Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Manfaat Akun Google Workspace

membuat-akun-google-workplace
Salah satu aplikasi dari Google yang banyak digunakan adalah Google Workspace, dengan memanfaatkan akun Google Workspace maka seluruh proses yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi akan lebih terpantau sehingga keamanan dari data lebih mudah dipantau. #khairpedia

Pada awalnya Google Workspace diluncurkan dengan nama G Apps, sebuah layanan terobosan yang berbasiskan sistem cloud. Kemudian pada tahun 2016 Google mengganti namanya menjadi G Suite.

PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)
Universitas Terbuka

Cara menggunakan Google Workspace pun bisa dikatakan cukup mudah, karena seluruh yang dibutuhkan sudah tersedia secara otomatis seperti Email, pengelolaan dokumen, media penyimpanan termasuk beberapa aplikasi lainnya yang secara berkala diperbaharui daftarnya oleh pihak Google.

Aplikasi Yang Terdapat Pada Google Workspace


Sebagai sebuah layanan yang mencakup beberapa aplikasi pendukung didalamnya, Google menyertakan beberapa Aplikasi dan Fitur di dalam layanan ini, seperti berikut:

Layanan Email - Gmail


Gmail adalah layanan mengirimkan surat elektronik yang memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Antispam

  • Surat ditampilkan dalam bentuk percakapan

  • Kapasitas Besar

  • Antivirus


Media Penyimpanan - Google Drive


Sistem penyimpanan dengan berbasis cloud ini sangat mudah digunakan dan dapat diakses dimanapun. Selain untuk media penyimpanan, Google Drive juga dilengkapi dengan fitur berbagi atau sharing yang mudah.

Layanan Calendar - Google Calendar


Sama seperti Google Calendar yang dapat digunakan secara gratis oleh pemilik akun Google, hanya saja pada layanan Google Calendar yang ada pada Google Workspace akan dapat dikolaborasikan antara satu divisi dengan divisi lainnya dalam satu organisasi yang terdaftar.

Aplikasi Office - Google Docs, Sheet dan Slides


Rangkaian aplikasi Office suite yang dimiliki oleh Google ini diberikan secara gratis dan bisa diakses dari mana saja. Aplikasi ini sudah dapat membaca file dengan format docx atau format default dari Microsoft Office yang banyak digunakan di platform Windows. #khairpedia

Aplikasi Survey/Formulir - Google Form


Aplikasi ini dapat digunakan untuk keperluan survey dan juga pengisian formulir, Selain dari itu aplikasi ini sudah terintegrasi dengan baik dan berkolaborasi dengan Google Office Suite.

Aplikasi Lainnya


Google juga menyediakan aplikasi tambahan seperti Google Meet yang bisa digunakan untuk tatap muka jarak jauh, Google Keep, termasuk Google sites dan masih banyak aplikasi penunjang lainnya yang dapat berkolaborasi dengan baik antara satu dengan lainnya.

Google juga tetap terus meng-update baik itu menambahkan fitur maupun menambahkan layanan barunya secara berkala yang langsung dapat dimanfaatkan oleh pengguna akun Google.

Cara Menggunakan Google Workspace


Untuk dapat menggunakan Google Workspace maka diperlukan pendaftaran yang akan dikenakan biaya sebab layanan ini bersifat berbayar. Besaran biaya ini berubah-ubah tergantung waktu pendaftarannya dan juga lokasi mendaftar.

Sedangkan cara menggunakan Google Workspace pun sangat mudah, seperti layaknya ketika kita menggunakan akun Google versi gratis untuk mengakses layanan-layanan yang dimiliki oleh Google seperti Google Office, Google Meet, Gmail dan sebagainya.

Perbedaan dari Google versi gratis dengan Google Workspace adalah seluruh fitur nya akan berkolaborasi dengan layanan yang diaktifkan oleh administrator utama dari sebuah perusahaan atau organisasi yang menggunakan Google Workspace.

