Table of Content

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word

Tanda tangan adalah sebuah tulisan berbentuk goresan khusus dengan model tertentu, yang berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang melakukan persetujuan dan juga kesepakatan mengenai suatu hal. Simbol atau bentuk yang dicoretkan merupakan tanda bukti unik, yang juga sering kali diketahui dan dilakukan oleh orang yang bersangkutan.  Itulah sebabnya mengapa sebuah tanda tangan juga seringkali dianggap sebagai bentuk perwakilan dari diri seseorang.

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word

Fungsi tanda tangan

Tanda tangan umumnya berfungsi dan sangat diperlukan dalam pembuatan surat atau dokumen penting tertentu. fungsi tanda tangan dalam hal ini adalah sebagai bukti yang menunjukkan tentang keaslian sebuah surat/dokumen, dan juga keaslian identitas penulis sebuah surat ataupun orang yang berkaitan erat dengan isi surat/dokumen tersebut.

Tanda tangan elektronik

Tanda tangan elektronik adalah sebuah tanda tangan yang digunaka untuk alat verifikasi dan juga autentikasi secara digital sebuah dokumen, dengan menggunakan terknologi Sertifikat Elektronik yang sudah diterbitkan oleh badan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Indonesia, yang juga sudah diakui oleh pihak Kementerian Komunikasi Informatika.

Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital atau disebut juga tanda tangan elektronik adalah sebuah tanda tangan berbentuk goresan tangan atau juga coretan simbol tertentu yang dibuat dalam format digital.

Pembuatan tanda tangan di word

Microsoft Word atau yang biasanya kerap disebut juga Word saja, merupakan sebuah aplikasi untuk pembuat dokumen dan pengolah kata yang sangat populer dan banyak dipakai saat ini. Word sendiri memiliki sangat banyak fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk menyusun dan membuat sebuah dokumen tertulis, misalnya surat atau juga tulisan ilmiah.

Bahkan, Hampir semua hal yang terkait dengan kebutuhan penulisan dalam membuat berbagai dokumen berupa surat atau juga tulisan umum, semuanya selalu dilakukan lewat aplikasi Microsoft Word, termasuk juga diantaranya untuk membuat sebuah kolom tanda tangan.

Pada sebuah dokumen resmi yang sangat membutuhkan legalitas dari pihak tertentu, biasanya selalu terdapat sebuah kolom khusus untuk tempat membubuhkan sebuah tanda tangan dari pihak terkait.

Dalam sebuah kolom tanda tangan, pada umumnya berisi nama lengkap dan juga jabatan pihak tertentu. Bahkan, Beberapa lembaga terkadang memiliki sebuah format khusus dalam peletakkan kolom untuk tanda tangan, khususnya pada sebuah dokumen penting.

Salah satu bentuk format yang sangat umum dijumpai yaitu kolom tanda tangan yang sejajar antara nama lengkap pihak yang satu dengan pihak lainnya. Untuk bisa Membuat kolom tanda tangan pada Word, khususnya yangsesuai dengan format tersebut terkadang bukanlah sebuah pekerjaan mudah.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word, untuk memenuhi kebutuhan dokumen anda, yaitu dengan cara:

1. Membuat kolom tanda tangan pada Microsoft Word dengan Menggunakan tabel

Anda bisa melakukannya dengan cara mengArahkan kursor ke lembar halaman Microsoft Word, yaitu pada bagian yang akan anda isi dengan sebuah kolom tanda tangan, lalu Klik tab menu Insert, kemudian klik sub menu “Tabel” dan buatlah sebuah tabel.

Aturlah jumlah kolom table sesuai jumlah nama penanda tangan, lalu Atur juga kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan. Anda perlu juga memastikan bahwa ada spasi jarak antara jabatan, kolom untuk coretan tanda tangan, dan juga baris untuk nama lengkap beserta nomor induk pegawainya.

Setelah selesai, arahkan kursor ke table, lalu klik pada tab “Home” dan klik pada submenu “Border”. Kemudan pilihlah opsi “No Border”. Dengan anda memilih opsi ini, maka garis pembentuk tabel akan tersembunyikan, sehingga yang tampak hanyalah kolom tanda tangan, yang sudah berisi jabatan dan nama lengkap penanda tangan.

Jika anda menggunakan cara di atas untuk membuat kolom tanda tangan pada Ms.word, maka bisa dipastikan bahwa kolom tanda tangan hasil buatan anda selalu simetris dan sejajar masing-masing sisinya, sehingga akan terlihat sangat rapih.

Namun demikian, perlu anda ingat bahwa cara ini hanya cocok untuk pembuatan dua kolom tanda atau kelipatannya. Cara ini sangat tidak cocok anda gunakan untuk membuat kolom tanda tangan dalam jumlah ganjil, misalnya tiga kolom tanda tangan. Dalam masalah ini, anda akan membutuhkan cara yang kedua, yaitu membuat kolom tanda tangan dengan text box.

2. Pembuatan kolom tanda tangan di halaman Microsoft Word dengan Fitur Text Box

Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

1) Arahkanlah kursor anda pada bagian lembar Microsoft Word yang akan anda isi dengan beberapa buah kolom tanda tangan.

2) Klik menu Insert, lalu pilihlah submenu “Shapes”, selanjutnya klik ikon gambar fitur Text Box (pada umumnya berbentuk sebuah persegi bertuliskan huruf “A”).

3) Jika telah muncul sebuah iko berbentuk tanda plus atau tambah, maka silahkan gambar beberapa buah kotak sebagai tempat untuk pembuatan kolom tanda tangan.

4) Jika gambar satu kotak sudah selesai, maka buatlah salinannya dengan tombol “Ctrl+C” pada gambar kotak tersebut. Lalu pastekan salinan tersebut dengan menggunakan tombol “Ctrl+V”.

Tujuan dari proses copy+paste kotak ini adalah agar ukuran pada tiap kotak yang menjadi kolom tanda tangan sama. Anda perlu melakukan hal ini sesuai dengan jumlah penandatangan yang anda butuhkan.

5) Setelah semua kotanya selesai terisi nama lengkap dan lain-lain, klik pada tab “Shape Format”, lalu pilih submenu “Shape Outline”, dan pilih “No Outline”.

Hasil akhirnya, semua garis pada kotak  Text Box bakalan tersembunyikan, sehingga yang tampak hanya kolom untuk tanda tangan, yang di dalamnya berisi jabatan serta nama lengkap penandatangan.

 

 

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar