Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama Serta Penyebabnya!

Permasalahan mengenai pengecasan HP yang lama sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Apabila hal ini terjadi, maka pemilik akan mencari bagaimana cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama. Terdapat berbagai cara yang bisa dicoba dan dilakukan oleh pemilik HP agar pengisian baterai dapat dilakukan secara normal kembali.

Penyebab pengisian baterai HP yang lama tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Namun terdapat hingga 5 penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Kerusakan ini bisa berasal dari internal HP itu sendiri maupun eksternal. Untuk itu, pemilik HP harus benar-benar peka dan memahami penyebab utamanya. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya:

Ketahui Dahulu Penyebab Utamanya!

Seperti yang telah dijelaskan pada kalimat pembuka, terdapat hingga 5 penyebab pengisian baterai HP lama. Penyebab tersebut tentu harus diketahui oleh pemilik HP sebelum mengambil tindakan lebih jauh. Adapun beberapa penyebabnya yaitu:
  • Buruknya kabel USB yang digunakan. Kabel USB yang tidak sesuai dengan tipe HP akan memperburuk pengisian baterai. Selain itu, kabel yang disimpan dalam keadaan tidak sesuai juga menjadi salah satu penyebabnya.
  • Terdapat masalah pada port USB.
  • Daya listrik yang buruk.
  • Usia baterai yang sudah cukup lama.
  • Penggunaan HP yang berlebihan.

Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama

Setelah mengetahui berbagai penyebab mengapa pengisian baterai pada ponsel sangat lama, selanjutnya ketahui cara mengatasinya. Terdapat 6 cara yang bisa diterapkan oleh pemilik HP untuk mengatasi hal tersebut. Diantaranya yaitu:

1. Ganti Kabel USB

Cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama yaitu dengan mengganti kabel. Gantilah kabel sesuai dengan tipe dan merek HP yang digunakan. Tujuannya agar pengisian baterai dapat dilakukan dengan normal. Penggantian kabel USB ini harus dilakukan karena tipe dan merek HP yang berbeda memiliki kapasitas yang berbeda pula.

2. Servis HP

Apabila port USB terlihat kendur, pemilik HP tentu perlu melakukan servis pada bagian port USB. Untuk melakukan penggantian ini, pemilik bisa melakukan secara mandiri maupun meminta bantuan pada tukang servis HP.  

Adapun biaya yang diperlukan untuk melakukan penggantian pada port USB ini tidaklah mahal. Namun pemilik juga bisa dengan mudah mencari port USB pada toko aksesoris HP.

3. Ganti Lokasi Pengisian Baterai

Melakukan pengisian baterai melalui bantuan laptop, PC maupun power bank akan membuat baterai semakin lama terisi. Alasannya karena daya listrik yang dihasilkan sangatlah kecil karena terbagi dengan daya baterai perangkat lain. Untuk mengatasi pengisian baterai yang lama, gantilah lokasi pengisian baterai melalui stop kontak.

4. Ganti Baterai

Performa baterai akan semakin menurun seiring bertambahnya waktu penggunaan HP. Agar pengecasan baterai dapat normal seperti sebelumnya, maka pemilik perlu mengganti baterai tersebut dengan baterai baru. Usahakan untuk memilih baterai dengan merek asli supaya tidak terjadi masalah serupa. Hindari juga untuk membeli baterai dalam kondisi bekas.

5. Hindari Menggunakan HP Saat Melakukan Pengisian

Menggunakan HP ketika proses pengisian baterai dilakukan hanya akan memperburuk daya listrik yang masuk. Hal ini dikarenakan daya baterai yang masuk langsung diserap oleh penggunaan HP. Maka dari itu, usahakan untuk tidak menggunakan HP ketika proses pengisian baterai sedang berlangsung.

Cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama cukup mudah untuk dilakukan, asalkan pemilik mengetahui penyebab utamanya. Untuk menghindari kerusakan berulang, hindari penyebab terjadinya proses pengisian baterai HP yang lama. Menghindari kelima pantangan tersebut lebih baik dibanding mengeluarkan uang demi membeli HP baru.