Table of Content

Cek Turnitin Di (UII) Universitas Islam Indonesia

Pihak Direktorat Perpustakaan UII membuka pelayanan Cek Plagiasi atau Cek Turnitin hingga menyatakan Bebas Pustaka melalui e-mail khusus.

cek-turnitin-Universitas-Islam-Indonesia

Ketika Anda bergabung sebagai mahasiwa di Universitas Islam Indonesia (UII), maka Anda akan menemukan berbagai pengalaman belajar yang khas pada UII, yaitu pembelajaran yang menggabungkan ilmu pengetahuan dari berbagai pilihan program studi pendidikan, yang dipadukan dengan pelaksanaan norma dan nilai-nilai keislaman, pengembangkan akhlak yang baik, penanaman karakter yang berintegritas, serta dukungan beragam kegiatan pengembangan bakat-minat mahasiwa agar semua potensi yang mereka miliki dikembangkan secara maksimal.


Sebagai salah satu kampus pionir di dunia pendidikan tinggi Islam Indonesia, UII memiliki akar pondasi yang kuat dalam hal tradisi kebebasan akademik, di mana semua keberagaman pemikiran mendapat ruang apresiasi yang sangat tinggi. Dengan lingkungan dan suasana pembelajaran yang penuh antusias dan semangat, serta penuh dengan pengembangan potensi yang juga didukung dengan beragam inovasi.

Hal ini merupakan wujud nyata komitmen UII dalam mendidik para mahasiswa agar kelak menjadi seorang pemimpin global yang inovatif.


Visi Universitas Islam Indonesia (UII)

Visi UII adalah untuk Menjadikan Universitas Islam Indonesia sebagai universitas dengan prinsip rahmatan lil ‘alamin, yang memiliki komitmen pada kesempurnaan dan keunggulan, perhatian terhadap risalah islamiah di bidang pendidikan, bidang penelitian, dan juga pengabdian masyarakat serta dakwah islam, dengan kualitas yang setingkat dengan universitas di berbagai negara maju.


Misi Universitas Islam Indonesia (UII)

Misi UII yaitu untuk Menegakkan wahyu Ilahi serta sunah Nabi SAW., yang merupakan sumber kebenaran mutlak dan juga rahmat bagi semesta alam, mendukung cita-cita luhur yang juga suci bangsa Indonesia, khususnya  dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui upaya pembentukan tenaga ahli dan juga karakter sarjana muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, berketerampilan, berilmu amaliah, beramal ilmiah, mengembangkan dan juga menyebarluaskan berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi, menjaga seni yang berjiwa Islami, membangun komunitas masyarakat dan juga negara Republik Indonesia agar adil dan makmur, dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, agar mencapai rida oleh Allah Swt.

 

 

Cek Turnitin Di (UII) Universitas Islam Indonesia

Dalam rangka untuk mencegah dan mengurangi tingkat plagiarism pada semua hasil karya tulis ilmiah mahasiswa dan juga dosen, serta untuk meningkatkan kualitas semua karya ilmiah akhir para mahasiwa yang juga merupakan syarat wajib kelulusan, maka sebelum mendaftar untuk pelaksanaan ujian pendadaran, para mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pengecekan draft karya tugas akhirnya melalui masing-masing staf prodi masing-masing dengan aplikasi Turnitin yang berlokasi di Ruang e-Library, yaitu di Lantai LG Direktorat-Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII), pada hari dan jam kerja, yaitu  Senin hingga Jum’at Pkl.08.30 sampai 15.00 Wib


Bagi para mahasiswa yang ingin melakukan cek plagiasi, maka perlu menghubungi nomor whatsapp jurusan masing-masing Dengan ketentuan:

  • 1) Dilakukan Pada jam kerja, yaitu hari senin s/d jumat, pukul 08.00-16-00 WIB;
  • 2) Menyebutkan data identitas diri dan keperluan;
  • 3) Mengirimkan dokumen sesuai ketentuan pelaksana cek plagiasi;
  • 4) Khusus mahasiswa UII pada Program Studi masing-masing;

Adapun syarat dan Ketentuan-Ketentuan untuk bisa melakukan Cek Plagiasi adalah:

  • 1) Mengirimkan dokumen karya tulis ilmiah berupa (pdf, docx, doc).
  • 2) Substansi atau bagian tulisan yang akan di cek plagiasinya hanyalah Cover  dan juga BAB 1 s/d selesai;
  • 3) Melampirkan surat bukti diterima siding (ACC MUNAQOSAH) dan juga cover skripsi;
  • 4) Jumlah persentase maksimal hasil cek plagiasi yang lolos adalah 20%;
  • 5) Apabila angka persentase hasil plagiasi sudah < 20%, maka para mahasiswa dipersilahkan menghubungi Staff pada Prodi masing-masing untuk mengajukan pembuatan Surat Keterangan hasil Cek Plagiasi Karya tulis Ilmiah.
  • 6) Namun, Apabila hasil cek plagiasi masih berada > 20%, maka para mahasiwa dinyatakan tidak lolos cek plagiat, dan dipersilahkan untuk memperbaiki kembali karya tulis ilmiahnya;
  • 7) Apabila ditemukan kecurangan dalam proses uji dan cek plagiasi, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan Sanksi;
  • 8) Seluruh mahasiswa dapat berkonsultasi dengan pihak operator cek plagiasi, khususnya mengenai tips dan trik agar lulus cek plagiasi, melalui nomor whatsapp staf prodi masing-masing (hanya dilayani pada jam kerja).

Berdasarkan Surat Edaran Rektor UII (No. 1080/Rek/10/SP/III/20200 tentang kebijakan Perpanjangan waktu Pembelajaran daring serta Peniadaan Layanan administrasi Tatap Muka, maka pihak Direktorat Perpustakaan UII membuat kebijakan dan langkah:

  • 1) Pihak Direktorat Perpustakaan UII akan membuka pelayanan Cek Plagiasi serta Bebas Pustaka melalui e-mail khusus.
  • 2) Untuk pelayanan Cek Plagiasi, mahasiswa wajib mengirim file Tugas Akhirnya dengan lengkap (Cover-lampiran), dalam bentuk file ms.word dengan subjek email Permohonan Cek Plagiasi. Email diKirim ke email perpustakaan@uii.ac.id.

Demikianlah pembahasan mengenai cek turnitin di Universitas Islam Indonesia, yang sudah menjadi syarat mutlak untuk bisa melakukan sidang munaqasah skripsi para mahasiswa di semua jurusan dan fakultas.

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar