Table of Content

Cara Mengaktifkan Aplikasi google play store

Cara mengaktifkan aplikasi google play store |Google play store merupakan salah satu aplikasi bawaan android yang menjadi gudang aplikasi utama pada s

Cara mengaktifkan aplikasi google play store |Google play store merupakan salah satu aplikasi bawaan android yang menjadi gudang aplikasi utama pada smartphone android berbagai merk. Dalam aplikasi ini anda akan menemukan berbagai aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan anda pada smartphone anda. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa anda temukan pada google play store, bisanya yaitu berbagai media sosial, antivirus, game, putar musik, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, google playstore adalah sebuah perpustakaan aplikasi gratis dan juga berbayar yang ada pada setiap hp android. Namun, terkadang aplikasi yang satu ini terhapus secara tidak sengaja atau tidak muncul di layar smartphone anda karena dalam keadaan tidak active. 

Cara Mengaktifkan Aplikasi google play store


Pada artikel ini, akan dibahas mengenai cara mengaktifkan aplikasi google play store yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan kembali aplikasi google play store di smartphone anda. Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Memastikan bahwa aplikasi google play store terinstall dalam smartphone

Jika smartphone yang anda miliki adalah smartphone dengan mesin dan memori bawaan dari berbagai merk smartphone android, maka biasanya google play store sudah terinstall secara otomatis.

Lain halnya dengan hp yang anda dapatkan dengan cara membeli smartphone android custom rom, jenis hp yang satu ini mengharuskan anda untuk mencari aplikasi google play store secara manual dari situs-situs terpercaya, seperti openGAPPs dan juga BankGAPPs.

2. Membuat akun gmail

Akun gmail ini akan anda butuhkan saat anda akan masuk ke google play store. Meskipun demikian anda juga bisa menggunakan email yang berasal dari platform selain gmail, misalnya yahoo dan lain-lain.

3. Mengaktifkan aplikasi google play store

Untuk bisa membuka dan mengaktifkan aplikasi google play store anda hanya perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut sebelumnya telah terinstal. Selanjutnya, bukalah aplikasi google play store maka anda akan melihat permintaan email sebelum anda masuk kedalam aplikasinya. Gunakanlah email yang sudah anda buat sebelumnya masukkan sandi atau passwordnya dengan benar, kemudian pilih login. Anda akan secara otomatis masuk ke dalam google play store.

Jika proses ini anda bisa lakukan dengan benar, yang ditandai dengan berhasil masuknya anda di dalam aplikasi google play store, maka pada tahapan ini aplikasi google play store anda sudah aktif.

Cara install google play store

Dengan menggunakan smartphone android anda, anda bisa juga menginstal google play store secara langsung tanpa mengunduh nya kembali dari situs yang lain, caranya yaitu sebagai berikut:

  • 1) bukalah pengaturan atau setting smartphone android anda.
  • 2) pada tulisan "unknown source" aktifkan.
  • 3) selanjutnya, carilah aplikasi google play store dari berbagai situs aplikasi yang ada di internet dengan menggunakan browser anda. Misalnya melalui situs apk mirror.
  • 4) jika proses pengunduhan telah anda lakukan, maka silahkan anda install aplikasi google play store tersebut.
  • 5) jika terdapat peringatan yang muncul secara otomatis dari smartphone android anda, maka pilih abaikan saja.
  • 6) selanjutnya tekan install.
  • 7) tunggulah hingga proses penginstalan aplikasi google play store anda selesai dengan baik.

Playstore Indonesia

Playstore indonesia adalah play store yang paling banyak digunakan di indonesia sesuai dengan jenis sistem operasi smartphone yang beredar di pasaran indonesia. Playstore indonesia dikuasai oleh dua jenis perusahaan smartphone, yaitu google play store milik google dan juga app store milik perusahaan Apple.

Google play store merupakan aplikasi bawaan yang akan anda temukan di seluruh merk smartphone android yang beredar di pasaran indonesia dan bahkan seluruh dunia. Demikian juga dengan app store, anda akan menemukannya dalam berbagai merk smartphone keluaran perusahaan Apple, khususnya iphone berbagai type.

Hingga saat ini, kedua play store inilah yang paling banyak dikenal dan digunakan di indonesia. Hal ini karena, smartphone yang ada di indonesia sebagian besarnya berasal dari kedua perusahaan besar ini, yaitu android milik google dan juga iphone milik perusahaan Apple.

Google play Huawei

Google play huawei menjadi salah satu fakta mengejutkan yang disorot oleh berbagai media di dunia. Hal ini Karena pada saat perusahaan huawei merilis produk smartphone nya huawei mate versi 30 series tahun 2020 silam, terusan huawei dengan resmi tidak lagi menggunakan google play store pada seluruh smartphone yang mereka buat. Peran google play store mereka gantikan dengan aplikasi khusus play store huawei yang bernama huawei mobile service atau yang disingkat dengan HMS.

Hal unik ini kemudian juga memunculkan banyak pertanyaan dari para pengguna smartphone huawei, apakah smartphone huawei masih bisa menginstal aplikasi dari google play store. Jawaban dari pertanyaan ini adalah smartphone huawei tetap bisa menggunakan atau dipasangi dengan semua aplikasi yang berasal dari google play store. Hanya saja, anda tidak akan lagi menemukan keberadaan aplikasi play store bawaan pada smartphone huawei anda. Atau dengan kata lain anda perlu menginstal nya secara manual.

Cara install playstore di huawei matepad

  • 1) bukalah menu pada aplikasi huawei matepad.
  • 2) bukalah menu pengaturan.
  • 3) pilihlah sub menu pengaturan lanjutan.
  • 4) pilih sub menu "keamanan", lalu pilih " izinkan install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal".
  • 5) akan anda lihat pemberitahuan bahwa jenis file tersebut bahaya bagi perangkat smartphone anda. Pilihlah ok sebagai konfirmasi pada pilihan ini.
  • 6) unduhlah tiga unsur pembentuk aplikasi google play store berikut ini:
  •  https://www.mediafire.com/file/3kcjy7cr9yzvrym/Google_Play_Store_com.android.vending.apk/file.
  •  https://www.mediafire.com/file/lkfyrfa84ir3wmr/Google_Play_services_com.google.android.gms.apk/file
  •  https://www.mediafire.com/file/3mp009zfr6ynpx1/Google_Services_Framework_com.google.android.gsf.apk/file


7) jika ketiganya sudah terinstall dengan baik, bukalah menu aplikasi anda lalu luncurkan google play store.
8) setelah google play store berhasil anda luncurkan di huawei matepad anda, silahkan masuk menggunakan salah satu email yang anda miliki.


Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar