9) Tidak dibenarkan berbuat curang demi lolos plagiarism, dan jika terjadi maka akan dilaporkan ke pihak prodi untuk diberikan sanksi;
  • 10) Adapun khusus untuk program pascasarjana, maka cek turnitin dilakukan oleh pihak perpustakaan pasca sarjana;

2. Cara Pendaftaran dan Perpanjangan Akun Turnitin UMS Solo

Pendaftaran atau aktivasi dan juga perpanjangan akun turnitin UMS Solo dapat dilakukan dengan cara mengirim email ke pihak perpustakaan UMS Solo dengan format:

  • 1) Menuliskan nama lengkap dan jug NIM;
  • 2) Mencantumkan alamat email;
  • 3) Melampirkan foto KTM ataupun Kartu Anggota Perpustakaan UMS;
  • 4) Pada bagian subject email dituliskan “Perpanjang Akun Turnitin”;
  • 5) email dikirim ke turnitinperpus@ums.ac.id;
  • 6) Jika sudah mendapatkan email balasan dari pihak pengelola perpustakaan, maka para mahasiswa perlu mengklik link yang dikirimkan di dalamnya, dan mengikuti semua langkah di dalamnya;

Layanan Turnitin UMS

Sebagai upaya pencegahan plagiasi di lingkungan UMS, Unit Perpustakaan melakukan berbagai cara dari pelatihan Pelatihan Sitasi Mendeley, Metodologi Riset,  maupun pelatihan penggunan software pendeteksian plagiasi. Kebijakan penggunaan software cek plagiasi di UMS yaitu mewajibkan civitas akademik untuk menggunakan software berbasis web Turnitin. 

Turnitin adalah web service pengecekan plagiasi berbasis web untuk melacak dan mendeteksi tingkat kesamaan (similarity) suatu karya/ naskah (jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan lainnya) terhadap database naskah lain yang telah di publish secara umum di dunia maya serta di database turnitin. Akun Turnitin yang tersedia yaitu instruktur untuk dosen/ unit biro/ staff terlatih, namun juga tersedia akun student untuk mahasiswa dan akun khusus untuk administrator (pengelola).

Dosen/ mahasiswa yang belum paham penggunaan Cek Turnitin dan menginginkan pelatihan, maka disediakan pelatihan di Perpustakaan Pusat UMS. Caranya adalah setiap user harus registrasi terlebih dahulu menggunakan e-mail aktif. #khairpedia
Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar