Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa Itu Ilmu Pengetahuan Sosial ? Inilah Penjelasan Selengkapnya

Apa itu ilmu pengetahuan sosial ? tentu jawabannya tidak jauh dengan kehidupan manusia dan lingkungannya. Bidang keilmuan ini memungkinkan peserta didik mempelajari banyak yang berkaitan dengan Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain sebagainya. Pembelajaran ini diberikan di sekolah dalam berbagai jenjang pendidikan yang dijalankan.

Setiap jenjang pendidikan nantinya pembahasan kajian disesuaikan. Hal tersebut diterapkan oleh peserta didik untuk mempelajari, mengkaji serta berpikir kritis mengenai masalah atau peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang IPS serta informasi lainnya yang wajib disimak.

Mengenal Pengertian IPS

IPS diketahui sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki kaitan erat dengan lingkungan sosial untuk mempelajari tentang tingkah laku manusia yang berperan sebagai anggota masyarakat. Tingkah laku tersebut mempunyai sejumlah aspek dari ekonomi, budaya, mental hingga hubungan sosial. Berikut ini definisi IPS menurut para ahli  perlu, antara lain:

1. Sapriya (2006)

Menurut Sapriya, IPS dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang penerapannya dipadukan konsep sosial dengan lainnya. Lalu, diolah kembali menurut prinsip dari pendidikan untuk diaplikasikan pada program pengajaran di tingkatan sekolah. IPS diterapkan mulai dari tingkatan pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

2. Djodjo Sutadisastra (1991)

Apa itu ilmu pengetahuan sosial ? Menurut ahli tersebut, IPS pada dasarnya membahas tentang kajian mengenai manusia dan dunia serta sekelilingnya. Kajian pokok dari pengertian pendidikan IPS dapat diartikan sebagai hubungan antara manusia serta lingkungan di kehidupan nyata.

3. M. Numan Somantri (2001)

Numan Somantri menyatakan bahwa IPS adalah perpaduan antara cabang ilmu sosial serta humaniora. Cabang ilmu ini menyangkut filsafat, pendidikan dan agama. Selain itu, terdapat aspek yang berkaitan dengan teknologi serta ilmu kealaman.

4. UU No. 20 Tahun 2003

Undang-undang tersebut menjelaskan Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa IPS menjadi bahan kajian yang harus dimuat pada kurikulum di sekolah dasar dan menengah. IPS meliputi Geografi, Ekonomi, Kesehatan, Sejarah dan lain sebagainya untuk mengembangkan pemahaman serta analisis terhadap kondisi sosial masyarakat.

Ruang Lingkup Pembelajaran IPS

Konsep dasar IPS ini berkaitan dengan kehidupan manusia yang melibatkan tingkah laku serta cara dalam memenuhi kebutuhan, baik budaya, sumber daya, pemerintahan, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari IPS, seseorang diharapkan bisa memahami, menelaah serta mengkaji sistem kehidupan manusia lewat konteks sosial sebagai masyarakat.

Hal inilah yang membuat IPS dipertimbangkan untuk dipelajari di tiap jenjang pendidikan, dari dasar hingga menengah. Di tingkat pendidikan dasar, pengajaran umumnya dibatasi pada masalah dan gejala sosial yang diimbangi dengan sejarah maupun geografi. Sedangkan, kajiannya akan diperluas dengan berbagai pendekatan pada tingkatan yang lebih tinggi.

Terdapat ruang lingkup pembelajaran IPS yang berupa substansi mengenai materi dari ilmu sosial yang berkaitan erat di masyarakat. Selain itu, membahas tentang masalah, gejala serta peristiwa sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Tujuan diajarkannya agar peserta didik dapat memenuhi kebutuhan diri serta tuntutan masyarakat.

Kedua lingkup tersebut dapat diterapkan untuk memberikan materi yang dapat membuat seseorang mudah mengingatnya. Selain itu, pengajarannya harus memiliki kaitan erat dengan kehidupan sosial yang terjadi secara nyata di masyarakat. Pengajaran yang tidak berkaitan dengan aspek tersebut pada dasarnya dianggap tidak mencapai tujuan.

Itulah pembahasan mengenai apa itu ilmu pengetahuan sosial ? dan informasi penting lainnya. Bidang keilmuan ini berkaitan dengan kehidupan sosial yang terjadi masyarakat. Pembelajaran ini dibahas di sekolah melalui beberapa mata pelajaran seperti Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan lain sebagainya Selain itu, setiap jenjang pendidikan tentunya memiliki kajian yang disesuaikan.