Google Workspace juga kini dimanfaatkan untuk e-learning atau belajar dengan metode online dengan memanfaatkan fitur seperti Google Meet, Google Classroom dan juga Google Form. #khairpedia

Seluruh akses dari masing-masing layanan tersebut memiliki batasan-batasan yang telah disesuaikan dengan hak akses dari anggota organisasi atau karyawan perusahaan. Dengan demikian penggunaannya pun lebih terorganisir dan lebih mudah dalam pemanfaatannya selain segi keamanan yang lebih baik.

Sehingga tidak mengherankan apabila dalam organisasi yang sama dalam satu Google Workspace akan memberikan pilihan opsi dari aplikasi atau layanan yang berbeda-beda antara satu anggota dengan anggota lainnya.

Pembelajaran Menarik Menggunakan Google Workspace

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat, terutama koneksi internet semakin cepat sehingga peluang pengembangan layanan informasi sangat terbuka lebar. Sektor pendidikan yang terdampak pasca pandemi pada Maret 2020, menjadikan masing-masing Pemerintah Daerah menerbitkan kebijakan teknis aktivitas di dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka secara langsung sementara diganti dengan pembelajaran daring (online), dimulai tingkat sekolah dasar dan menengah, bahkan sampai dengan perguruan tinggi. Tahun pembelajaran 2021/2022, wilayah dengan zonasi masuk dalam zona hijau diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka namun harus mengikuti protokol Kesehatan 5M. Protokol Kesehatan tersebut mencakup cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkerumun dan meminimalkan mobilitas. Globalisasi saat ini yang semakin berkembang membutuhkan inovasi pembelajaran jarak jauh yang menarik, pemanfaatan berbagai platform memudahkan pembelajaran daring, salah satunya adalah Google Workspace for Education. Bukan hanya pemanfaatan whattsap, Google Workspace for Education merupakan TOOLS (Platform) Digital dan layanan dari Google yang kompatibel untuk sekolah, bahkan homeschooling, penyederhanaan instruksi serta mendukung keamanan pembelajaran jarak jauh. #khairpedia Penawaran dari Google Workspace for Education sangat beragam sehingga kebutuhan lembaga pendidikan dapat terpenuhi. Layanan Google suit for Education diantaranya Google Kelas / Classroom adalah perangkat utama G-Suite for Education sebagai alat untuk mengatur kegiatan kelas, antara lain membuat kelas (create), pengiriman tugas ke siswa, pengiriman saran terintegrasi satu tempat, tanpa mengunakan kertas (paperless) atau bisa dikatan secara instant. Gmail melalui G Suite for Education menyediakan fasilitas e-mail berbasis Google yang aman dengan kuota penyimpanan 30 GB. G Drive sebagai penyedia penyimpanan data online untuk berbagai kebutuhan Pendidikan. Penyimpanan data aman dengan prosedur akses data secara ketat dan kapasitas penyimpanan melimpah.

Akun Pembelajaran

Inovasi pembelajaran diperlukan yang bertujuan supaya siswa lebih antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran. Setiap Kegiatan Belajar Mengajar di kelas yang ingin mencoba menggunakan Google Kelas (Classroom), maka masing-masing siswa dapat membuat Akun Pembelajar.

Inovasi pembelajaran diperlukan yang bertujuan supaya siswa lebih antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran. Setiap Kegiatan Belajar Mengajar di kelas yang ingin mencoba menggunakan Google Kelas (Classroom), maka masing-masing siswa dapat membuat Akun Pembelajar. #khairpedia Apa itu Akun Pembelajaran? Akun pembelajaran adalah platform online dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password). Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dapat memanfaatkan sebagai akun untuk akses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Cara aktivasi Akun pembelajaran @belajar.id dari Kemendikbud melalui Create nama akun (user id) dan akses masuk akun (password). Akun pembelajaran dari operator Satuan Pendidikan untuk masinig-masing satuan pendidikan sekolah. Membuka halaman mail.google.com, kemudian memasukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password). Apabila pengguna kesulitan aktivasi, dapat menghubungi guru kelas masing-masing atau operator sekolah. #khairpedia